Asal Usul Basuki Tjahaja Purnama Dipanggil Ahok

Selasa, 22 Januari 2019 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Asal Usul Basuki Tjahaja Purnama Dipanggil Ahok Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Basuki Tjahaja Purnama selama ini dikenal nama Ahok. Namanya semakin populer setelah memimpin DKI Jakarta.

Lalu dari mana asal usul panggilan Ahok? Ternyata panggilan khusus ini awalnya dari sang ayah. Basuki mendapat sapaan khusus yang diberikan sang ayah, mendiang Indra Tjahaja Purnama (Zhong Kim Nam). Menurut Ahok, setiap keluarga keturunan Tionghoa diberikan panggilan khusus pada anaknya.

"Setiap keluarga keturunan Tionghoa dikasih nama panggilan oleh ayahnya sebagai tanda harapan," kata Ahok kala itu.

Alasannya, ayah Ahok ingin anaknya menjadi orang yang sukses. Untuk itu, ia memberikan panggilan khusus pada Basuki, yaitu Banhok. Artinya, "Ban" itu puluhan ribu dan "Hok" itu artinya belajar. Lama-kelamaan, masyarakat malah memanggilanya bukan Banhok, namun Ahok.

Indra Tjahaja Purnama memberikan nama panggilan Banhok dengan harapan anak lelakinya bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. "Ayah berharap, aku sekolahnya puluhan ribu belajar," tambah Ahok.

Meskipun begitu, ada perbedaan arti nama yang diberikan oleh sang ayah dengan tetangganya di Belitung. Bagi para tetangganya, nama Ahok berarti 'Aku Harapan Orang Kampung'.

"Kalau orang kampung bilang, Ahok itu singkatan dari 'Aku Harapan Orang Kampung'. Jadi dipanggil lah Ahok," kata Ahok.

Nama Ahok makin populer saat dirinya memimpin ibu kota. Namun, kini nama Ahok mungkin hanya akan menjadi kenangan. Ahok sendiri tak ingin lagi dipanggil dengan nama tersebut. Setelah keluar dari penjara pada 24 Januari 2019 nanti, Ahok ingin orang memanggilnya dengan sebutan BTP. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini