Zakat Mal adalah Zakat Harta Benda, Berikut Hukum dan Cara Menghitungnya

Selasa, 20 April 2021 14:14 Reporter : Novi Fuji Astuti
Zakat Mal adalah Zakat Harta Benda, Berikut Hukum dan Cara Menghitungnya Badan Amil Zakat Nasional. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Dalam agama Islam, Allah SWT memerintahkan kepada seluruh umat muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan kewajiban membayar zakat dan sekaligus memerintahkan untuk mengolah zakat tersebut dengan baik. Orang yang diwajibkan membayar zakat adalah seorang muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Adapun syarat membayar zakat ada dua, yaitu syarat wajib dan syarat sah.

Ada dua macam zakat yang wajib dibayarkan oleh seorang muslim yaitu zakat mal dan zakat fitrah. Dalam hal ini zakat mal sendiri merupakan zakat harta benda artinya zakat yang wajib dibayarkan atas harta benda yang dimiliki jika harta benda tersebut telah mencapai batas wajib dikeluarkan zakatnya atau nisbah.

Salah satu hal paling penting dalam membayar zakat mal adalah perhitungan yang benar. Zakat mal memang tidak sepopuler zakat fitrah yang dibayarkan saat menjelang hari Rata Idul Fitri.

Namun, zakat mal juga sama pentingnya untuk mensucikan harta. Berikut ini informasi mengenai zakat mal adalah zakat harta benda, lengkap dengan hukum dan cara menghitungnya telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan digilib.uinsby.ac.id.

Baca Selanjutnya: Mengenal Zakat Mal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini