7 Cara Biar Cepat Hamil Secara Alami, Mudah Dilakukan

Selasa, 6 Desember 2022 08:19 Reporter : Jevi Nugraha
7 Cara Biar Cepat Hamil Secara Alami, Mudah Dilakukan Ilustrasi hamil. ©shutterstock.com/elesuc

Merdeka.com - Cara biar cepat hamil penting diketahui setiap pasangan yang ingin segara memiliki buah hati. Kehamilan merupakan salah satu momen paling membahagiakan yang dirasakan pasangan suami istri. Agar cepat hamil, ada sejumlah cara alami yang bisa dilakukan setiap pasangan.

Beberapa wanita bisa mendapatkan kehamilan dengan mudah, tetapi ada juga yang harus berusaha lebih keras. Hal yang perlu dipahami bahwa peran suami juga sangat menentukan kesuksesan program hamil. Maka dari itu, sebaiknya kedua belah pihak menerapkan pola hidup sehat.

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memengaruhi program kehamilan. Dengan menerapkan pola hidup sehat, dapat meningkatkan peluang hamil. Sebaliknya, kebiasaan kurang sehat baik istri maupun suami bisa membuat wanita kesulitan hamil.

Berikut sejumlah cara biar cepat hamil yang merdeka.com lansir dari Healthline dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Rutin Pemeriksaan Kesehatan

ilustrasi hamil
©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

Salah satu cara biar cepat hamil yang pertama adalah rutin pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mencari tahu riwayat kesehatan keluarga Anda dan pasangan. Jalani pemeriksaan kesuburan untuk suami dan istri, serta cek kadar tiroid.

Pemeriksaan ini tidak hanya penting untuk meningkatkan peluang hamil, tetapi juga memastikan bahwa tidak ada penyakit yang bisa diturunkan ke calon bali. Maka dari itu, sebelum melakukan program kehamilan, pastikan periksa ke dokter terlebih dahulu.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara biar cepat hamil yang kedua adalah mengonsumsi makanan sehat. Meski tidak ada pola makan khusus agar program hamil berhasil, tetapi sangat penting makan makanan sehat setiap hari. Penuhi asupan nutrisi penting seperti kalsium, protein, dan besi, agar bisa meningkatkan kesuburan.

Tidak hanya dinilai bisa meningkatkan peluang hamil, mengonsumsi makanan sehat juga bisa membuat bayi akan lahir normal dan sehat. Tentu saja cara ini bisa berhasil dengan mendampingi dengan olahraga secara rutin dan teratur.

Konsumsi Asam Folat

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat juga berperan penting untuk meningkatkan peluang hamil. Asam folat sendiri merupakan nutrisi yang bisa meningkatkan kesuburan serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi, yaitu biji-bijian, telur, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Setiap wanita yang sedang melakukan program kehamilan disarankan mengonsumsi 400-600 mikrogram asam folat per hari. Nutrisi ini perlu dikonsumsi setelah wanita berhasil hamil, setidaknya selama trimester pertama kehamilan.

3 dari 3 halaman

Seks di Masa Subur

seks
© huffingtonpost.com

Rutin berhubungan seks juga bisa meningkatkan peluang hamil. Dengan melakukan hubungan suami istri secara rutin, bisa membuat sel sperma bisa bersiaga untuk membuahi sel telur ketika berproduksi.

Selain itu, seks di masa subur juga bisa menjadi cara cepat hamil. Sebuah studi menyebutkan bahwa seks di masa subur dapat meningkatkan peluang kehamilan sekitar 15-20 persen. Biasanya, masa subur berlangsung sekitar 1-3 hari sebelum ovulasi.

Hindari Stres

Menghindari stres menjadi salah satu cara biar cepat hamil yang cukup efektif. Pasangan suami-istri yang ingin segera memiliki buah hati sebaiknya jangan stres dan kelelahan. Stres fisik maupun emosional bisa memengaruhi kualitas sel telur dan sperma.

Dengan mengurangi aktivitas berat juga bisa dinilai bisa meningkatkan peluang hamil. Sebab, aktivitas yang berat bisa berdampak pada ovulasi. Maka dari itu, lakukan aktivitas secukupnya saja agar tubuh tetap fit dan tidak kelelahan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Cara biar cepat hamil lainnya yaitu menjaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan secara siginifikan bisa menghambat ovulasi normal. Penurunan berat badan bisa mengubah kadar hormon yang menyebabkan infertilitas.

Sementara, obesitas atau kelebihan berat badan rentan mengalami keguguran, diabetes gestasional, preeklamsi, dan bayi terlahir besar. Dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga secara teratur, bisa menjaga berat badan tetap ideal.

Hindari Rokok dan Alkohol

Cara biar cepat hamil selanjutnya adalah hindari rokok dan alkohol. Merokok bisa menyebabkan masalah kesuburan baik pada pria maupun wanita. Saat menjalankan program kehamilan, ada baiknya Anda tidak merokok.

Selain itu, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga berpotensi mengganggu program kehamilan. Dengan menghindari rokok dan alkohol, bisa meningkatkan peluang hamil.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini