Jenis Makanan untuk Mengatasi Stres secara Efektif, Pisang hingga Yoghurt

Kamis, 25 November 2021 13:05 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Jenis Makanan untuk Mengatasi Stres secara Efektif, Pisang hingga Yoghurt Ilustrasi yogurt. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Kondisi stres memang menjadi ancaman tersendiri bagi setiap orang. Dalam hal ini, kondisi stres dapat dipicu oleh berbagai macam faktor. Mulai dari banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, rutinitas harian yang monoton, kondisi hubungan dengan anggota keluarga, teman, maupun pasangan, maupun berbagai hal lainnya.

Meskipun sangat umum terjadi, namun kondisi stres tidak boleh disepelekan begitu saja. Stres yang tidak dapat diatasi dengan baik dan dibiarkan terlalu lama, akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan fisik dan kesehatan secara keseluruhan. Tidak heran, jika orang yang sedang mengalami kondisi ini menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit.

Dengan begitu, penting bagi setiap orang untuk mengelola stres dengan baik. Mulai dari melakukan latihan napas, meditasi, rutin berolahraga, hingga melakukan berbagai kegiatan positif yang membantu tubuh dan pikiran rileks. Selain itu, Anda juga mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membantu tubuh merasa rileks dan tenang.

Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis makanan untuk mengatasi stres secara efektif yang sangat direkomendasikan. Mulai dari cokelat hitam, pisang, bawang putih, brokoli, hingga yoghurt. Beberapa jenis makanan ini mempunyai kandungan tertentu yang bekerja meringankan gejala stres.

Melansir dari PsychCentral, berikut kami rangkum beberapa jenis makanan untuk mengatasi stres secara efektif, yang perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengurangi Kortisol

ilustrasi pisang
©Healthline

Jenis makanan untuk mengatasi stres yang pertama adalah makanan yang bekerja mengurangi kortisol dalam tubuh. Perlu diketahui, kortisol adalah jenis hormon yang terjadi saat mengalami kondisi stres.

Hormon ini bekerja membantu tubuh memediasi respon melawan atau lari dari kondisi stres. Kortisol juga diketahui dapat mengatur metabolisme, peradangan, dan fungsi kekebalan tubuh.

Berikut beberapa jenis makanan untuk mengatasi stres yang dapat membantu mengurangi kadar kortisol:

  • Coklat hitam. Baik dalam permen atau cangkir cokelat hangat, diketahui dapat menurunkan kadar kortisol dalam kondisi stres secara efektif.
  • Pisang. Pisang tidak hanya dapat memberikan sumber energi, tetapi penelitian menunjukkan pisang juga dapat mengurangi peradangan dan tingkat stres oksidatif yang berhubungan dengan peningkatan kortisol.
  • Bawang putih. Selain sering digunakan sebagai bumbu, sebuah pada hewan tikus menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar beberapa hormon yang berhubungan dengan stres, termasuk kortisol.
3 dari 4 halaman

Makanan Fermentasi

ilustrasi kimchi
©Pixabay/2yem

Jenis makanan untuk mengatasi stres selanjutnya adalah makanan fermentasi. Makanan fermentasi diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan kadar stres dalam tubuh. Kandungan ini juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan dan berperan dalam menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan umur panjang.

Berikut beberapa makanan fermentasi yang direkomendasikan untuk mengatasi gangguan stres:

  • Pepaya. Pepaya yang diolah menjadi makanan fermentasi, seperti jus atau smoothies dapat membantu mengurangi peradangan dan bahkan mengurangi kerusakan sel akibat stres oksidatif.
  • Kimchi. Kimchi, atau sayuran fermentasi khas Korea mengandung banyak antioksidan. Berdasarkan hasil penelitian pada tikus menemukan bahwa kimchi dapat meningkatkan daya ingat dan membantu menurunkan kondisi stres.
  • Yoghurt. Yoghurt memiliki probiotik dan bakteri baik yang meningkatkan kesehatan usus serta menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Selain itu, konsumsi yoghurt yang kaya probiotik juga dapat meningkatkan asupan antioksidan pada penderita diabetes tipe 2 untuk mengurangi gejala.
4 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Minuman Theanine

ilustrasi jeruk bali
Shutterstock/Valentyn Volkov

Jenis makanan untuk mengatasi stres berikutnya adalah makanan yang mengandung vitamin C. Penelitian menunjukkan, bahwa vitamin C mengandung antioksidan tinggi yang bekerja secara efektif melawan efek stres oksidatif. Selain mengurangi tingkat kecemasan, vitamin C juga telah terbukti membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah.

Berikut beberapa jenis makanan dengan kandungan vitamin C yang dapat menurunkan kadar stres:

  • Jeruk. Berdasarkan penelitian, buah jeruk tidak hanya kaya akan vitamin C membantu mengurangi gejala stres, tetapi juga mengandung potasium, folat, dan kalsium. Selain itu, jeruk memiliki sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.
  • Jeruk bali. Jeruk bali juga mengandung antioksidan tinggi dari kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Kandungan ini dapat membantu menurunkan gejala stres secara efektif. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan metabolit sekunder, yang berguna dalam penurunan risiko kanker dan keganasan.
  • Brokoli. Mengunyah sayuran brokoli diketahui dapat membantu menurunkan stres oksidatif dalam tubuh. Selain vitamin C, brokoli juga mengandung folat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Minuman Kaya Theanine

Selain beberapa jenis makanan untuk mengatasi stres, terdapat rekomendasi minuman yang bisa dikonsumsi untuk membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Dalam hal ini, minuman yang kaya kandungan theanine dinilai dapat membantu mengurangi stres secara efektif. Kandungan ini bisa didapatkan dari konsumsi teh hijau bubuk, teh hijau biasa, dan teh hitam.

Dari beberapa jenis teh lainnya, teh hitam mempunyai kandungan kafein lebih tinggi dan theanine yang lebih rendah. Sehingga konsumsi teh hijau dinilai lebih efektif dalam mengurangi gangguan stres dibandingkan teh hitam.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini