9 Wisata Kepulauan Seribu yang Cantik dan Eksotis, Sajikan Pesona Indah Bahari

Minggu, 22 Mei 2022 10:30 Reporter : Andre Kurniawan
9 Wisata Kepulauan Seribu yang Cantik dan Eksotis, Sajikan Pesona Indah Bahari Wisata Kepulauan Seribu. steemkr.com

Merdeka.com - Menikmati panorama pantai dan bawah laut di Indonesia tak akan lengkap jika belum mengunjungi Kepulauan Seribu. Terdiri dari sekumpulan pulau yang terletak di utara Kota Jakarta, Kepulauan Seribu menyajikan wisata bahari yang akan menyegarkan pikiran Anda dengan pesonanya.

Berkunjung ke Kepulauan Seribu, Anda akan diajak untuk berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya. Sesuai dengan namanya, Kepulauan Seribu memang memiliki banyak pulau dengan masing-masing pulau memiliki daya tariknya tersendiri.

Melalui penjelajahan antar pulau, Anda juga dapat menikmati keindahan dan kemisteriusan laut beserta isinya. Berkunjung ke tempat wisata Kepulauan Seribu akan menjadi pilihan yang menarik dan seru untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Berikut ini, kami akan menyampaikan beberapa tempat wisata Kepulauan Seribu yang bisa menjadi rekomendasi jika ingin berwisata di sana.

2 dari 4 halaman

Pulau Tidung

wisata pulau seribu
indonesia.travel

Wisata Kepulauan Seribu yang pertama adalah Pulau Tidung. Melansir dari indonesia.travel, Pulau Tidung memiliki 2 pulau, yaitu Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh Jembatan Cinta.

Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni yang memiliki fasilitas umum yang terbilang lengkap. Sedangkan, Pulau Tidung Kecil adalah kawasan tidak berpenghuni yang dijadikan untuk penelitian dan konservasi hutan bakau (mangrove).

Meski begitu, Anda dapat melakukan aktivitas seperti snorkeling serta diving di Pulau Tidung Kecil. Air lautnya yang jernih dan bebas polusi juga menjadi pelengkap dari perjalanan Anda.

Pulau Bidadari

Wisata Kepulauan Seribu yang kedua yakni Pulau Bidadari. Pulau ini tampaknya memiliki sejarah tersendiri karena sempat dijadikan sebagai tempat pengasingan orang sakit ketika zaman penjajahan Belanda. Itulah kenapa Pulau Bidadari ini sempat bernama Pulau Purmered atau Pulau Sakit.

Di pulau ini Anda bisa melakukan kegiatan seru seperti banana boat, jetski, dan kano. Untuk penginapan, Anda dapat mencoba menginap di eco-friendly resort. Resort ini didesain layaknya perkampungan nelayan Minahasa di Sulawesi Utara yang mengapung di atas laut.

Pulau Pelangi

wisata kepulauan seribu

exploreseribu.com

Wisata Kepulauan Seribu yang ketiga yaitu Pulau Pelangi. Berada di ujung utara Kepulauan Seribu, di Pulau Pelangi kita dapat menikmati air sejernih kristal yang dihiasi pasir putih. Pulau ini juga ramah untuk anak-anak karena pantainya yang landai, adanya pemecah ombak di beberapa bagian, serta penanda aman kedalaman untuk menyelam.

Anda dapat bersantai bersama keluarga di hamparan pasir putih di pulau ini. Anak-anak juga akan menyukai pasir putih di sini layaknya bermain di bak pasir yang luas. Jika lapar, Anda bisa pergi ke restoran apung, yang akan menjadikan pengalaman makan malam jadi terasa unik sekaligus romantis.

3 dari 4 halaman

Pulau Onrust

Wisata Kepulauan Seribu yang keempat adalah Pulau Onrust. Nama Onrust berasal dari Bahasa Belanda, yang artinya tidak pernah beristirahat. Dinamakan demikian karena di zaman penjajahan Belanda, Pulau Onrust adalah pusat pergudangan dan tempat hilir mudik kapal Angkatan Laut Belanda.

Tapi sejak tahun 1972, Pulau Onrust diresmikan sebagai Cagar Budaya oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu, Ali Sadikin. Dan hingga kini, pulau tersebut menjadi salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu.

wisata pulau seribu
indonesia.travel

Wisata misteri yang menjadi saksi bisu atas terjadinya berbagai peristiwa bersejarah yang ada di Pulau Onrust memiliki penggemar yang cukup banyak. Anda juga bisa melihat sisa-sisa benteng pertahanan milik Belanda yang ada di sekitar pesisir pantai Pulau Onrust.

Namun, pulau ini tidak memiliki penginapan, jadi jika ingin bermalam, Anda dapat melakukan camp bersama teman.

Pulau Ayer

Wisata Kepulauan Seribu yang kelima yakni Pulau Ayer. Keunikan pulau ini adalah resortnya yang mengusung tema rumah adat Papua, yaitu Honai, dan mengapung di atas laut. Dulunya, Presiden Soekarno hingga raja-raja Banten menjadikan pulau ini sebagai tempat peristirahatan.

Fasilitas di Pulau Ayer tergolong lengkap. Anda bisa mendapatkan penginapan murah hingga resort, variasi wisata air yang menarik, toko-toko cendera mata serta jadwal kapal yang cukup banyak menuju untuk Pantai Marina Ancol.

Pulau Macan

wisata kepulauan seribu

travel.earth

Pulau Macan memiliki konsep yang berbeda dengan pulau lain di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau ini mengusung konsep eco-resort, sehingga Anda akan menemukan banyak resort ramah lingkungan dengan fasilitas lengkap di pulau ini. Keunikan lain dari pulau ini juga akan muncul ketika air laut mulai surut. Pada saat itu, Anda akan melihat munculnya pulau lain, yang disebut Pulau Macan Kecil. Anda juga dapat mengunjunginya dengan menyeberang dengan berjalan kaki.

4 dari 4 halaman

Pulau Putri

Pulau Putri akan mengajak Anda menikmati keindahan bawah laut tanpa harus menyelam atau basah-basahan. Ini karena Pulau Putri memiliki akuarium bawah laut yang sekaligus menjadi satu-satunya di kawasan Kepulauan Seribu. Selain mengunjungi akuarium tersebut, Anda juga dapat berkeliling pulau dengan glass bottom boat, yaitu kapal yang lantai kabinnya terbuat dari kaca.

Pulau Pari

Pulau Pari dikenal dengan wisata Pantai Pasir Perawan dan terumbu karang yang sangat memesona. Tak hanya itu, Anda juga dapat bersantai menikmati cantiknya panorama sunset dan sunrise di pulau ini.

Untuk hiburan, Anda bisa mencoba berbagai kegiatan seperti watersport, menanam bakau, bersepeda, snorkeling, diving, atau berkunjung ke lembaga penelitian biota laut milik LIPI.

Pulau Pramuka

wisata pulau seribu
indonesia.travel

Wisata Kepulauan Seribu yang terakhir yaitu Pulau Pramuka. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut dengan aktivitas seperti snorkeling atau diving di Pulau Pramuka dan pulau sekitarnya.

Selain itu, Anda juga dapat menenangkan pikiran dan bersantai sambil berjemur di tepi pantai, berenang, bermain voli, atau mengunjungi wisata edukasi di penangkaran penyu sisik.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini