PSI Minta Anies Baswedan Turun Damaikan Warga Manggarai yang Kerap Tawuran

Kamis, 5 September 2019 18:50 Reporter : Hari Ariyanti
PSI Minta Anies Baswedan Turun Damaikan Warga Manggarai yang Kerap Tawuran Gubernur Anies Membuka Jakarta Art Week. ©2019 Merdeka.com/Paquta Laksmi/ magang

Merdeka.com - Tawuran kembali terjadi di Manggarai pada Rabu (4/9) sore. Akibatnya, perjalanan KRL terhambat dan terjadi penumpukan penumpang di sejumlah stasiun. Tawuran antarwarga kampung beberapa kali terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Terkait konflik berkepanjangan ini, Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun tangan mendamaikan warga yang bertikai. Demikian disampaikan Anggota Fraksi PSI, August Hamonangan, Kamis (5/9).

August menilai selama terjadi tawuran di Manggarai, Anies belum pernah terlihat turun. Dan menurutnya inilah waktunya Anies menunjukkan kepeduliannya terhadap rakyatnya.

"Harusnya sih turun. Kenapa? Karena gubernur pernah menunjukkan kepedulian pada saat ada hingar bingar di depan Bawaslu dan itu sampai-sampai dari pihak Pemda (DKI), gubernur sendiri sampai memberi perhatian pada orang-orang yang ada juga di antaranya pelaku tersebut atau warga dari luar DKI Jakarta," jelasnya dihubungi merdeka.com.

"Ini sudah jelas-jelas itu warga DKI, kesempatan bagi gubernur menaruh perhatian, menunjukkan kalau memang dia bisa menjadi panutan bagi warga khususnya Manggarai dan sekitarnya itu," lanjutnya.

August juga menyarankan Anies bertemu dengan perwakilan dua kubu yang bertikai. Kemudian diajak duduk bersama untuk mencari solusi agar tawuran tak terjadi lagi.

Selain gubernur, Dinas Sosial dan dinas terkait lainnya juga turun tangan mengatasi konflik antar kampung ini. "Dicari akar persoalannya dan tadi kalau terkait soal ekonomi, kesejahteraan, tentunya tadi yang saya tekankan gubernur turun, Dinas Sosial dan dinas-dinas terkait lainnya," ujarnya.

August mengatakan Anies adalah pemimpin yang selalu membela rakyat kecil. Inilah saatnya dia turun tangan.

"Itu juga sebenarnya untuk menunjukkan bahwa gubernur memang punya perhatian kepada rakyat kecil, punya perhatian kepada kesejahteraan warga DKI yang menengah ke bawah. Nah ini sebenarnya peluang yang baik kalau benar-benar gubernur serius dan punya keberpihakan terhadap warga DKI," jelasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini