Doa Makan Katolik Sebelum dan Sesudah, Bentuk Rasa Syukur pada Tuhan

Selasa, 28 Juni 2022 10:30 Reporter : Andre Kurniawan
Doa Makan Katolik Sebelum dan Sesudah, Bentuk Rasa Syukur pada Tuhan ilustrasi berdoa sebelum makan. aleteia.org

Merdeka.com - Sudah seharusnya kita percaya bahwa setiap hal baik yang kita miliki berasal dari Tuhan, dan kita selalu diajarkan untuk selalu mengingat hal ini. Namun sayangnya, banyak dari kita berasumsi bahwa hal-hal baik dalam hidup merupakan hasil dari kerja kita sendiri.

Di momen ini kita lupa bahwa setiap kemampuan, kesehatan, pencapaian, dan hal baik lainnya, yang memungkinkan kita bisa menempatkan makanan di atas meja kita, merupakan hadiah dari Tuhan.

Itulah kenapa kita diajarkan untuk mengucapkan doa makan Katolik dalam aktivitas makan kita. Bacaan doa makan Katolik ini menjadi wujud rasa syukur kita terhadap nikmat dan berkat yang telah Tuhan berikan, karena belum tentu orang lain bisa merasakan kesempatan yang sama dengan apa yang kita dapat.

Dengan sering menerapkan kebiasaan membaca doa makan Katolik ini, kita juga akan lebih menghargai apa yang kita miliki. Apalagi doa-doa yang dipanjatkan juga mengandung kebaikan untuk diri sendiri dan juga untuk keluarga.

Tentu akan menjadi kebiasaan baik jika kita membiasakan diri untuk membaca doa makan Katolik dalam aktivitas makan kita. Anak-anak juga bisa diajarkan doa makan agar terbiasa dari kecil. Berikut ini kami kutip dari ayatalkitab.id dan bersamakristus.org, beberapa doa makan Katolik sebelum dan sesudah yang bisa Anda baca.

2 dari 4 halaman

Doa Makan Katolik Sebelum Makan

Doa Katolik Sebelum Makan

"Ya Yesus yang maha agung, kami di sini bermaksud mengucap syukur atas apa yang Engkau berikan di hadapan kami. Makanan yang sungguh nikmat dan masih hangat adalah sesuatu yang kami butuhkan untuk memulihkan energi yang telah habis.

Semoga dengan makanan pemberian-Mu ini dapat membuat tubuh kami menjadi kuat kembali, sehingga bisa menjadi penguat pengabdian kami, agar kami dapat meningkatkan pelayanan kepada-Mu dan kepada sesama manusia.

Kami mohon berkat-Mu kepada saudara-saudara kami yang belum berkesempatan untuk merasakan kenikmatan seperti kami, mudah-mudahan mereka dapat menikmati apa yang kami nikmati atas berkat dari-Mu. Terpujilah nama Yesus, Maria dan Yosef, selamanya. Amin."

ilustrasi makanan pembakar lemak
healthline.com

Atau bisa dengan doa makan Katolik berikut:

“Tuhan yang mahamurah, kami bersyukur atas makanan yang Kau berikan. Berkatilah makanan kami, berkatilah mereka yang menyediakannya, dan berkatilah orang-orang yang berkumpul untuk menikmatinya.

Bapa, semoga perjamuan ini dapat mengingatkan kami akan Yesus Kristus, yang telah menjadikan perjamuan sebagai sarana kehadiran-Nya. Dialah Tuhan, pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.”

3 dari 4 halaman

Doa Katolik Singkat Sebelum Makan

“Bapa, kami bersyukur dan berterima kasih atas makanan yang Engkau sediakan. Oh, Tuhan Yesus dan Roh Kudus, berkatilah makanan kami agar menyehatkan tubuh jiwa kami. Amin"

Doa Katolik Sebelum Makan untuk Anak-Anak

“Tuhan yang baik, aku bersyukur karena Engkau menyediakan makan untukku. Terima kasih atas rezeki yang kau berikan kepada keluargaku sampai saat ini. Berkatilah kami yang menyantap makanan ini supaya berguna bagi jiwa dan raga kami.

Tuhan yang mahabaik, berkatilah juga mereka yang belum menerima rejeki berupa makanan, semoga Engkau berikan kemudahan bagi mereka sehingga tidak kelaparan. Amin”

Doa Katolik Sebelum Makan Sendirian

“Tuhanku, aku bersyukur atas segala rahmat yang sudah Engkau berikan. Di depan ku ada nikmatMu berupa makanan dan minuman, Aku mohon Engkau berkati makanan ini agar berguna bagi kesehatan dan jauhkan dari mara bahaya. Doa ini aku panjatkan kepada mu Tuhan dengan pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan dan juru selamat kami. Amin”

4 dari 4 halaman

Doa Makan Katolik Setelah Makan

Doa Katolik Sesudah Makan

"Bapa yang maha pengasih, terima kasih atas rezeki yang baru saja kami nikmati. Semoga tanda kemurahan-Mu dapat menjadi peningkat kekuatan sehingga kami bisa meningkatkan pengabdian kepada-Mu juga kepada sesama manusia.

Semoga makanan yang kami santap hari ini juga menumbuhkan kerinduan terhadap Yesus Kristus, sang roti hidup yang turun dari surga. Semoga makanan dan minuman yang telah kami konsumsi bisa menjadi kebaikan bagi sesama.

Dengan segala kerendahan hati kami mohon kepada-Mu bagi saudara-saudara yang tidak makan karena puasa, sakit, miskin, tidak punya uang dan karena alasan lainnya, berkatilah mereka supaya dapat makan sebagaimana usaha pemerataan manusia.

Semua ini kami mohon dengan pertolongan Yesus, rezeki rohani yang bertahan dari hidup hingga mati. Haleluya, Amin."

Atau bisa dengan doa makan Katolik berikut:

"Ya Tuhan ku yang maha pengasih, kami bersyukur kepadaMu atas makanan dan minuman yang telah kami nikmati. Semoga kemurahanMu dapat mengingatkan kami untuk berjalan dengan petuntukMu. Terima kasih pula untuk mereka yang telah menyediakannya, semoga mereka dapat merasakan apa yang kami rasakan ini. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin"

Doa Katolik Singkat Sesudah Makan

"Kami bersyukur kepada-Mu, Tuhan yang Mahakuasa, atas semua berkat- berkat-Mu, yang hidup dan berkuasa, sekarang dan sepanjang segala abad. Amin. Semoga Tuhan mengaruniakan kepada kita damai-Nya. Dan kehidupan kekal. Amin."

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini