Macam-macam Pekerjaan Online yang Bisa Dilakukan di Rumah

Senin, 1 Agustus 2022 10:01 Reporter : Andre Kurniawan
Macam-macam Pekerjaan Online yang Bisa Dilakukan di Rumah Ilustrasi bekerja. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Sebagian orang mungkin menyukai stabilitas dan bekerja dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, banyak juga orang yang memilih fleksibilitas jam kerja dan bekerja secara online daripada pergi ke kantor.

Tak heran jika banyak orang mendambakan pekerjaan online. Memilih jam kerja sendiri, menjadi bos bagi diri sendiri, dan menghasilkan uang dari hobi adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat saat memilih karir secara online.

Dengan modal keterampilan, perangkat, dan sambungan internet Anda bisa mulai bekerja secara online dari rumah. Macam-macam pekerjaan online juga bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menyenangkan dan menguntungkan.

Pikirkan apa keahlian atau hobi yang Anda miliki, lalu coba salah satu dari macam-macam pekerjaan online berikut ini, yang dikutip dari lifehack.

2 dari 4 halaman

Creator (Menjual Karya)

Macam-macam pekerjaan online yang pertama adalah menjadi creator. Jika Anda berbakat dalam membuat kerajinan atau desain apa pun, Anda bisa menunjukkannya sekaligus mempromosikannya pada semua orang secara online. Menjual karya Anda secara online bisa lebih menguntungkan dari pada menjualnya secara offline.

Anda bisa menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, atau YouTube untuk mempromosikan hasil ciptaan Anda, Terlebih, Dengan menjualnya secara online, Anda dapat menjangkau konsumen yang mungkin sulit Anda dapatkan saat menawarkannya secara offline.

Mengajar Kursus Online

ilustrasi belajar online
tefl.net

Macam-macam pekerjaan online yang kedua yaitu mengajar kursus secara online. Pembelajaran atau kursus online kini semakin banyak diminati. Salah satu faktornya karena kemudahan dan fleksibilitas saat mengikuti kursus. Ini juga membuka peluang bagi siapa saja yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang ingin berbagi.

Jika Anda memiliki pengetahuan dalam desain, fotografi, kesehatan dan kebugaran, bisnis, pengembangan pribadi, musik, mode, teknologi, penulisan, atau topik lainnya, tidak ada salahnya untuk berbagi ilmu yang Anda miliki. Apalagi jika Anda bisa menjadikannya sebagai penghasil uang.

Anda dapat memulai dengan mendaftar sebagai tutor di platform kursus online. Anda juga bisa membuat profil di LinkedIn atau media sosial lain dan menawarkan video intro terkait kursus Anda. Kegiatan ini sangat ideal sebagai pekerjaan yang bisa Anda kerjakan dari rumah.

Reseller

Macam-macam pekerjaan online yang ketiga yakni menjadi reseller. Menjadi reseller berarti Anda akan mencari barang murah yang dapat dijual dengan harga lebih tinggi. Ini bisa menjadi pekerjaan online yang layak dicoba jika Anda memiliki keterampilan atau pengetahuan khusus dalam menemukan produk yang sulit diakses oleh orang lain, atau yang sedang banyak dicari. Dengan begitu mereka dengan senang hati akan membayar lebih kepada Anda.

Untuk memulainya, Anda bisa menjual barang-barang yang tidak terpakai di rumah Anda. Anda bisa menggunakan media sosial atau membuat akun di platform toko online yang telah tersedia.

3 dari 4 halaman

Fotografer

Macam-macam pekerjaan online yang keempat adalah fotografer. Fotografi adalah keterampilan yang sangat membantu dan banyak dibutuhkan. Selama orang masih membuat konten, akan selalu permintaan untuk berbagai macam gambar dari pembuat konten. Jika Anda suka memotret, Anda dapat mengubah hobi ini menjadi sumber penghasilan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda kerjakan dari fotografi. Misalnya, mengajarkan fotografi dengan berbagi kiat dan teknik bagi fotografer pemula. Atau, Anda juga bisa menjual hasil foto Anda di situs yang telah disediakan, seperti ShutterStock, iStock, dan lainnya.

Copywriter, Penerjemah, atau Proofreader

Macam-macam pekerjaan online yang kelima yaitu penulis. Jika Anda memiliki kelebihan dalam bidang menulis, Anda juga dapat mengubahnya menjadi sumber penghasilan. Salah satu contoh yang banyak dikenal adalah seorang blogger. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sebagai freelance sebagai copywriter, penerjemah, atau korektor.

Anda mungkin menganggap kelebihan menulis itu biasa saja, karena setiap orang pasti bisa menulis. Tapi faktanya, banyak orang yang tidak terampil dalam menyusun kata-kata, membuat deskripsi yang komprehensif, atau bahkan caption menarik di media sosial.

Itulah kenapa, ada banyak pihak yang mencari orang-orang dengan keterampilan menulis, sehingga menjadikannya pekerjaan online yang sangat baik untuk dikerjakan di rumah.

Desainer Grafis

ilustrasi laptop
liputan6.com

Di era digital seperti saat ini, karya desain grafis semakin banyak dibutuhkan dari sebelumnya. Jika Anda memiliki beberapa keterampilan dan pengalaman dalam bidang desain, ada banyak peluang yang bisa dicoba melalui keahlian yang Anda miliki.

Beberapa jenis pekerjaan online yang dapat Anda lakukan dari keahlian desain antara lain adalah desain situs web, desain logo, desain aplikasi seluler, desain kartu nama, iklan, spanduk, desain brosur, desain kemasan, desain presentasi, hingga ilustrasi beragam.

Selain platform freelancer, ada cara lain yang dapat diandalkan untuk menghasilkan uang tambahan dari keterampilan desain Anda. Misalnya, coba tambahkan desain Anda di database ilustrasi, platform 99Designs, atau platform kreatif lainnya.

4 dari 4 halaman

Guru Bahasa Asing

Tentu akan menyenangkan jika kita bisa mengerti bahasa lain selain bahasa yang sering kita gunakan. Dan untungnya, saat ini Anda bisa belajar bahasa lain dengan lebih mudah secara online.

Tapi jika Anda adalah lulusan dari jurusan bahasa asing apa pun, minat tinggi dari orang yang ingin belajar bahasa asing bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Anda bisa membuka kelas bahasa asing yang Anda kuasai dan mengajar dari rumah dengan waktu yang fleksibel.

Atau, Anda juga bisa mendaftar di platform belajar bahasa asing online yang saat ini sudah banyak muncul. Anda bisa mendaftar sebagai salah satu pengajar dan membagikan ilmu serta pengetahuan budaya lainnya dari bahasa asing yang Anda kuasai.

Manajer Media Sosial

Macam-macam pekerjaan online yang terakhir adalah manajer media sosial. Manajemen media sosial adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan saat ini. Jika Anda hobi menggulirkan media sosial, Anda dapat menyediakan jasa sebagai manajer media sosial bagi orang atau perusahaan yang membutuhkan.

Pekerjaan manajemen media sosial biasanya mencakup menyiapkan profil media sosial (jika perlu), memantau 3-5 platform media sosial dengan menjawab komentar dan pesan, membuat konten dan memposting beberapa kali per minggu, hingga menambahkan tagar, gambar, dan tautan yang relevan.

Manajemen media sosial menjadi jenis pekerjaan yang mudah dikerjakan di rumah dan banyak diminati. Ini juga pekerjaan yang sangat fleksibel karena Anda dapat menjadwalkan posting kapan saja dan di mana saja.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini