Kesepakatan Soal Wagub DKI Dinilai Solidkan Gerindra-PKS Menangkan Prabowo-Sandi

Sabtu, 23 Februari 2019 22:15 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Kesepakatan Soal Wagub DKI Dinilai Solidkan Gerindra-PKS Menangkan Prabowo-Sandi Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik di Johar Baru. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Fit and proper test PKS dan Partai Gerindra DKI sepakat mengusulkan Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu menjadi cawagub DKI sebagai pengganti Sandiaga Uno. PKS dan Gerindra sepakat menandatangani surat pengajuan cawagub dan rencananya diajukan ke Gubernur Anies Baswedan, Senin (25/2) mendatang.

Analisis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun menilai, kesepakatan antara Gerindra dan PKS tersebut menjadi momentum memperkuat soliditas dalam pemenangan Prabowo-Sandi jadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Menurut dia, kesepakatan Gerindra dan PKS dalam suasana pilpres seperti ini sekaligus membantah stigma keretakan hubungan kedua partai tersebut Jokowi-Ma'ruf.

"Kesepakatan soal wagub DKI menjadi salah satu pintu untuk memperkuat soliditas Gerindra-PKS untuk memenangkan pasangan nomor urut 02," kata Ubedilah saat dihubungi, Sabtu (23/2).

Menurut Ubedilah, langkah diambil Gerindra-PKS adalah pilihan terbaik dalam situasi poltik seperti ini. Dia melihat hal ini tidak terlepas dari peran ketua umum kedua partai yakni Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Sohibul Iman.

"Mengambil jalan untuk mengikuti sebuah komitmen adalah jalan terbaik. Seperti itulah nampaknya terlihat Prabowo dan Sohibul Iman turun tangan dalam hal ini," ujar dia.

Selain itu, dia juga melihat, Gerindra-PKS ingin menyampaikan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa mereka kompak dalam situasi dan kontestasi politik apapun, termasuk Pilpres 2019.

"Gerindra dan PKS memberi signal bahwa mereka kompak. Sebab saat ini mesmang soliditas partai pengusung menjadi sangat penting untuk mendukung secara massif upaya memenangkan pasangan 02," ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik menegaskan bahwa proses pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta oleh DPRD DKI akan berjalan lancar. Bahkan ia menjamin proses pemilihan tersebut akan selesai sebelum Pemilu 2019 berlangsung.

"DPRD nanti prosesnya cepat. Insyaallah bisa lah sebelum Pemilu," kata Taufik.

Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo mengatakan, surat pengajuan cawagub tidak hanya ditandatangani di tingkat DPD melainkan juga akan ditandatangani ketua umum serta sekjen dari Gerindra dan PKS. "Nanti ditandatangani pusat (DPP) juga," tutupnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Bursa Cawagub DKI
  2. Jakarta
  3. Gerindra
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini