UNHCR Apresiasi Upaya Indonesia Tangani Pencari Suaka di Kalideres

Rabu, 17 Juli 2019 19:58 Reporter : Merdeka
UNHCR Apresiasi Upaya Indonesia Tangani Pencari Suaka di Kalideres Thomas Vargas. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Representatif United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) di Indonesia, Thomas Vargas mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia untuk membantu para pencari suaka. Menurutnya, Indonesia adalah negara yang sangat murah hati.

"Kami sangat bersyukur kepada pemerintah Indonesia yang memberi tempat yang aman untuk tinggal bagi pengungsi," katanya di Kantor UNHCR, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (17/7).

Dia menyebutkan, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri sangatlah membantu pihaknya dalam menangani para pencari suaka. Sebab, tidak semua negara memiliki aturan serupa.

Dengan adanya aturan itu, Pemerintah Daerah (Pemda) dapat membantu pengungsi di daerahnya. Pemda juga bisa berkoordinasi dengan UNHCR untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi untuk para pencari suaka.

"Kami senang, ini contoh bahwa pemerintah Indonesia menjadi contoh bagi negara lain yang tidak memiliki regulasi ini. Hukum ini sangat terlihat dalam tindakan Pemda Jakarta yang membantu pengungsi yang paling rentan," jelasnya.

Thomas menilai, Pemda juga sangat berkomitmen dalam melaksanakan peraturan tersebut. Hal ini sangat terlihat dari cara Pemda menangani pengungsi dengan sigap.

Selain itu, pihaknya juga akan terus bekerja sama dengan pihak lainnya terkait penanganan pengungsi.

"Saya rasa dengan adanya pihak-pihak lain yang terlibat, kita semua bahu-membahu membantu semampu kita untuk memenuhi kebutuhan mendesak dari para pencari suaka yang paling rentan di Indonesia," jelasnya.

Thomas menegaskan, dia juga akan terus mendorong negara lainnya untuk mengikuti langkah Indonesia dalam membantu pencari suaka. Menurutnya, negara lain juga perlu memberi kesempatan dan perlindungan bagi pencari suaka.

"Kami selalu menganjurkan negara-negara lain untuk memberi kesempatan kepada pencari suaka yang membutuhkan, terutama mereka yang memiliki masalah keselamatan," tutupnya.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini