15 Tanaman Hias yang Tahan Panas Matahari, Cocok untuk Eksterior

Sabtu, 22 Februari 2020 14:14 Reporter : Ani Mardatila
15 Tanaman Hias yang Tahan Panas Matahari, Cocok untuk Eksterior Taman Rumah. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Merdeka.com - Rumah dan pekarangan akan terasa hidup apabila ditanami dengan tanaman hias. Tanaman hias akan memberikan warna yang menghibur mata dan menenangkan hati. Rumah jadi tampak indah dan juga asri.

Memiliki tanaman hias pun juga melatih anggota keluarga untuk belajar bertanggung jawab. Sebab tanaman hias berbeda dengan tanaman biasa yang mudah dirawat apabila tidak terlalu memiliki banyak waktu. Tanaman hias membutuhkan perawatan dan perhatian lebih.

Tanaman hias memiliki berbagai karakter, di daerah tropis di mana matahari bisa terik sepanjang hari membuat beberapa tanaman hias tidak bisa bertahan dengan baik. Oleh sebab itu seseorang juga harus memperhatikan jenis tanaman apa yang bisa mereka rawat sesuai kondisi lingkungan mereka. Berikut tanaman hias yang tahan panas matahari:

1 dari 15 halaman

Jengger Ayam

ilustrasi bunga jengger ayam

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Jengger ayam atau Celosia argentea var. cristata adalah bunga yang menyerupai jengger ayam dan berwarna merah keunguan. Tingginya mencapai 90 cm dengan batang tebal dan berdaun tunggal.

Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan sangat cocok ditanam di pekarangan rumah. Jengger Ayam akan membuat warna pekarangan rumah anda lebih sejuk dipandang mata.

2 dari 15 halaman

Bougenville (Bunga Kertas)

ilsutrasi bunga bougainvillea

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Apabila Anda pernah melihat film-film yang berlatar di Amerika dan Eropa, di mana di musim panas ada kawasan rumah yang dipenuhi bunga bougenville yang menempel di tembok dan menjuntai indah, maka sebenarnya Anda bisa membuat rumah Anda tampak seperti itu.

Kabar baiknya, meski bunga kertas berasal dari Amerika Selatan, namun Ia sangat cocok ditanam di iklim tropis. Bunga ini memiliki warna merah jambu, putih, oranye, hingga kuning. Tanaman ini bisa tumbuh rimbun, dan memiliki batang berduri yang keras.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga 10 meter.

3 dari 15 halaman

Bayam Merah

bayam

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Bayam merah atau yang dikenal dengan bayam cabut merupakan jenis bayam yang berwarna merah. Warna bayam tersebut akan memperindah pekarangan rumah anda. Selain indah, Anda juga bisa mengonsumsinya.

Kandungan nutrisi pada bayam merah amat banyak. Bayam merah mengandung protein, asam askorbat, dan nutrisi mineral seperti Ca, Fe, Mg, P, K, dan Na, yang dianggap sebagai nilai gizi pada sayuran.

Bayam ini bisa tumbuh di suhu yang tinggi dan memang membutuhkan penyinaran yang banyak.

4 dari 15 halaman

Kaktus

ilustrasi kaktus

Pixabay/MonikaP

Tanaman yang satu ini sangat cocok untuk seseorang yang jarang mempunyai waktu untuk menyiram sebab tanaman ini tidak membutuhkan banyak air. Kaktus banyak ditemukan di daerah gurun. Daunnya yang bisa berubah menjadi duri akan mengurangi penguapan air saat suasana amat panas.

Kaktus memiliki berbagai jenis spesies sehingga Anda bisa memilih sesuai selera yang cocok bagi rumah dan pekarangan Anda

5 dari 15 halaman

Bunga Kamboja

kamboja

Wikimedia Commons/Renesis

Kamboja, kemboja atau semboja adalah sekelompok tanaman dalam famili Plumeria. Berpohon kecil dan memiliki bunga yang berwarna putih, kekuningan hingga merah keunguan. Bunga kamboja mengeluarkan wangi yang amat khas sehingga mudah untuk diingat dan dikenali. Pada masyarakat tertentu, bunga ini dipercaya memiliki suatu aura gaib.

Bunga yang popular di Bali ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah. Bunga ini sangat tahan panas. Dan cocok untuk meneduhkan pekarangan Anda yang panas.

6 dari 15 halaman

Bunga Kamboja Jepang (Adenium)

bunga adenium

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Bunga yang memiliki batang bawah besar menyerupai umbi ini merupakan tanaman yang sangat tahan kering. Bunga ini biasa disebut dengan mawar padang pasir. Disebut pula sebagai Adenium karena berasala pula dari kota bernama Aden di Yaman.

7 dari 15 halaman

Bunga Sepatu

sepatu

nelsonplantfood.com

Kembang sepatu atau Hibiscus rosa-sinensisL. adalah bunga yang berasal dari Asia Timur. Bunga ini sangat cocok ditanam di iklim tropis. Bunga Sepatu memiliki warna merah yang enak dipandang mata dengan putik kuning di tengahnya.

Umumnya bunga ini tumbuh sekitar 2 hingga 5 meter. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga Nasional Malaysia dan disebut dengan Bunga Raya.

8 dari 15 halaman

Bunga Euphorbia

bunga euphorbia

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Bunga Euphorbia kerap menjadi pilihan tepat ketika daerah perumahan Anda mendapat panas matahari yang cukup lama. Euphorbia merupakan salah satu dari succulents yang memiliki daun asli. Batangnya memiliki duri yang tajam,dan bunganya berwarna merah, merah jambu, oranye hingga kuning.

Bunga euphorbia sangat tahan panas, sehingga bunga-bunga ini akan menghiasi taman Anda dengan warna-warnanya tanpa mudah layu. Mereka sangat cocok dengan kondisi kering.

9 dari 15 halaman

Tabebuya

kota mendoan

2018 Merdeka.com/Abdul Aziz Rasjid

Tabebuya atau terompet kuning emas merupakan tanaman yang berasal dari Brazin dan bisa menjadi pohon yang besar. Warna bunga tabebuya sendiri berwarna kuning, merah jambu, merah tua hingga ungu. Saat berbunga, bunga tabebuya ini akan sangat rimbun dan memenuhi pohon seperti bunga sakura.

Meski bisa tumbuh menjadi pohon besar namun akar bunga ini tidak merusak tembok dan cocok ditanam di pekarangan rumah anda yang luas. Tanaman hias yang satu ini memiliki ketahanan hidup yang tinggi pada cuaca kering dan panas.

10 dari 15 halaman

Pot Marigold

marigold

www.celkau.in

Pot Marigold atau Calendula officinalis adalah tanaman yang tumbuh di Mediterania. Bunga ini bisa mencapai hingga 61 cm dan tumbuh dengan baik di cuaca kering serta panas. Bunga ini memiliki warna kuning hingga oranye.

11 dari 15 halaman

Krokot

portulaca

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Bunga Krokot atau Portulaca merupakan bunga yang biasa digunakan untuk menghias tanah memiliki bunga berukuran kecil dan menyebar. Bunga ini berasal dari Brasil, Argentina dan Uruguay.

Bunga ini sangat mudah tumbuh dan cocok untuk iklim tropis. Perawatan bunga krokot atau portulaca ini cukup mudah karena anda tidak harus sering menyiramnya.

12 dari 15 halaman

Tapak Dara

tapak dara

2015 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Tapak Dara adalah tanaman yang berasal dari Madagaskar, namun telah menyebar ke daerah tropis lainnya. Bernama ilmiah Catharanthus roseus(L.) Don, bunga ini kerap ditanam di pekarangan rumah.

Tanaman ini menyukai tempat terbuka dan tingginya mencapai dari 0,2 hingga 1 meter. Bunga ini memiliki warna mahkota dari putih, biru, merah jambu atau ungu tergantung kultivarnya.

13 dari 15 halaman

Bunga Pentas

bunga pentas merah

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Bunga yang berasal dari Madagaskar ini cukup sering berbunga. Mereka memiliki bunga yang bergerombol kecil-kecil. Memiliki warna merah yang menyegarkan mata apabila ditanam di pekarangan.

14 dari 15 halaman

Lili Paris

001 indra cahya

2016 Merdeka.com

Tanaman yang memiliki perpaduan warna daun putih dan hijau ini sangat cocok ditanam di area rumah. Tanaman ini memiliki kelebihan untuk menyerap polusi udara sehingga menjaga lingkungan udara tetap sehat.

Tanaman ini jua bisa tumbuh dalam cuaca panas maupun dingin, sehingga menaruhnya di tempat yang sedikit tertutup tidak akan masalah bagi tanaman ini.

15 dari 15 halaman

Lidah Mertua

001 nfi

Istimewa

Lidah mertua atau Sansevieria adalahtanaman yang sangat popular karena dapat menyerap polusi di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki bentuk daun keras, sukulen, tegak yang menyerupai pedang yang runcing.

Tanaman ini cocok di lingkungan panas maupun basah sehingga menaruhnya di dalam atau di luar ruangan tidak akan masalah baginya.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini