Anies Sebut Fit and Proper Test Cawagub Digelar Pekan Ini

Kamis, 3 Januari 2019 18:27 Reporter : Merdeka
Anies Sebut Fit and Proper Test Cawagub Digelar Pekan Ini Anies Baswedan tinjau Gereja Katedral. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan fit and proper test calon wakil gubernur (cawagub) DKI pengganti Sandiaga Uno segera dilaksanakan. Laporan yang dia terima dari Partai Gerindra dan PKS sebagai partai pengusung di Pilkada DKI Jakarta 2017, uji kepatutan dan kelayakan itu akan digelar pekan ini.

"Minggu ini mereka akan melakukan fit and proper test pada tiga nama yang diajukan oleh PKS," kata Anies di Taman Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (3/1/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, dalam fit and proper test tersebut terdapat empat penguji. Dua tim dari Partai Gerindra dan dua dari PKS. Anies mengaku tidak ikut campur selama proses itu berlangsung.

"Saya sendiri tidak terlibat di dalam proses karena yang terlibat adalah partai politik," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Syariah Wilayah PKS DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi membenarkan fit and proper test cawagub dilakukan pekan ini. "Insya Allah, mudah-mudahan (Minggu ini)," kata Suhaimi saat dihubungi.

Sebelumnya, PKS sudah menyiapkan tiga nama sebagai kandidat di fit and proper test. Di antaranya yakni Sekretaris DPW PKS DKI, Agung Yulianto, mantan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu dan anggota DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi.

"Nama kader PKS yang diajukan sebagai cawagub, Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu, Abdurrahman Suhaimi," kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo dihubungi di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Ketiga nama tersebut rencananya dikirimkan ke DPD Partai Gerindra DKI Jakarta. Sehingga penyelenggaran fit and proper test dapat segera dilaksanakan. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini