Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Makanan Penyebab Ambeien, Susu hingga Daging Merah

6 Makanan Penyebab Ambeien, Susu hingga Daging Merah

6 Makanan Penyebab Ambeien, Susu hingga Daging Merah

Penting untuk menghindari berbagai makanan penyebab ambeien.

Ambeien atau lebih dikenal sebagai wasir merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Penyakit ini terjadi di bagian anus, di mana penderitanya merasakan beberapa gejala yang beragam. Mulai dari gatal hingga nyeri.

Meski termasuk gangguan kesehatan umum, namun jika tidak berhati-hati, kondisi ambeien bisa semakin parah hingga membutuhkan tindakan operasi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan upaya pencegahan dengan baik.

Salah satunya dengan menghindari beberapa makanan penyebab ambeien. Beberapa makanan dinilai dapat memicu terjadinya ambeien. Selain makanan penyebab ambeien, Anda juga perlu menghindari beberapa kebiasaan pemicunya.

Berikut berbagai makanan penyebab ambeien, kebiasaan yang perlu dihindari, hingga cara mengatasinya yang bisa disimak.

Pengertian Ambeien

Pengertian Ambeien

Sebelum menyimak makanan penyebab ambeien, perlu dipahami pengertiannya.

Penyakit ambeien juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi di mana pembuluh darah di area rektum dan anus membengkak dan meradang.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya perdarahan, rasa sakit, gatal, atau terasa tidak nyaman di area tersebut.

Gejala ambeien dapat bervariasi, termasuk perdarahan saat buang air besar, gatal-gatal, rasa tidak nyaman di sekitar anus, dan benjolan di sekitar anus. Perdarahan biasanya terjadi saat pembuluh darah yang membengkak pecah saat buang air besar. Kadang-kadang, wasir juga dapat menyebabkan kram perut atau kesulitan buang air besar.

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami ambeien, antara lain usia tua, kehamilan, konstipasi kronis, gaya hidup yang tidak sehat, sering mengangkat beban berat, dan kebiasaan duduk terlalu lama.

Terdapat dua tipe ambeien yang perlu diketahui, yakni ambeien internal dan ambeien eksternal. Ambeian internal terjadi di dalam rektum dan biasanya tidak terlihat atau terasa, kecuali jika sudah parah. Ambeien eksternal terjadi di luar anus dan bisa terlihat sebagai benjolan kecil yang melonjak keluar saat buang air besar.

Makanan Penyebab Ambeien

Makanan Penyebab Ambeien

Setelah mengetahui pengertian, berikutnya akan dijelaskan makanan penyebab ambeien.

Terdapat beberapa jenis makanan yang dinilai dapat memicu terjadinya ambeien, sebagai berikut:

1. Susu dan produk olahannya: Makanan yang mengandung susu seperti keju, mentega, dan es krim dapat menyebabkan ambeien. Susu memiliki kandungan lemak yang tinggi dan dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan faktor risiko terjadinya ambeien.

2. Roti, pasta, dan kue: Makanan yang mengandung tepung terigu putih, seperti roti, pasta, dan kue sering kali rendah serat. Konsumsi makanan rendah serat ini dapat memperburuk sembelit, sehingga meningkatkan risiko ambeien.

3. Daging merah: Daging merah, seperti daging sapi dan babi, mengandung lemak jenuh dan sulit dicerna. Konsumsi daging merah yang berlebihan dapat menyebabkan sembelit dan meningkatkan risiko ambeien.

4. Frozen food dan fast food: Makanan beku dan makanan cepat saji umumnya mengandung lemak trans yang tinggi. Lemak trans dapat menyebabkan sembelit dan peradangan pada pembuluh darah, meningkatkan risiko ambeien.

5. Gorengan: Makanan yang digoreng dalam minyak panas dapat mengandung lemak jenuh dan trans yang tinggi. Konsumsi gorengan dapat menyebabkan sembelit dan peradangan pada pembuluh darah, yang dapat memicu terjadinya ambeien.

6. Makanan pedas: Makanan pedas seperti cabai dan rempah-rempah mengandung senyawa kimia yang dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. Konsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat memicu gejala ambeien.

Penting untuk memperhatikan pola makan dan mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, serta meminum banyak air untuk mencegah terjadinya ambeien. Hindari juga makanan yang dapat memperburuk gejala ambeien, seperti makanan yang dijelaskan di atas.

Kebiasaan yang Harus Dihindari

Kebiasaan yang Harus Dihindari

Selain makanan penyebab ambeien, Anda juga perlu mengetahui kebiasaan pemicunya.

Untuk mencegah ambeien, terdapat beberapa kebiasaan yang harus dihindari, yaitu sebagai berikut:

1. Kurang Olahraga: Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, yang dapat menyebabkan ambeien. Oleh karena itu, penting untuk rajin berolahraga guna menjaga kelancaran peredaran darah.

2. Kebiasaan Duduk Terlalu Lama: Duduk terlalu lama dapat menyebabkan penekanan pada pembuluh darah di area panggul dan menyebabkan pembengkakan pada bibir anus. Disarankan untuk berdiri, berjalan, atau istirahat sesekali selama aktivitas duduk yang lama.

3. Kurang Mengonsumsi Air Putih: Kurangnya asupan air dapat menyebabkan feses menjadi keras dan sulit dikeluarkan saat BAB. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan berkontribusi terhadap perkembangan ambeien. Penting untuk memperhatikan kecukupan asupan air setiap hari.

4. Menahan BAB: Menahan keinginan buang air besar dapat menyebabkan feses makin keras dan menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di area anus. Hindari menunda-nunda atau menahan BAB jika merasa ingin buang air besar.

5. Jangan Mengejan Terlalu Keras: Mengejan dengan keras saat BAB dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus. Sebaiknya menunggu feses keluar dengan sendirinya tanpa perlu melakukan tekanan yang berlebihan.

6. Kurang Mengonsumsi Serat: Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat menyebabkan sembelit dan sulit buang air besar. Lemak serat membantu menjaga kelembutan feses dan membantu mencegah ambeien. Perbanyak konsumsi sayur, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya akan serat.

Cara Mengobati Ambeien

Cara Mengobati Ambeien

Setelah mengetahui makanan penyebab ambeien, terakhir akan dijelaskan cara mengobatinya, sebagai berikut:

1. Konsumsi makanan berserat: Mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu mengurangi gejala ambeien, seperti nyeri dan perdarahan.

2. Perbanyak asupan cairan tubuh:
Minum banyak air putih setiap hari akan membantu mencegah sembelit dan mengurangi ketegangan pada saluran pencernaan. Dengan demikian, peradangan pada ambeien dapat berkurang dan pembuluh darah pada area tersebut akan lebih elastis.

3. Jaga kebersihan anus:
Menjaga kebersihan anus dengan membersihkannya setelah buang air besar dapat mencegah perkembangan bakteri dan infeksi. Gunakan air hangat untuk membersihkan area tersebut dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.

4. Jangan tunda buang air besar:
Menunda buang air besar dapat menyebabkan feses menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan, yang dapat memperburuk gejala ambeien. Jika merasakan dorongan untuk buang air besar, segeralah melakukannya untuk menghindari terjadinya tekanan berlebih pada pembuluh darah di daerah anus.

5. Mandi air hangat:
Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan nyeri dan kemerahan yang disebabkan oleh ambeien. Rendam area yang terkena selama 10-15 menit setiap hari, atau menggunakan bak mandi berisi air hangat.

6. Olahraga secara teratur:
Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko terjadinya sembelit. Pilihlah jenis olahraga yang tidak memberikan tekanan berlebih pada daerah anus, seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga.

7. Gunakan obat alami:
Beberapa obat alami seperti daun sirih, minyak zaitun, lidah buaya, atau minyak jarak dapat membantu mengurangi gejala ambeien. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat tersebut untuk memastikan keefektifannya dan dosis yang tepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi gejala ambeien secara mandiri. Namun, jika gejalanya tidak membaik atau semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5 Penyedap Masakan Berbahan Dasar Udang, Cita Rasanya Gurih dan Bikin Masakan jadi Sedap
5 Penyedap Masakan Berbahan Dasar Udang, Cita Rasanya Gurih dan Bikin Masakan jadi Sedap

Selain dinikmati segar, udang sering diolah menjadi berbagai bentuk penyedap untuk memberikan cita rasa gurih pada masakan.

Baca Selengkapnya
5 Pantangan Makanan Setelah Operasi, Makanan Pedas hingga Daging Berlemak
5 Pantangan Makanan Setelah Operasi, Makanan Pedas hingga Daging Berlemak

Beberapa makanan dinilai dapat memperburuk gejala setelah operasi.

Baca Selengkapnya
Gurihnya Menjes Goreng, Makanan Berbahan Dasar Kedelai di Jawa Timur
Gurihnya Menjes Goreng, Makanan Berbahan Dasar Kedelai di Jawa Timur

Menjes umumnya digoreng dengan tepung dan dimakan dengan cabai rawit.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Makanan yang Baik Disantap saat Perut Kembung
Makanan yang Baik Disantap saat Perut Kembung

Makanan yang baik untuk disantap ketika perut kembung

Baca Selengkapnya
Makan Buah Malam Hari, Amankah?
Makan Buah Malam Hari, Amankah?

Makan buah pada malam hari umumnya aman dan bahkan dianjurkan sebagai bagian dari pola makan sehat.

Baca Selengkapnya
Cara Masak Beras Ketan Agar Lembut dan Matang Sempurna, Tanpa Dikukus Lama
Cara Masak Beras Ketan Agar Lembut dan Matang Sempurna, Tanpa Dikukus Lama

Ternyata, untuk menciptakan beras ketan yang lembut, tidaklah perlu menghabiskan waktu berjam-jam selama proses pengukusan. Ayo lihat cara melakukannya.

Baca Selengkapnya
Cara Masak Beras Pera Jadi Lembut Pulen Hanya dengan 3 Bumbu Dapur
Cara Masak Beras Pera Jadi Lembut Pulen Hanya dengan 3 Bumbu Dapur

Ketika dimasak dengan hanya tiga bahan dapur, beras yang awalnya keras dapat bermetamorfosis menjadi lembut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Baca Selengkapnya
11 Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Maag, Pilihan yang Aman dan Berkhasiat
11 Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Maag, Pilihan yang Aman dan Berkhasiat

Meskipun obat maag dapat menjadi solusi pertama, selektivitas dalam memilih asupan harian juga memainkan peran penting dalam meredakan gejala sakit maag.

Baca Selengkapnya
Mencicipi Godok Batinta, Kudapan Legendaris Berwarna Hitam dan Manis Khas Sumatra Barat
Mencicipi Godok Batinta, Kudapan Legendaris Berwarna Hitam dan Manis Khas Sumatra Barat

Makanan atau kudapan khas Sumatra Barat ini menggunakan bahan utama pisang dan tepung beras yang dipadukan dengan gula merah.

Baca Selengkapnya