NFC adalah Komunikasi Nirkabel Jarak Dekat, Begini Cara Kerjanya

Rabu, 15 Desember 2021 13:38 Reporter : Andre Kurniawan
NFC adalah Komunikasi Nirkabel Jarak Dekat, Begini Cara Kerjanya ilustrasi NFC. sumup.com

Merdeka.com - Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya, atau bahkan mungkin Anda sudah memiliki smartphone yang menyediakan teknologi ini. Teknologi yang kami maksud di sini adalah Near Field Communication, atau lebih dikenal dengan NFC.

Teknologi NFC adalah fitur yang saat ini sudah banyak diterapkan pada smartphone. Tapi, tahukah Anda apa itu teknologi NFC? Singkatnya, NFC adalah standar komunikasi nirkabel jarak dekat. Tidak seperti Wi-Fi atau Bluetooth, interaksi NFC terbatas pada jangkauan yang sangat pendek.

Meski merupakan fitur tambahan dalam sebuah ponsel, NFC menggunakan baterai dan daya pemrosesan yang minim sehingga meningkatkan fungsionalitas perangkat Anda. Teknologi ini banyak digunakan dalam pembayaran peer-to-peer dan aplikasi transfer data.

Mengingat NFC adalah fitur yang mengharuskan dua perangkat untuk saling berdekatan dengan jarak yang sangat dekat, teknologi ini mungkin tidak terdengar menonjol dan bagus. Tapi, tetap saja, teknologi ini membuat banyak orang merasa nyaman dan terbantu, terlebih dalam melakukan transaksi.

Kali ini kami akan mengulas lebih lanjut tentang apa itu NFC dan bagaimana cara kerjanya dilansir dari digitaltrends.com dan androidauthority.com.

2 dari 4 halaman

Apa Itu NFC

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. NFC adalah teknologi yang memungkinkan ponsel, tablet, laptop, dan perangkat lain untuk berbagi data dengan perangkat lain yang juga dilengkapi dengan NFC.

NFC adalah hasil revolusi dari teknologi identifikasi frekuensi radio (RFID). RFID adalah teknologi di balik kartu pindai keamanan yang Anda gunakan di kantor, kartu untuk membuka pintu hotel, atau ketika hendak melewati pintu tol.

NFC sangat mirip dengan RFID, tetapi NFC terbatas pada komunikasi dalam jarak sekitar 4 inci, itulah sebabnya Anda harus mendekatkan ponsel Anda dengan pembaca nirsentuh jika Anda menggunakannya sebagai alat pembayaran.

Kebanyakan orang menganggap radius kecil NFC adalah manfaat keamanan utama, dan itulah salah satu alasan mengapa NFC menjadi alternatif yang aman untuk kartu kredit. Namun, teknologi ini dapat digunakan lebih dari sekadar membeli kopi di Starbucks. NFC juga dapat mentransfer data seperti video, informasi kontak, dan foto antara dua perangkat memiliki NFC.

3 dari 4 halaman

Cara Kerja NFC

Tidak seperti Bluetooth, NFC adalah teknologi yang tidak memerlukan pemasangan manual atau harus menemukan perangkat untuk mentransfer data. Koneksi NFC secara otomatis dimulai saat perangkat NFC lain masuk ke dalam jarak 4 inci yang ditentukan sebelumnya. Setelah berada dalam jangkauan, kedua perangkat langsung berkomunikasi dan mengirim petunjuk ke pengguna.

Perangkat yang Memiliki NFC

NFC telah menjadi fitur tambahan pada smartphone selama beberapa tahun ini. Nexus S adalah perangkat Android pertama yang menyertakannya pada tahun 2010. Apple juga akhirnya menggunakan teknologi tersebut pada tahun 2014, dan NFC hadir di setiap iPhone sejak seri ke 6. Demikian pula, perangkat lain, mulai dari pelacak kebugaran seperti Mi Band untuk jam tangan pintar seperti Apple Watch.

Saat ini, hanya perangkat dengan harga tertentu yang cenderung tidak dilengkapi NFC. Pentingnya NFC dikatakan juga dapat bervariasi tergantung pada wilayah. Untuk itu, beberapa produsen, seperti Xiaomi, menghilangkan koil di pasar tertentu seperti India karena adopsi teknologi yang rendah.

4 dari 4 halaman

Apa yang Dapat Dilakukan NFC?

ilustrasi nfcgetbaggizmo.com

Adopsi NFC telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Berikut beberapa penggunaan teknologi NFC:

  • Transfer data: Dengan dirilisnya Android Ice Cream Sandwich pada tahun 2011, Google memperkenalkan Android Beam. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mentransfer konten atau data apa pun yang Anda miliki di layar ke perangkat berkemampuan NFC lainnya. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyentuh bagian belakang kedua perangkat dan menerima perintah transfer. Android Beam baru-baru ini ditangguhkan demi Nearby Share, yang menggunakan teknologi Bluetooth dan Wi-Fi Direct sebagai gantinya.
  • Pembayaran seluler: Samsung Pay, Google Pay, dan Apple Pay semuanya menggunakan chip NFC smartphone untuk pembayaran nirsentuh. Sebagian besar kartu debit dan kredit saat ini sudah memiliki tag NFC bawaan. Aplikasi yang disebutkan di atas hanya meniru tag ini, dengan izin dari bank penerbit atau lembaga keuangan. Setelah dikonfigurasi, yang harus Anda lakukan adalah mendekatkan ponsel atau perangkat yang dapat dikenakan ke pembaca kartu.
  • Pemasangan cepat: Kenyamanan NFC meluas ke perangkat yang tidak memiliki layar. Banyak speaker nirkabel dan headphone menggunakannya untuk bertukar informasi pasangan dengan ponsel cerdas Anda. Beberapa kamera juga menggunakannya untuk memulai koneksi Wi-Fi Direct dengan cepat untuk transfer foto dan video.
  • Akses transportasi umum: Transportasi umum di banyak kota, termasuk Hong Kong, Singapura, dan London, menggunakan kartu berbasis NFC sebagai bentuk mekanisme kontrol akses untuk angkutan umum. Beberapa sistem bahkan kompatibel dengan aplikasi pembayaran seperti Google Pay sehingga Anda tidak perlu membawa kartu.
  • Gaming: Nintendo menggunakan teknologi untuk menghubungkan mainan fisik dengan video game. Amiibo seperti figur aksi atau kartu perdagangan lainnya, kecuali bahwa ia juga berisi chip NFC yang disematkan. Jika Anda membawa salah satu dari mereka ke dekat Nintendo Switch atau 3DS, secara otomatis akan memberi Anda karakter, level, atau item bonus tambahan untuk game tertentu.
  • Otomatisasi rumah: Beberapa platform rumah pintar, termasuk Asisten Rumah dan HomeKit Apple, juga mendukung NFC. Menggunakan aplikasi di Android dan iOS, Anda dapat mengonfigurasi tag NFC siap pakai untuk mengontrol perangkat atau otomatisasi.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini