2 Tahun Pimpin Jakarta, Anies Klaim Berhasil Tingkatkan Pengguna Transportasi Umum

Rabu, 16 Oktober 2019 14:41 Reporter : Ronald
2 Tahun Pimpin Jakarta, Anies Klaim Berhasil Tingkatkan Pengguna Transportasi Umum uji coba bus listrik. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Masa kerja Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, genap berusia 2 tahun hari ini. Dia mengklaim banyak hal yang sudah dilakukannya selama dua tahun terakhir.

"Sekarang adalah tahun kedua. Banyak dari yang kita kerjakan sudah bisa langsung diukur hasilnya, sebagian lagi masih dalam proses," ujar Anies di Paloma Bistro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/10).

Anies mencontohkan salah satu keberhasilan di bidang transportasi. Menurutnya, dalam dua tahun terakhir, jumlah penumpang yang menggunakan angkutan umum meningkat dari sebelumnya.

"Tahun 2017 jumlah penumpang sistem transportasi darat kita itu 300.000 penumpang per hari, didapat setelah berjalan 13 tahun. Dalam 2 tahun berubah, menjadi 640.000. Dua kali lipat dalam dua tahun. Artinya itu sebuah lompatan yang cukup signifikan," ujarnya.

Selain di bidang transportasi, keberhasilan lainnya menurut Anies terkait fasilitas air bersih untuk warga Jakarta.

"47 persen warga Jakarta belum mendapatkan akses air bersih, kita sedang bekerja keras untuk mengambil alih pengolahannya," pungkasnya.

Meski mengaku telah mencapai sejumlah keberhasilan, Anies menyadari Jakarta sebagai Ibu Kota memiliki permasalahan yang cukup kompleks. Mulai dari kesetaraan, kesejahteraan masyarakat, kebutuhan pokok hingga masalah tata ruang dan transportasi. Menyelesaikan permasalahan itu, lanjutnya, DKI Jakarta menerapkan prinsip kolaborasi.

"Artinya kita saling bekerjasama. Berjalan ke depan dengan sebaik-baiknya Jakarta berkolaborasi. Jakarta bukan miliknya Gubernur Jakarta, milik kita semua, kita sama-sama," katanya.

"Saya berterima kasih juga buat teman-teman jurnalis yang sudah kerja mendampingi bersama-sama baik melaporkan yang kita kerjakan maupun melaporkan yang ada di masyarakat, sehingga bisa menjadi bahan kerja perbaikan jangan assalamualaikum sudah berapa persen yang nyata dilakukan kemudian sudah memenuhi target," bebernya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini