Selama Perda belum direvisi, becak dilarang beroperasi di Jakarta

Kamis, 11 Oktober 2018 20:03 Reporter : Merdeka
Selama Perda belum direvisi, becak dilarang beroperasi di Jakarta Becak di Jakarta Utara. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Yani Wahyu mengatakan, pihaknya masih akan menindak becak yang ketahuan beroperasi di Ibu Kota. Karena Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum masih berlaku.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta berencana mengubah Perda tersebut. Alasannya karena aturan itu melarang becak beroperasi di ibu kota.

"Perdanya belum berubah, bunyinya masih begitu. Berarti iya ditindak dong, tetap kita akan pengawasan terus di lapangan," kata Yani saat dihubungi di Jakarta, Kamis (11/10).

Dia menjelaskan, meskipun melakukan penindakan, pihaknya tidak langsung menyita becak tersebut. Yani mengungkapkan, akan memberikan peringatan terlebih dahulu. Sehingga selanjutnya baru dilakukan penindakan.

"Pokoknya begini, Satpol PP masih bertindak sebagai penegak Perda, belum ada yang berubah," jelasnya.

Kendati begitu, Yani menyebut terus melakukan koordinasi dengan Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta. Apalagi, dia mengatakan, revisi Perda memang sering kali terjadi.

"Peraturan daerah itu harus ada evaluasi, apakah masih sesuai atau tidak dengan aspirasi di bawah," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan revisi tersebut masih berupa usulan. Ia meminta agar media dan masyarakat tidak berburuk sangka dengan keberadaan becak.

"Perda Becak masih dalam usulan. Belum ada pembahasan," katanya di Balai Kota Jakarta, Selasa (9/10).

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini