Warga Tangerang Ubah Limbah Kayu Jadi Hiasan Bunga Cantik, Omzetnya Rp15 Juta Sebulan

Sabtu, 2 Juli 2022 12:45 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Warga Tangerang Ubah Limbah Kayu Jadi Hiasan Bunga Cantik, Omzetnya Rp15 Juta Sebulan Warga Kota Tangerang manfaatkan limbah kayu jadi bunga hias. ©2022 tangerangkota.go.id/ Merdeka.com

Merdeka.com - Di tangan seorang warga Kota Tangerang bernama Ayu Krisna, limbah kayu tidak berakhir begitu saja di tempat sampah. Ayu berhasil menyulap bahan tak terpakai itu menjadi hiasan bunga yang cantik dan bernilai jual tinggi. Dari kreasinya, Ia bisa meraup omzet sekitar Rp10 hingga Rp15 juta setiap bulannya.

Menurut Ayu, ia pertama kali mendirikan usaha Bunga Rakit Krisna itu pada tahun 2015 lalu. Saat itu ia merasa resah dengan banyaknya limbah kayu dari para tetangga di sekitar tempat tinggal. Dengan semangat yang kuat, akhirnya Ayu bisa membuat kreasi yang menarik dari sisa limbah kayu.

"Awalnya, kita lihat banyak limbah kayu-kayu dari tetangga di sini. Akhirnya, kita kumpulkan kayu-kayu tersebut dan kita kreasikan menjadi bunga hias. Selain itu, kita juga ingin membuka lapangan kerja bagi warga sekitar, ” katanya seperti dikutip Merdeka dari laman Pemkot Tangerang, Sabtu (2/7).

2 dari 3 halaman

Menciptakan Ragam Bunga Hias Cantik

warga kota tangerang manfaatkan limbah kayu jadi bunga hias

©2022 tangerangkota.go.id/ Merdeka.com

Bunga-bunga hias hasil ciptaan Ayu begitu terlihat cantik dan indah saat dipandang. Terdapat beragam warna mulai dari merah, ungu, hijau, kuning, hingga merah muda.

Hasil kreasinya ini sangat cocok menjadi pajangan hingga hiasan untuk mempercantik sudut ruangan di dalam rumah, karena bunga tersebut tidak akan layu atau mati.

Ayu sendiri selama ini memasarkan produk bunga hias di tempat tinggalnya, Perumahan Pondok Arum blok A4 no.9, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci. Selain itu ia jual menjual hasil kreasinya lewat akun Instagram @dm.amsir hingga Whatapss.

3 dari 3 halaman

Dijual Mulai dari Rp15 Ribu dengan Omzet Capai Rp15 Juta

warga kota tangerang manfaatkan limbah kayu jadi bunga hias
©2022 tangerangkota.go.id/ Merdeka.com

Untuk harga, satu unit bunga hias biasa dijual mulai dari 15 ribu rupiah sampai dengan 1,5 juta.

"Harga tergantung kesulitan. Kami juga menerima bunga custom dari konsumen tinggal memberikan contoh gambar saja. Untuk omzet, sebulan sekitar 10 hingga 15 juta rupiah," lanjut Ayu.

Sejauh ini, produknya sudah menjangkau hingga Kalimantan. Selain itu, Ayu juga memastikan bahwa barang yang ia kirim akan aman dengan packing kayu.

"Sejauh ini, baru Kalimantan yang paling jauh. Untuk pengiriman nanti akan kami gunakan packing kayu sehingga lebih aman dan tidak mudah rusak," pungkasnya.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini