Lulung Lunggana, calon wagub DKI dari Tanah Abang

Kamis, 8 Maret 2012 19:22 Reporter : Hery H Winarno
Lulung Lunggana dan Suharso

Merdeka.com - Sejak masuk ke DPRD DKI, nama Lulung Lunggana semakin bersinar. Politisi PPP yang merintis karier dari kerasnya Tanah abang ini kini disebut-sebut akan mendampingi Alex Noerdin maju dalam Pilgub DKI Juli 2012 mendatang.

Nama Lulung Lunggana sendiri sangat terkenal di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lulung mengawalinya usahanya dimulai dari pengumpul sampah kardus bekas hingga barang bekas. 'Karier'-nya mulai menanjak ketika kemudian ia bermain dalam usaha pengamanan di Tanah Abang.

Tahun 1996, ketika Hercules berhadapan dengan Bang Ucu, Lulung dikabarkan memilih untuk bergabung dengan kelompok Hercules. Alhasil, ia dikejar-kejar teman-temannya dari Betawi. Namun kemudian, Lulung berhasil mengambil alih dominasi Ucu di Tanah Abang.

Putra Betawi kelahiran 24 Juli 1959 itu akhirnya mendirikan jalur resmi. Ia mendirikan PT Putraja Perkasa, lalu PT Tujuh Fajar Gemilang, dan PT Satu Komando Nusantara. Perusahaan ini disesuaikan dengan bidang Lulung, yaitu jasa keamanan, perparkiran, dan penagihan utang.

Setelah masuk ke Kebon Sirih, pria bernama lulung Abraham Lunggana semakin gemilang. Lunggana yang baru duduk di kursi dewan, langsung ditunjuk jadi Wakil Ketua DPRD DKI. Lulung juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Panca Marga dan Wakil Ketua DPRD DKI.

Lulung pula lah yang pertama kali meminang Alex Noerdin untuk jadi calon Gubenur DKI.

"Saya kan kader partai, kalau ditunjuk oleh partai tentu saya siap (mendampingi Alex)," ujar Lulung kepada merdeka.com, kemarin.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suryadharma Ali, membenarkan pihaknya melakukan penjajakan dengan Golkar untuk menduetkan Lulung Lunggana (Haji Lulung) dengan Alex Noerdin di Pilgub DKI. Namun, rencana itu belum final.

"Masih dalam proses," kata Suryadharma usai rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/3).

Meski belum ada keputusan berkoalisi dengan Golkar, Suryadharma mengatakan pihaknya mendukung pencalonan Alex Noerdin di Pilgub DKI Juli mendatang.

"Kita dukung Alex Noerdin," ujar menteri agama ini.

Mampukah duet Alex Noerdin-Lulung Lunggana kalahkan Fauzi Bowo [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Pilgub DKI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini