Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Tertukar

Selasa, 25 Januari 2022 14:26 Reporter : Andre Kurniawan
Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Tertukar Perbedaan Sales dan Marketing. scientificworldinfo.com

Merdeka.com - Anda mungkin pernah melamar pekerjaan untuk menjadi seorang marketing, tapi akhirnya malah bekerja sebagai sales. Atau mungkin Anda adalah pemiliki bisnis yang masih bingung dengan perbedaan sales dan marketing?

Banyak orang masih menggunakan istilah sales dan marketing secara bergantian, padahal ada perbedaan sales dan marketing yang membuat kedua hal ini tak bisa disamakan. Baik sales atau pun marketing memang bermaksud untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda, tetapi cara yang digunakan untuk mencapainya berbeda.

Dalam istilah yang sederhana, marketing adalah proses membangun kesadaran akan organisasi dan merek kepada pelanggan potensial. Sedangkan sales mencoba mengubah calon pelanggan potensial tersebut menjadi pelanggan nyata.

Sangat penting untuk memahami perbedaan sales dan marketing karena Anda perlu mengintegrasikan kedua fungsi tersebut dalam organisasi Anda. Memahami garis tipis di antara keduanya akan membantu membuat mereka bekerja bersama-sama guna meningkatkan pendapatan organisasi.

Dalam artikel berikut, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang perbedaan sales dan marketing yang wajib diketahui, apalagi jika Anda seorang pencari kerja atau pemiliki bisnis.

2 dari 4 halaman

Sales dan Marketing

Sales dan marketing sama-sama bertujuan untuk meningkatkan pendapatan. Keduanya sering disamakan sehingga orang sering jadi tidak menyadari ada perbedaan sales dan marketing. Memang, dalam organisasi kecil, orang yang sama biasanya melakukan tugas sales dan marketing.

Namun, seiring pertumbuhan organisasi, peran dan tanggung jawab keduanya menjadi lebih terspesialisasi. Perbedaan sales dan marketing bisa dilihat dalam fungsi dan perannya yang berbeda. 

Ketika sales lebih berbasis transaksi, marketing bertujuan untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang. Keduanya sering berbagi tujuan yang sama untuk meningkatkan pendapatan tetapi dalam fungsi dan proses yang berbeda.

Pada dasarnya sales menyiratkan pertukaran produk dan layanan dengan uang atau nilai uang. Di sisi lain, marketing adalah istilah umum yang menunjukkan serangkaian kegiatan yang dimulai dengan riset pasar dan diakhiri dengan kepuasan konsumen.

Perbedaan sales dan marketing terletak pada tujuannnya. Fokus keduanya ada pada dua tujuan yang berbeda, seperti dalam marketing yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan, sedangkan sales adalah tentang mencapai target penjualan perusahaan, yaitu berfokus pada pemenuhan kebutuhan perusahaan.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Sales?

Dilansir dari laman keydifferences.com, sales tidak lain adalah tujuan utama dari setiap perusahaan bisnis, dalam arti bahwa semua kegiatan perusahaan diarahkan pada peningkatan penjualan. Pada dasarnya penjualan mencakup kegiatan yang menghasilkan "apa yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggannya" dalam jangka waktu tertentu, dengan meyakinkan pelanggan bahwa membeli produk perusahaan akan bermanfaat bagi mereka.

Untuk tujuan ini, seorang sales harus memiliki keterampilan komunikasi dan persuasi yang luar biasa, untuk menyampaikan manfaat produk atau layanan kepada pelanggan secara efektif, sambil menjawab pertanyaan mereka.

Setiap sales atau tim sales memiliki target volume penjualan, untuk bulan, kuartal, dan tahun yang harus mereka capai. Untuk meningkatkan penjualan, penawaran khusus seperti kupon, hadiah gratis, dll atau diskon digunakan sebagai strategi, untuk mencari perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk.

Apa Itu Marketing?

Marketing adalah proses yang melibatkan spektrum kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan penjualan produk atau layanan perusahaan. Prosesnya dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, memenuhi kebutuhan tersebut secara menguntungkan dengan menciptakan, mengomunikasikan, dan menyampaikan penawaran, dengan imbalan harga oleh pelanggan.

Marketing adalah sarana untuk menciptakan minat dari audiens target dalam penawaran perusahaan. Semua kegiatan yang berupaya menarik perhatian pelanggan terhadap penawaran perusahaan dan mempertahankannya masuk dalam cakupan marketing, seperti riset dan analisis pasar, pengembangan produk, promosi, metode distribusi, penjualan, dan layanan purna jual.

Dalam istilah yang lebih halus, strategi atau aktivitas apa pun yang diterapkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan guna menumbuhkan minat mereka untuk membeli penawaran perusahaan akan disebut sebagai marketing.

Marketing adalah tentang apa yang Anda sampaikan tentang penawaran atau produk Anda, bagaimana Anda mengomunikasikan nilai penawaran kepada audiens target dan mengapa pelanggan harus memilihnya dari semua opsi yang tersedia di pasar.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Sales dan Marketing

perbedaan marketing dan salessalespop.net

Berikut adalah poin-poin yang menjelaskan perbedaan sales dan marketing:

  • Sales dapat dipahami sebagai proses penjualan barang kepada pelanggan dengan harga tertentu dan pada periode waktu tertentu. Dalam hal ini terjadi perpindahan kepemilikan suatu produk dari satu orang ke orang lain untuk beberapa nilai. Sebaliknya, marketing adalah tindakan menganalisis pasar dan memahami kebutuhan pelanggan sedemikian rupa. Singkatnya, ini adalah proses menciptakan pasar yang siap untuk produk dan jasa.
  • Sales berorientasi pada produk, karena tenaga penjual menekankan pada peningkatan penjualan produk. Sebaliknya, marketing berorientasi pada pelanggan, karena semua kegiatan promosi dilakukan, berguna untuk mendapatkan pelanggan sasaran.
  • Sales memiliki pendekatan terfragmentasi, yang menekankan pada penjualan semua yang diproduksi. Sebaliknya, marketing memiliki pendekatan terpadu yang memastikan kebutuhan pelanggan dan menyediakan kebutuhan mereka dengan produk yang perusahaan.
  • Marketing menekankan pada kebutuhan pasar. Sebaliknya, sales fokus pada kebutuhan perusahaan.
  • Sales berkaitan dengan aliran produk atau jasa kepada pelanggan. Namun, marketing berkaitan dengan semua kegiatan yang memfasilitasi aliran barang ke pelanggan.
  • Sales adalah proses jangka pendek, karena berbasis transaksi dan bertujuan untuk memaksimalkannya dalam jangka waktu terbatas. Sebaliknya, marketing adalah proses jangka panjang karena berfokus pada manajemen pelanggan dan semua upaya yang dilakukan untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan.
  • Tujuan sales adalah untuk menarik pembeli sehingga mereka menjadi pembeli, sedangkan tujuan marketing adalah mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan menciptakan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Ada hubungan satu-ke-satu dalam sales, yaitu satu produk dijual ke satu pelanggan, oleh tenaga penjual pada suatu waktu. Berbeda dengan hubungan satu-ke-banyak pada marketing, karena iklan menjangkau jutaan pelanggan sekaligus.
  • Penjualan fokus pada individu, yaitu interaksi langsung dengan pelanggan dan membujuknya untuk membeli produk, tetapi pemasaran berkonsentrasi pada masyarakat umum, yaitu menciptakan nilai produk untuk meningkatkan penjualan.
  • Dalam sales, pelanggan dipandang sebagai tautan terakhir, yaitu produk dibuat terlebih dahulu dan kemudian dijual kepada pelanggan. Di sisi lain, dalam marketing, pelanggan diprioritaskan, karena pertama-tama kebutuhan diidentifikasi dan setelah itu dilakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Proses sales melibatkan pertukaran barang untuk pertimbangan moneter. Di sisi lain, marketing melibatkan identifikasi kebutuhan pelanggan dan memuaskan mereka.
  • Berbagai teknik yang digunakan untuk meningkatkan penjualan termasuk promosi harga, diskon, penawaran musim perayaan, penawaran khusus, penawaran beli satu dapat satu, dll. Sebaliknya, marketing melibatkan membangun hubungan dengan pelanggan melalui integrasi organisasi dengan kebutuhan pelanggan.
  • Sales membutuhkan keterampilan komunikasi, yang meyakinkan dan menjual yang baik, sedangkan marketing membutuhkan keterampilan analitis dan pandangan ke depan yang baik.
  • Sales bertujuan memaksimalkan keuntungan melalui maksimalisasi penjualan. Di sisi lain, memaksimalkan keuntungan melalui peningkatan kepuasan konsumen dan pangsa pasar adalah tujuan dari marketing.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini