6 Manfaat Daun Kacang Panjang untuk Kesehatan, Melancarkan ASI hingga Cegah Anemia

Rabu, 1 Juli 2020 08:30 Reporter : Jevi Nugraha
6 Manfaat Daun Kacang Panjang untuk Kesehatan, Melancarkan ASI hingga Cegah Anemia Daun lembayung. ©Guruilmuan.blogspot.co.id

Merdeka.com - Daun kacang panjang merupakan jenis sayuran yang sering diolah menjadi menu makanan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya daun kacang panjang diolah menjadi sayur lodeh, pecel, lalapan, hingga aneka tumisan. Selain memiliki rasa yang segar, daun kacang panjang juga memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kacang panjang yang memiliki ukuran 30 hingga 120 cm ini, tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara. Maka tak heran apabila kacang panjang menjadi sangat terkenal di Indonesia.

Dilansir dari laman Healthbenefitstimes, daun kacang panjang memiliki kandungan vitamin hingga magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Lantas apa saja manfaat daun kacang panjang untuk kesehatan yang bisa dirasakan? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Mengatasi Radang Sendi

ilustrasi rematik

Shutterstock/Melodia plus photos

Manfaat daun kacang panjang yang pertama ialah mengatasi radang sendi. Kandungan senyawa anti inflamasi pada daun kacang panjang dipercaya dapat membatasi efek sitokin proinflamasi, sehingga hal ini berfungsi efektif meredakan radang sendi dan rematik.

Untuk mendapatkan khasiatnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi daun kacang panjang secara langsung. Selain itu, daun kacang panjang juga dapat diolah menjadi aneka masakan, seperti lalapan, pecel, dan beragam tumisan.

2 dari 6 halaman

Mencegah Rambut Rontok

Memiliki rambut hitam, panjang, dan tebal menjadi dambaan setiap orang, khususnya para wanita. Berbagai cara dilakukan banyak orang hanya untuk mendapatkan rambut indah sesuai keinginan. Apalagi rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, khususnya perempuan.

Daun kacang panjang juga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Pasalnya, daun kacang panjang mengandung zat-zat yang penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut, seperti kalsium, fosfor, vitamin A, B1, karbohidrat, lemak, serta protein. Sehingga dengan mengonsumsi daun kacang panjang secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut

3 dari 6 halaman

Melancarkan Buang Air Besar

005 tantri setyorini

©Remedies For Me

Daun kacang panjang merupakan sumber serat yang dapat membantu merangsang gerakan usus yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Manfaat daun kacang panjang satu ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi daun ini secara rutin.

Mengonsumsi daun kacang panjang secara rutin dan teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan karena gangguan pencernaan. Tak hanya itu, kandungan serat dan air juga berfungsi untuk mengatasi sembelit.

4 dari 6 halaman

Melancarkan Asi

Manfaat daun kacang panjang berikutnya ialah dapat memperlancar dan memproduksi air susu ibu (ASI). Pasalnya daun kacang panjang memiliki kandungan kimia sterol inhalasi yang mampu memberikan efek hormonal yang memicu produksi susu.

Di samping itu, daun kacang juga mengandung sejumlah asam amino, vitamin B, vitamin C, zat besi, dan fosfor yang berperan penting dalam melembutkan tekstur ASI. Sehingga daun kacang panjang sangat cocok dikonsumsi bagi wanita hamil atau menyusui.

5 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

ilustrasi mata berkerut

©thedc.ca

Manfaat daun kacang panjang lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan daun kacang panjang mengandung vitamin A yang tinggi sehingga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga Kesehatan kulit, dan mencegah penyakit mata.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan apabila secara teratur mengonsumsi daun daun kacang panjang yang sudah dimasak.

6 dari 6 halaman

Mengatasi Anemia

Anemia merupakan kondisi di mana sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Sehingga hal ini terkadang menyebabkan penderita sering merasakan pusing, sulit berkonsentrasi dan tubuh mudah lelah. Salah satu alternatif mengatasi masalah ini ialah mengonsumsi daun kacang panjang.

Dilansir dari laman Healthline, daun kacang panjang berperan penting dalam meningkatkan efisiensi absorsi saluran pencernaan, sehingga hal ini dapat menghambat penyakit kronis pembuluh darah. Sehingga mengonsumsi daun kacang panjang secara teratur dapat mengatasi masalah anemia.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan daun kacang panjang ialah sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya penggunaan daun kacang panjang tidak teratur dapat memberi efek yang tidak baik bagi tubuh. Sehingga saat mengonsumsi daun kacang panjang dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini