10 Manfaat Kacang Hijau, Salah Satunya Melancarkan Pencernaan

Sabtu, 14 Maret 2020 12:22 Reporter : Novi Fuji Astuti
10 Manfaat Kacang Hijau, Salah Satunya Melancarkan Pencernaan Ilustrasi kacang hijau. ©Pixabay/PDPics

Merdeka.com - Kacang hijau merupakan jenis biji-bijian yang berukuran kecil dengan warna hijau yang khas. Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau, kecambah, atau selai kacang untuk teman makan roti atau untuk isian berbagai macam kue.

Meskipun berukuran kecil ternyata kacang hijau memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang hijau memiliki kandungan gizi yang lengkap seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, folat, vitamin B, vitamin A, vitamin C, magnesium, karbohidrat dan beragam nutrisi lainnya.

Dengan kandungan gizi yang lengkap maka tak heran bila banyak orang menyukai kacang hijau. Di bawah ini ada 10 manfaat kacang hijau salah satunya melancarkan pencernaan telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Sabtu, (14/3).

1 dari 10 halaman

1. Baik untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes merupakan kondisi di mana hilangnya kemampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Untuk itu penderita diabetes harus mengatur pola makan karena jika tidak kadar gula dalam tubuh akan mengalami kenaikan drastis. Kadar gula yang tidak stabil dapat membahayakan kesehatan tubuh.

10 manfaat jantung pisang untuk kesehatan bisa atasi diabetes

2020 Merdeka.com

Dalam dunia medis, terdapat beberapa jenis diabetes. Namun kasus yang paling sering terjadi di masyarakat adalah diabetes tipe 2, yang mana jenis diabetes ini sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu pola hidup yang sehat adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dan makanan sehat lainnya. Salah satu makanan sehat adalah buah kacang hijau karena memiliki kadar indeks glikemik yang rendah. Sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

2 dari 10 halaman

2. Mengontrol Berat Badan

Selain bermanfaat untuk mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes kacang hijau juga merupakan makanan yang bisa bersahabat dengan kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Mengonsumsi kacang hijau dipercaya dapat mengontrol nafsu makan, apabila nafsu makan telah terkontrol maka otomatis hal itu dapat menjaga berat badan tetap ideal. Sebab kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan serat dan protein.

3 dari 10 halaman

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan protein yang cukup tinggi dalam kacang hijau bisa dibilang merupakan salah satu alternatif bagi kamu yang tidak mengonsumsi daging. Secangkir kacang hijau diperkirakan memiliki kandungan protein sebesar 3.16 gram.

sistem kekebalan tubuh

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Selain itu, kandungan lemak dan kolesterol jahat pada kacang jauh lebih rendah ketimbang daging. Seperti yang telah umum diketahui manfaat protein sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh. kekurangan protein bahkan bisa menyebabkan kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor dan busung lapar.

4 dari 10 halaman

4. Melancarkan Pencernaan

Berbeda dari jenis kacang-kacangan yang lain, kacang hijau memiliki serat tidak larut. Banyak kacang-kacangan memiliki kedua jenis serat dan dapat membuat perut terasa kembung. Hal itu karena biasanya kacang-kacangan mengandung oligosakarida atau sejenis gula yang susah dicerna.

Namun kandungan oligosakarida dalam kacang hijau lebih sedikit jika dibandingkan jenis kacang-kacangan yang lain, sehingga pencernaan kamu cenderung lebih bisa mentolerirnya.

5 dari 10 halaman

5. Baik untuk Penderita Anemia

Anemia adalah kondisi di mana kadar haemoglobin (Hb) dalam darah di bawah normal. Tanda-tanda yang paling sering dikaitkan dengan anemia adalah pucat, sakit dada, napas pendek, cepat lelah, dan pusing.

Pengobatan anemia sendiri harus diarahkan berdasarkan penyebabnya supaya hasilnya lebih maksimal. Beberapa ditempuh melalui transfusi darah, pemberian obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh, pemberian obat dengan tujuan menambah sel darah dalam tubuh, dan mengonsumsi suplemen zat besi, vitamin B12, asam folat, vitamin serta mineral lainnya.

Seringkali kita mendengar istilah lebih baik mencegah dari pada mengobati, maka dari itu memilih asupan makanan yang baik untuk tubuh seharusnya menjadi prioritas. Salah satu makanan yang baik untuk penderita anemia adalah kacang hijau karena mengandung komponen nutrisi penting yang berperan dalam proses pembentukan sel darah merah, seperti zat besi dan vitamin B1.

6 dari 10 halaman

6. Mengatasi Keluhan PMS

Mengonsumsi kacang hijau secara rutin dipercaya cukup efektif mengurangi intensitas keluhan PMS. Hal ini tidak lain karena peran vitamin B dalam kacang hijau yang relatif tinggi. Ditambah lagi dengan peran magnesium dan komponen bioestrogen di dalamnya.

009 siti rutmawati

www.livestrong.com

Selain itu berbagai nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau juga dapat membantu perempuan terhindar dari risiko anemia. Keluhan anemia kerap dialami perempuan terutama pada saat mereka sedang haid.

7 dari 10 halaman

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E dalam kacang hijau dipercaya dapat membantu menstimulasi kesehatan kulit. Meskipun kandungan vitamin E tidak terlalu tinggi namun belakangan dipahami bahwa kacang hijau ternyata juga memiliki komponen protein yang juga menstimulasi produk hyaluronic acid dan elastine.

Ini merupakan bentuk senyawa formula kolagen yang bekerja intesif pada permukaan kulit. Senyawa ini sangat baik dalam meregenerasi kulit.

8 dari 10 halaman

8. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Manfaat kacang hijau berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Sebab kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis pasca menopause pada perempuan dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya mengandung 189 miligram magnesium. Jumlah ini bisa dibilang sudah cukup untuk mencegah tubuh kekurangan magnesium. Ketika jumlah magnesium sudah tercukupi dalam tubuh maka resiko mengalami osteoporosis akan berkurang.

9 dari 10 halaman

9. Sumber Nutrisi yang Lengkap Bagi Tubuh

Bisa dibilang kacang hijau memiliki sumber komponen yang sangat banyak mulai dari protein yang relatif lengkap, serat yang tinggi, lemak sehat , sejumlah komponen vitamin dan mineral serta fitokimia yang bermanfaat lain.

hijau

Pixabay/PDPics

Tak heran bila kemudian banyak yang memilih kacang hijau sebagai alternatif sumber nutrisi. Bahkan asupan kacang hijau sangat disarankan bagi konsumsi bayi sebagai makanan pendamping ASI, selain itu dapat pula diberikan kepada manula untuk menjaga kondisi tubuh mereka. Termasuk juga orang-orang yang masih dalam usia produktif karena dapat menjaga metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

10 dari 10 halaman

10. Menjaga Kesehatan Janin

ilustrasi hamil

2013 Merdeka.com

Kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil karena kandungan asam folat yang cukup tinggi dalam kacang hijau dapat mencegah kelahiran premature, keguguran, lahir dengan berat badan rendah hingga mencegah kerusakan pada saraf janin.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini