Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Palestina Latin dan Artinya, Bentuk Kepedulian untuk Kebebasan

<b>Doa Palestina Latin dan Artinya, Bentuk Kepedulian untuk Kebebasan</b>

Doa Palestina Latin dan Artinya, Bentuk Kepedulian untuk Kebebasan

Jarak yang membentang bukan berarti kita tidak bisa memberikan bantuan pada saudara di Palestina. Salah satu yang bisa kita beri yaitu bantuan spiritual berupa doa Palestina.

Di tengah gema konflik dan harapan, doa menjadi suara hati umat manusia yang paling dalam. Doa Qunut Nazilah, yang secara khusus dibacakan ketika umat Islam dihadapkan pada situasi sulit atau bencana, menjadi simbol solidaritas dan dukungan spiritual bagi saudara-saudara kita di Palestina.

Doa Palestina ini menjadi manifestasi dari kepedulian dan keinginan kuat untuk melihat perdamaian terwujud. Dengan mengangkat doa Palestina berupa Qunut Nazilah, kita mengirimkan harapan dan dukungan kepada mereka yang berjuang untuk keadilan dan kedamaian. Doa ini menjadi jembatan yang menghubungkan kita dengan Palestina, memperkuat ikatan iman dan kemanusiaan yang melampaui batas geografis.

Dalam artikel berikut ini, kami akan sampaikan bagaimana bacaan doa Palestina dalam bentuk qunut nazilah yang bisa Anda amalkan dalam ibadah solat.

Amalan Doa Qunut Nazilah

Seperti yang kita ketahui, perang antara Palestina-Israel semakin besar dan telah memporakporandakan wilayah Gaza Palestina, menyebabkan banyak korban jiwa yang sebagiannya adalah wanita dan anak-anak.

Dilansir dari liputan6.com, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengajak para masyarakat Muslim untuk mengamalkan doa qunut nazilah sebagai doa Palestina untuk mendoakan saudara-saudara kita di masa yang sulit. Doa ini dikirim terutama untuk mendoakan serta memohon keselamatan, kekuatan, dan kemampuan untuk bangsa Palestina.

"Semoga Allah SWT memberi kekuatan dan kemampuan dalam mewujudkan kemerdekaan penuh dan perdamaian abadi," tulis MUI dalam kesepakatan 7 tausiyah tentang perang Israel-Palestina.

Melansir dari NU Online, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) turut mengajak para umat muslim khususnya NU untuk mengamalkan doa qunut nazilah setiap solat fardhu.

Ini adalah salah satu bentuk usaha untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina secara moril dan spiritual saat ini.

Tentang Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut Nazilah adalah doa khusus yang dibacakan dalam shalat fardhu ketika umat Islam menghadapi musibah atau bencana. Doa ini merupakan salah satu bentuk zikir yang mengandung pujian kepada Allah dan permohonan untuk keselamatan serta perlindungan dari segala macam bencana atau musibah yang menimpa.

Qunut Nazilah dibacakan setelah ruku’ pada rakaat terakhir dalam shalat. Ini berbeda dengan Qunut Subuh yang hanya dibacakan pada shalat Subuh saja. Qunut Nazilah boleh dibacakan di semua shalat fardhu dan tidak terbatas pada situasi atau lokasi tertentu di mana musibah itu terjadi.

Pembacaan Qunut Nazilah tidak terikat pada teks tertentu. Setiap doa yang mengandung pujian dan permohonan kepada Allah dapat dibacakan. Namun, umumnya doa ini disesuaikan dengan konteks musibah yang terjadi.

Doa untuk Palestina dan Masjidil Aqsa

Untuk memberikan doa Palestina kepada masyarakat Palestina dan masjidil Aqsa, kita bisa mengamalkan doa qunut nazilah. Adapun doa Palestina ini dianjurkan untuk dibaca setiap solat fardhu ketika rakaat terakhir setelah rukuk.

Berikut ini adalah bacaan doa Palestina berupa qunut nazilah yang tercantum dalam hadist Nabi Muhammad SAW, yang kemudian diriwayatkan oleh Umar RA:

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَأَلِفَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ، وَأَصْلِحْ ذَات بَيْنِهِمْ، وَانْصُرْ عَلَى عَدُوّكَ وَعَدُوِّهِمْ اللَّهُمْ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلِ الْكِتَابِ الَّذِينَ يُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ، وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَكَ. اللَّهُمْ خَالِفٌ بَيْنَ كَلِمَتِهِمْ، وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ، وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِي لَا يُرَدُّ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ

(Allahuma maghfirlilmu’miniina wal mu’minati, wal muslimiina wal muslimaati, wal alifa bayna qulubihim, wa ashlih dzaat baynihim, wanshur alaa a’uduwka wa aduwwihim lahumul an kafarati ah lil kitaabi ladziina yukadzibuuna rasulaka, wa yuqaa tiluuna aw liyaa aka. allahumma khoolifun bayna kalimatihim, wa zalzil aqdaa mahum, wa anzil bihim ba’salkaldzii laa yurdun anilqowmil mujrimiina. bismillahirrahmanirrahiim. allahumma innanasta’iinuka).

Artinya:

“Ya Allah ampunilah dosa orang mukmin, dan mukminat, muslimin, dan muslimat, satukanlah hati-hati mereka, damaikanlah di antara mereka. Tolonglah mereka untuk mengalahkan musuhmu, dan musuh mereka. Ya Allah timpakanlah laknat kepada orang kafir ahli kitab yang telah mendustakan para utusan-Mu, dan memerangi para wali-Mu. Ya Allah, gagapkanlah ucapan mereka, pecah belahkan kekuatan mereka, dan timpakan siksa-Mu yang tidak mungkin mampu dicegah mereka. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, dan Penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu”.

Doa Qunut Nazilah Lainnya

Melansir dari Nu Online berikut ini adalah doa qunut nazilah lainnya yang bisa dibacakan oleh umat muslim.

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ

(Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruk, wa nastahdika wa nu’minubik wa natawakkalu alaik, wa nutsni alaikal khaira kullahu nasykuruka wa la nakfuruk, wa nakhla’u wa natruku man yafjuruk. Allahumma iyyaka na’budu, wa laka nushalli wa nasjud, wa ilaika nas’a wa nahfid, narju rahmataka wa nakhsya adzabak, inna adzabakal jidda bil kuffari mulhaq).

merdeka.com

Artinya:

“Tuhan Kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan salat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir”.

Doa Palestina dan Artinya, Mohon Perlindungan dan Kebaikan
Doa Palestina dan Artinya, Mohon Perlindungan dan Kebaikan

Umat muslim dianjurkan untuk mendoakan dan membantu Palestina.

Baca Selengkapnya
Doa Duduk di Antara Dua Sujud Arab Latin dan Artinya, Patut Dihafal
Doa Duduk di Antara Dua Sujud Arab Latin dan Artinya, Patut Dihafal

Duduk di antara dua sujud adalah sebuah rukun salat. Sehingga, penting untuk melakukannya dalam posisi yang tepat.

Baca Selengkapnya
Doa Penenang Hati Arab Latin dan Artinya, Baca saat Gundah
Doa Penenang Hati Arab Latin dan Artinya, Baca saat Gundah

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari perasaan galau. Salah satunya dengan berdoa.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kumpulan Doa Sehari-Hari Latin dan Artinya, Wajib Hafal dan Diamalkan
Kumpulan Doa Sehari-Hari Latin dan Artinya, Wajib Hafal dan Diamalkan

Doa-doa ini merupakan sarana untuk memohon perlindungan, petunjuk, dan rahmat dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Sedekah Subuh Latin dan Artinya, Benarkah Jadi Waktu yang Mustajab?
Doa Sedekah Subuh Latin dan Artinya, Benarkah Jadi Waktu yang Mustajab?

Sedekah Subuh adalah amalan yang dikerjakan setelah sholat Subuh. Seseorang dapat menyedekahkan hartanya di jalan Allah dengan niat ikhlas dan untuk kebaikan.

Baca Selengkapnya
Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan Latin, Mudah Dihafalkan
Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan Latin, Mudah Dihafalkan

Doa bisa membawa berkah kebaikan, bisa juga sebagai peringatan.

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam
Doa Sholat Tahajud Latin dan Artinya, Amalan Pelengkap Ibadah Malam

Usai melaksanakan sholat tahajud, ada baiknya Anda duduk sebentar untuk berzikir dan membaca doa sholat tahajud.

Baca Selengkapnya
Doa Melihat Kabah Latin dan Artinya sesuai Sunnah
Doa Melihat Kabah Latin dan Artinya sesuai Sunnah

Bacaan doa melihat kabah ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus kekaguman atas semua ciptaan-Nya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Qunut Subuh Latin dan Artinya, Begini Pandangan Imam Mazhab
Bacaan Doa Qunut Subuh Latin dan Artinya, Begini Pandangan Imam Mazhab

Qunut adalah bacaan doa yang diamalkan saat subuh atau witir. Namun, tidak semua orang mengamalkan bacaan doa ini.

Baca Selengkapnya