Mendagri Sebut Anies Sudah Izin untuk Pergi ke Kolombia

Rabu, 10 Juli 2019 12:49 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Mendagri Sebut Anies Sudah Izin untuk Pergi ke Kolombia Tjahjo Kumolo di Rapat Kerja Nasional 2019. ©2019 Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tidak mempermasalahkan keberangkatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medelln Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019.

Tjahjo mengaku sudah memberikan izin Anies untuk memenuhi undangan Wali Kota Medellin, Federico Gutirrez.

"Memberikan izin pada setiap kepala daerah, Gubernur, Bupati maupun Wakil dan DPRD sepanjang izin itu dalam rangka undangan negara sahabat atau dalam rangka studi banding. Enggak ada masalah untuk saya," katanya usai menghadiri HUT Bhayangkara Ke-73 di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

Politisi PDIP ini menjelaskan, kehadiran Anies dalam kunjungan tersebut tidak akan mengganggu pemerintahan Jakarta. Sebab, dia yakin, Anies bisa menilai mana yang mengganggu dan tidak dalam kegiatannya.

"Saya kira Pak Anies lebih tahu mana yang dianggap mengganggu mana yang dianggap tidak," tutup Tjahjo.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medelln Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019. Kehadirannya memenuhi undangan Wali Kota Medellin, Federico Gutirrez.

Pada tahun ini, WCSMF mengangkat topik kepercayaan atas kota dengan tema utama 'Liveable and Sustainable Cities: Building a High Trust City' (Kota Layak Huni dan Berkelanjutan: Membangun Kota dengan Tingkat Kepercayaan Tinggi).

"Forum ini adalah forum tahunan yang akan diadakan untuk ke-10 kalinya. Saat ini, kita tinggal pada era di mana kompetisi di antara kota dan daerah tumbuh dengan pesat," kata Anies dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/7).

Masing-masing daerah berusaha menarik sumber daya manusia terbaik, mengembangkan infrastruktur yang canggih untuk menjadikan tujuan kota metropolis dunia. Jakarta hadir bukan hanya untuk menjadi contoh di tingkat nasional, namun juga rujukan global. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini