Manfaat Mindfulness untuk Kesehatan Mental, Redakan Depresi dan Tingkatkan Kognitif

Kamis, 27 Oktober 2022 15:51 Reporter : Andre Kurniawan
Manfaat Mindfulness untuk Kesehatan Mental, Redakan Depresi dan Tingkatkan Kognitif Ilustrasi meditasi. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Mindfulness melibatkan latihan untuk berfokus pada kesadaran Anda saat ini. Itu berarti Anda harus memperhatikan sensasi, perasaan, pikiran, dan lingkungan Anda di sini dan di saat ini dengan sikap yang menerima.

Sudah menjadi sifat pikiran kita untuk berpikir, menganalisis, dan mencari tahu. Itulah tugasnya. Itu berarti, jika pikiran ini dibiarkan sendiri, pikiran akan terus mencari rangsangan baru, hal-hal baru untuk dipikirkan, dan cara-cara baru untuk keluar dari kenyataan.

Latihan mindfulness adalah cara untuk melatih kembali pikiran dengan lembut untuk menetap di kondisi saat ini. Dengan latihan mindfulness secara berulang-ulang untuk diri sendiri, Anda dapat mengajarkan pikiran untuk tetap tenang dan diam di momen saat ini.

Akhirnya, pikiran akan larut sama sekali, yang artinya tidak ada tumpang tindih intelektual atau konseptual antara Anda dan apa yang Anda alami. Sebaliknya, Anda sepenuhnya tenggelam dan menyatu dengan momen yang ada pada saat ini.

Mindfulness sangat erat kaitannya dengan pikiran kita. Itulah kenapa, latihan mindfulness sangat baik untuk kesehatan mental kita. Berikut ini, kami akan sampaikan apa saja manfaat mindfulness untuk kesehatan mental seperti yang dikutip dari laman verywellmind.com.

2 dari 4 halaman

Penurunan Depresi

Manfaat mindfulness untuk kesehatan mental yang pertama adalah untuk redakan depresi. Mengurangi depresi adalah salah satu manfaat mindfulness untuk kesehatan mental yang penting. Cara ini dapat membantu meringankan gejala depresi dan dapat membantu mencegah gejala ini muncul kembali di masa depan.

Terapi kognitif berbasis kesadaran (MBCT) adalah jenis terapi yang menggabungkan terapi perilaku kognitif (CBT) dengan mindfulness-based stress reduction (MBSR). Ini adalah terapi yang relatif singkat, yang berlangsung selama delapan minggu menggunakan sesi kelompok yang menggabungkan praktik kesadaran.

Selain praktik kesadaran, MBCT juga menggabungkan kegiatan lain seperti meditasi, latihan pemindaian tubuh, dan yoga untuk membantu orang fokus menjadi lebih sadar dan menerima pikiran mereka.

Peningkatan Regulasi Emosional

Manfaat mindfulness untuk kesehatan mental yang kedua yaitu untuk meningkatkan regulasi emosional. Regulasi emosi mengacu pada kemampuan untuk mengendalikan emosi Anda sendiri. Ini berarti mampu meningkatkan atau menguasai emosi tergantung pada situasi dan kebutuhan.

Kemampuan ini dapat memainkan peran penting dalam kesejahteraan mental dan kesulitan mengelola emosi terkait dengan sejumlah kondisi termasuk depresi dan borderline personality disorder (BPD).

Terapi perilaku dialektik (DBT) menggabungkan elemen mindfulness dengan CBT dan pelatihan regulasi emosional untuk membantu mengobati gejala kondisi seperti borderline personality disorder.

3 dari 4 halaman

Mengurangi Kecemasan dan Stres

Manfaat mindfulness untuk kesehatan mental yang ketiga yakni mengurangi kecemasan dan stres. Stres kronis adalah masalah yang signifikan bagi banyak orang dewasa dan dapat berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan, termasuk peningkatan risiko depresi dan kecemasan. Menurut American Psychological Association, mindfulness dapat membantu menenangkan perasaan cemas dan stres.

Praktik mindfulness juga telah diadaptasi secara khusus untuk mengobati gejala stres. Salah satu pendekatan, yang dikenal sebagai mindfulness-based stress reduction (MBSR), adalah program selama delapan minggu yang menggabungkan elemen mindfulness dan yoga untuk membantu orang mengatasi pikiran, perasaan, dan perilaku yang berkontribusi pada perasaan stres.

Penelitian menunjukkan bahwa MBSR dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres. Satu tinjauan penelitian menemukan bahwa terapi berbasis mindfulness juga efektif dalam pengobatan kecemasan.

Namun, mindfulness mungkin tidak selalu menjadi taktik terbaik untuk mengurangi stres, terutama di saat-saat krisis.

Memori lebih Baik

Manfaat mindfulness untuk kesehatan mental keempat adalah untuk memori lebih baik. Mindfulness juga menjadi cara untuk meningkatkan daya ingat. Banyak dari momen lupa yang terjadi disebabkan oleh sesuatu yang dikenal sebagai gangguan proaktif, di mana ingatan lama mengganggu kemampuan Anda untuk mengakses yang baru.

Dalam satu studi tahun 2019, peserta menerima pelatihan mindfulness selama empat minggu atau mengikuti kursus menulis kreatif. Tes memori menunjukkan bahwa mereka yang telah dilatih dalam praktik mindfulness menunjukkan penurunan terbesar dalam gangguan proaktif, yang menghasilkan peningkatan dalam memori jangka pendek.

Namun, peserta tidak hanya menunjukkan peningkatan dalam kinerja memori. Mereka juga menunjukkan perubahan di otak. Pencitraan otak juga mengungkapkan bahwa peserta dalam kondisi pelatihan mindfulness mengalami perubahan volume di hippocampus, area otak yang terkait dengan memori.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Kognitif

Manfaat mindfulness untuk kesehatan mental yang kelima yaitu untuk peningkatan kognitif. Mindfulness tidak hanya membantu Anda fokus pada pikiran atau mengingat hal-hal dengan lebih mudah. Bukti menunjukkan bahwa cara ini dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan Anda berpikir secara fleksibel dan jernih.

Masuk akal jika praktik mindfulness dapat mengubah pemikiran Anda. Bagaimanapun, latihan mindfulness sendiri adalah tentang belajar untuk lebih menyadari pikiran Anda tanpa memaksakan penilaian pada pikiran tersebut.

Ada beberapa kemampuan kognitif penting yang terlibat dalam mindfulness, termasuk:

  • Mampu memusatkan perhatian untuk jangka waktu tertentu (perhatian berkelanjutan)
  • Mampu mengalihkan pikiran dan perhatian Anda terlepas dari gangguan di sekitar (fleksibilitas kognitif)
  • Menekan pikiran lain yang mengganggu fokus Anda (penghambatan kognitif)

Kemampuan kognitif ini penting untuk berbagai tugas sehari-hari. Mereka memungkinkan Anda untuk berpikir cepat dan beradaptasi dengan perubahan informasi. Keterampilan seperti itu juga membantu Anda beralih dari satu tugas ke tugas lainnya dengan mudah dan membuatnya lebih mudah untuk berkonsentrasi pada tugas dan memecahkan masalah dengan lebih efisien.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini