Kasus Covid-19 Naik, Menkes Ingatkan Pemerintah Daerah Prioritaskan Vaksinasi Lansia

Senin, 31 Mei 2021 21:55 Reporter : Andriana Faliha
Kasus Covid-19 Naik, Menkes Ingatkan Pemerintah Daerah Prioritaskan Vaksinasi Lansia Kasus Covid-19 Naik, Menkes Ingatkan Pemerintah Prioritaskan Vaksinasi Lansia. YouTube/Sektertariat Presiden ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Virus Covid-19 hingga saat ini masih merebak di Indonesia. Pada hari ini, Senin (31/5) kasus positif bertambah 5.662. Sehingga total kasus positif Covid-19 di Indonesia menembus 1.821.703 kasus hari ini.

Kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi berimbas pada tingkat keterisian rumah sakit hingga 20-25 persen. Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan pada Senin (31/5).

"Rumah sakit mengalami peningkatan yang masuk. Dari 72 ribu ketersediaan tempat tidur, kemarin sempat terisi 20 ribu. Sekarang 20 - 25 persen yang terisi," jelasnya mengutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Ia pun mengatakan bahwa pasien Covid-19 yang masuk rumah sakit rata-rata adalah orang lanjut usia. Oleh karena itu, Menkes mengingatkan kepada pemimpin daerah agar memprioritaskan orang lanjut usia untuk menerima vaksin Covid-19.

"Saya minta tolong ke bupati/gubernur agar memprioritaskan vaksinasi Covid-19 untuk lansia, kalau bisa memprioritaskan lansia insyaAllah yang masuk rumah sakit dan wafat berkurang," kata Budi.

2 dari 2 halaman

Ingatkan Patuh dan Disiplin Menerapkan Protokol Kesehatan

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa saat ini Indonesia memiliki stok 20 juta dosis vaksin. Sehingga untuk 30 hari ke depan, Indonesia diproyeksikan mampu menyuntikkan 500.000-650.000 vaksin per hari. 

Ia juga kembali mengingatkan untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19 perlu diiringi dengan patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat meskipun ada vaksinasi.

"Tetap disiplin pakai masker, kalau kita bisa disiplin pakai masker pengurangannya jauh sekali, risiko terkenanya," tambahnya.

[anf]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini