9 Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan, Baik untuk Jaga Kesehatan Mental

Selasa, 14 Desember 2021 12:15 Reporter : Andre Kurniawan
9 Manfaat Kucing sebagai Hewan Peliharaan, Baik untuk Jaga Kesehatan Mental ilustrasi kucing. pdsa.org.uk

Merdeka.com - Apakah Anda memiliki kucing di rumah? Jika iya, maka Anda beruntung, karena hewan ini tidak hanya menjadi peliharaan yang menggemaskan. Namun, juga bisa sangat bermanfaat, khususnya bagi kesehatan mental Anda.

Manfaat kucing sebagai hewan peliharaan dapat menjadi sumber dukungan emosional bagi pemiliknya. Hewan lucu berbulu ini bisa menjadi teman yang baik dan membuat hidup Anda jadi lebih bahagia dan lebih sehat.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, hanya dengan menonton video kucing saja sudah cukup untuk meningkatkan energi Anda. Manfaat kucing sebagai peliharaan bisa menjadi teman yang penuh kasih sayang. Bahkan, dengan dengkurannya di sebelah Anda dapat menciptakan emosi positif dan efek menenangkan.

Seekor kucing dinilai memiliki kemampuan untuk menenangkan sistem saraf Anda dan memberikan Anda sosok untuk untuk bersenang-senang dan bermain. Meskipun kucing adalah hewan mandiri yang suka mengais dan menjelajah, mereka juga sangat menyayangi pemiliknya dan orang yang mereka percayai.

Dilansir dari catonsvillecatclinic.com, berikut kami sampaikan apa saja manfaat kucing sebagai hewan peliharaan yang baik untuk kesehatan Anda.

2 dari 5 halaman

Menurunkan Stres Dan Kecemasan

Manfaat kucing sebagai hewan peliharaan yang pertama adalah dapat menurunkan stres dan rasa cemas Anda. Mengelus atau bermain dengan kucing dapat melepaskan semua zat kimia yang tepat di otak. Ada juga bukti bahwa dengkuran kucing dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengendurkan sistem saraf.

ilustrasi kucing
thepetproject.in

Mereka juga membantu menghilangkan stres dan memberikan manfaat anti-kecemasan bagi pemiliknya. Kucing umumnya adalah hewan peliharaan yang memiliki perawatan rendah, sehingga tidak membuat stres bagi pemiliknya.

Ini menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan yang ideal bagi mereka yang kesulitan jika harus menangani perawatan hewan peliharaan yang ketat.

Meningkatkan Kebahagiaan

Manfaat kucing sebagai hewan peliharaan yang kedua yaitu untuk meningkatkan kebahagiaan Anda. Menurut sebuah penelitian, pemilik kucing cenderung memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Selain itu, merawat dan bermain dengan kucing dapat memberi Anda kepuasan.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kucing sebagai hewan peliharaan yang ketiga yakni dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kucing dapat menurunkan tingkat stres, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Satu studi menunjukkan bahwa orang yang memiliki kucing lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung daripada mereka yang tidak memiliki kucing.

3 dari 5 halaman

Persahabatannya Meredakan Rasa Sepi

Manfaat kucing sebagai hewan peliharaan yang keempat adalah untuk meredakan rasa kesepian. Kucing bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat penyayang, dan mereka dapat mengurangi perasaan kesepian dengan memenuhi kebutuhan Anda akan persahabatan. Menurut sebuah penelitian di Austria, memiliki kucing hampir setara dengan memiliki pasangan romantis.

Mereka memulai kontak dan melakukan kontak mata dengan pemiliknya.Hal ini menciptakan semacam koneksi yang mirip dengan interaksi manusia. Memiliki hewan peliharaan yang membuat kontak dan bergantung pada Anda dapat membantu orang yang merasakan kesepian merasa lebih baik dan memberikan semangat.

Meningkatkan Kualitas Tidur

di atas karpet©Wallpoper

Manfaat kucing sebagai hewan peliharaan yang kelima yaitu untuk membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Tidur dengan kucing dapat meningkatkan kualitas tidur. Beberapa penelitian menemukan bahwa beberapa pemilik kucing lebih suka tidur dengan kucing mereka daripada pasangannya karena mereka tidur lebih nyenyak. Oleh karena itu, memiliki kucing yang tidur di tempat tidur bersama dengan Anda dapat memberikan rasa nyaman, yang meningkatkan kualitas tidur.

Dukung Pemulihan Penyakit Mental

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan mental, seperti PTSD dan depresi. Hewan peliharaan, termasuk kucing, membantu pemiliknya mengelola emosinya dan mengalihkan perhatiannya dari gejala penyakit mental.

Selain itu, kucing membuat pemiliknya merasa dibutuhkan. Memiliki hewan peliharaan untuk dirawat memberi pemilik hewan tersebut rasa tujuan, dan ini dapat membantu meringankan gejala depresi ringan. Tindakan merawat secara positif dapat mempengaruhi kesehatan mental.

4 dari 5 halaman

Redakan Infeksi

ilustrasi kucinginsider.com

Dengkuran kucing adalah terapi bagi manusia. Ini adalah suara yang sangat menenangkan yang berguna menurunkan stres dan memiliki kemampuan penyembuhan pada infeksi, tulang, dan otot. Kucing mendengkur dalam kisaran 20-110 Hz, yang memiliki efek positif pada kesehatan.

Sebagai Terapi di Masa Sulit

Kucing menjadi hewan terapi hebat yang dapat membantu orang mengatasi penyakit mental dan kehilangan dengan lebih baik. Kucing dapat membantu orang yang berduka untuk mengatasi kehilangan mereka dengan lebih mudah. Mereka memberikan efek terapi ringan dan berfungsi sebagai dukungan emosional yang sederhana di masa-masa sulit.

Mencegah Alergi

Manfaat kucing sebagai hewan peliharaan yang berikutnya yaitu dapat membantu mencegah alergi. Kucing dapat membantu anak-anak mengatasi alergi mereka. Bulu kucing dianggap sebagai alergi umum.

Tapi, paparan kucing sejak dini untuk anak-anak akan membantu mereka mengembangkan sistem kekebalan yang kuat tidak hanya terhadap alergi kucing tetapi juga jenis alergi lainnya. Menurut sebuah penelitian tahun 2002, anak-anak di bawah satu tahun lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi setelah terpapar kucing.

 

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Harga Diri

Menurut penelitian, pemilik kucing cenderung memiliki harga diri yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Mungkin karena kucing berfungsi sebagai dukungan sosial yang membantu orang dalam bangkit meningkatkan harga diri menjadi lebih baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan 97 mahasiswa menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat membuat orang merasa lebih baik setelah mengalami penolakan.

Membantu Membangun Kebiasaan Sehat

Tindakan pengasuhan membantu kita membangun kebiasaan sehat. Kucing perlu diberi makan dan dirawat secara teratur. Hal ini membantu pemilik kucing membuat rutinitas untuk merawatnya, apa pun suasana hatinya.

Mereka memberi orang alasan untuk bangun dan merawat peliharaan mereka dan, lebih jauh lagi, menjaga diri mereka sendiri. Merawat hewan peliharaan Anda dapat berfungsi sebagai pengingat untuk merawat diri sendiri juga.

Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi

Memiliki kucing dapat membantu orang dalam hubungan merak pada orang lain. Orang yang memiliki hewan peliharaan merasa kurang stres untuk bersosialisasi dengan orang lain. Hewan peliharaan juga mendukung koneksi sosial. Misalnya, pemilik hewan peliharaan sering kali terikat dengan cepat karena mereka memiliki topik yang sama untuk didiskusikan.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini