Mengenal Kolotik, Alat Musik Unik khas Ciamis yang Punya Nada Sunda Khusus

Rabu, 13 Januari 2021 15:42 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Mengenal Kolotik, Alat Musik Unik khas Ciamis yang Punya Nada Sunda Khusus Alat musik Kolotik Ciamis. ©2021 Kanal Youtube Dodenk Zoe/editorial Merdeka.com

Merdeka.com - Letak geografis dari suatu wilayah, tentu amat berpengaruh terhadap ragam kehidupan dari masyarakatnya. Salah satu daerah yang banyak memanfaatkan aspek tersebut adalah Jawa Barat, di mana sisi kearifan lokal termasuk keseniannya banyak dibuat secara tradisional seperti halnya Kolotik.

Sesuai namanya, Kolotik merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kabupaten Ciamis dengan berbahan utama berupa kayu, maupun batok kelapa. Bunyinya yang terdengar unik, membuat alat musik tersebut kerap dijadikan buah tangan dari Kecamatan Cimaragas, Ciamis.

Dilansir dari ciamiskab.go.id, Kolotik merupakan bentuk pengembangan dari alat musik tradisional Kolotok yang dahulu merupakan identitas dan kerap terpasang di bagian leher sapi maupun kerbau masyarakat Cimaragas.

“Ini namanya Kolotik, atau Kolotok leutik (kecil dalam bahasa Sunda), dahulu terbuat dari batok atau tempurung kelapa” ujar Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya beberapa waktu lalu saat ditemui wartawan.

Baca Selanjutnya: Inovasi Baru Alat Musik Tradisional...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini