Wisata Toraja yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Penuh Keindahan

Kamis, 18 Agustus 2022 14:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
Wisata Toraja yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Penuh Keindahan wisata toraja. pixabay.com

Merdeka.com - Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan. Toraja terkenal akan tradisinya yang unik dan masih dijalankan masyarakatnya hingga kini. Selain tradisi dan budayanya, Tana Toraja juga banyak dikunjungi orang karena memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Jika berkesempatan datang ke Tana Toraja jangan ragu untuk mengeksplor tempat wisatanya yang penuh dengan pemandangan indah. Bagi yang ingin sejenak menghindar dari hiruk pikuk kota besar, mengunjungi Tana Toraja jadi pilihan yang tepat. Bukan hanya kedamaian, tapi juga bisa mendapat pengalaman baru dalam berwisata.

Wisata Toraja yang sangat beragam membuat daerah ini sangat terkenal tak hanya di kalangan turis domestik, tetapi juga manca negara. Jika kamu hendak menelusuri wisata Toraja, ada baiknya kamu mencari tahu lebih dulu mengenai tempat-tempatnya agar kamu bisa menikmati liburan dengan lebih tenang dan aman.

Berikut informasi lengkap mengenai wisata Toraja yang wajib dikunjungi, unik dan penuh keindahan telah dirangkum dari Pinterest dan berbagai sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

1. Wisata Kete Kesu

wisata toraja
pixabay.com

Wisata Toraja yang wajib dikunjungi pertama adalah wisata Kete Kesu yang merupakan desa yang memiliki pemandangan indah dan unik. Mereka yang berkunjung ke desa Kete Kesu sangat bisa melihat pemandangan yang menyegarkan dan udara yang masih alami tidak terpapar polusi.

Desa ini memiliki sebuah kompleks rumah adat Tana Toraja yang memang dikenal dengan Tongkonan. Rumah adat ini disebut sebagai tempat untuk menyimpan mayat sementara sebelum nanti dikebumikan. Lokasi tempat wisata ini berada di 4 km dari Rantepao.

2. Patung Yesus Buntu Baruke

wisata toraja
pixabay.com

Wisata Toraja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah patung Yesus Buntu Baruke. Patung tersebut merupakan patung tertinggi di dunia. Ikon wisata setinggi 40 meter di atas Bukit Buntu Burake ini bahkan mampu mengalahkan ketinggian patung Kristus Penebus di Brazil.

Dengan mengunjungi wisata yang satu ini, dapat melihat panorama indah Kota Makale beserta gunung yang membentang luas mengelilingi Tanah Toraja. Patung yang berada pada ketinggian 1.700 mdpl tersebut telah banyak menarik perhatian wisatawan, baik dari dalam dan luar negeri untuk menikmati keindahan yang dihadirkannya.

3. Gua Tampang Allo

wisata toraja
pixabay.com

Wisata Toraja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Gua Tampang Alloh. Tempat ini merupakan tempat pemakaman para raja pada abad ke-16. Gua Tampang Allo terletak di Kelurahan Kaero, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kuburan ini berada pada ketinggian 807 meter di atas permukaan laut.

Tempat pemakaman ini berupa gua yang berisikan puluhan erong atau peti mayat berbentuk kerbau, babi dan perahu. Selain itu ada juga tau tau (patung), tengkorak, dan tulang belulang orang Toraja zaman dahulu yang disemayamkan di gua ini.

3 dari 3 halaman

4. Bori Kalimbuang

wisata toraja
pixabay.com

Tak hanya Goa Tampang Allo, saat berada di Toraja kamu juga dapat berkunjung ke Bori Kalimbuang yang memiliki puluhan menhir yang berasal dari era megalitikum. Sebanyak 54 menhir kecil, 24 berukuran sedang, dan 24 lain berukuran sangat besar tersebar di Bori Kalimbuang.

Menhir tersebut berdiri tegak dan kokoh yang dipadukan dengan bangunan khas Toraja yang membentuk spot foto yang Instagramable. Di kawasan Bori Kalimbuang ada beberapa area berdasarkan fungsinya. Salah satunya Rantw Kalimbuang yang digunakan sebagai tempat upacara penguburan adat Rambu Solo.

5. Londa

kuburan londa toraja keindahan alam berbalut tradisi leluhur

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Wisata Toraja berikutnya adalah Wisata Londa. Rasanya kurang afdol jika sedang berada di Tana Toraja tapi tak menyempatkan diri ke Wisata Londa ini. Londa merupakan sebuah kompleks kuburan yang ada di sebuah tebing batu besar.

Bahkan, Londa ini juga diketahui dikelilingi oleh pegunungan sehingga memberi suasana yang begitu sejuk dan menyegarkan. Ada sensasi berbeda ketika memasuki Londa karena bernuansa gaib dan banyak gua dengan lubang pada tebing yang sengaja dipahat sebagai tempat peti yang berisi mayat.

Penempatan mayat ini tak boleh sembarangan dan sesuai dengan garis keluarga. Lokasi Wisata Londa berada di sekitar 7 km dari Kota Rantepao dan sering dijadikan sebagai salah satu taman rekreasi Toraja paling banyak dikunjungi turis.

6. Danau Limbong

wisata toraja
pixabay.com

Tak hanya wisata Londa, wisata Toraja lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah wisata Danau Limbong. Wisata yang disebut sebagai kolam alam limbong ini menghadirkan panorama yang eksotis dan menarik untuk dinikmati. Tentunya, Anda akan menemukan kondisi alam yang indah dan segar karena danau ini dikelilingi oleh deretan pegunungan.

Wisata yang terkenal masih sangat alami tersebut memiliki air danau yang berwarna hijau. Bahkan Anda bisa menemukan berbagai keanekaragaman flora dan fauna di Danau Limbong. Untuk sampai di lokasi wisata, bisa menempuh perjalanan sejauh 3 hingga 4 km dari Kota Rantepao menggunakan kendaraan bermotor.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini