Bahaya Kelebihan Protein bagi Tubuh, Sebabkan Penyakit Serius

Rabu, 8 April 2020 14:00 Reporter : Andre Kurniawan
Bahaya Kelebihan Protein bagi Tubuh, Sebabkan Penyakit Serius Protein. iStockphoto

Merdeka.com - Protein adalah bagian penting dari kesehatan tubuh manusia. Nutrisi ini membantu membangun dan memperbaiki otot, organ, dan tulang. Itulah kenapa diet tinggi protein cukup digemari. Selain alasan manfaat nutrisinya, diet ini juga terbukti membantu mengurangi lemak, menurunkan berat badan, meningkatkan rasa kenyang, hingga mempertahankan otot.

Namun, diet tinggi protein juga dikaitkan dengan beberapa risiko yang penting untuk diperhatikan. Pakar gizi tidak menganjurkan untuk mengonsumsi protein melebihi jumlah harian yang disarankan.

Mengonsumsi sejumlah besar suatu nutrisi untuk jangka waktu yang lama biasanya disertai dengan risiko, seperti halnya dengan protein. Konsumsi protein yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan risiko komplikasi kesehatan tertentu.

Penting untuk memahami masalah kesehatan terkait dengan kelebihan protein dalam tubuh, terutama jika Anda sudah mengikuti diet tinggi protein ini dalam jangka waktu yang lama.
Dilansir dari healthline.com, berikut beberapa akibat kelebihan protein yang bisa menyebabkan penyakit serius.

2 dari 2 halaman

Bahaya Kelebihan Protein bagi Tubuh

gendut dan kurus
everydayfeminism.com

Berat Badan Bertambah

Akibat kelebihan protein yang pertama dapat menaikkan berat badan. Diet tinggi protein memang dapat menurunkan berat badan, tetapi mungkin hanya bersifat jangka pendek.

Kelebihan protein yang dikonsumsi biasanya disimpan sebagai lemak, sedangkan kelebihan asam amino akan diekskresikan. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu, terutama jika Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori ketika mencoba meningkatkan asupan protein.

Bau Mulut

Akibat kelebihan protein yang kedua dapat menyebabkan bau mulut. Mengonsumsi protein dalam jumlah besar dapat menyebabkan bau mulut, terutama jika Anda membatasi asupan karbohidrat.

Ini bisa disebabkan karena tubuh Anda sedang mengalami ketosis, yang menghasilkan bahan kimia yang mengeluarkan bau buah yang tidak menyenangkan. Anda perlu meningkatkan asupan air, menyikat gigi lebih sering, dan mengunyah permen karet untuk mengatasi dampak ini.

Sembelit

Akibat kelebihan protein yang ketiga dapat menyebabkan sembelit. Ini karena diet tinggi protein yang membatasi karbohidrat biasanya rendah serat. Dengan meningkatkan asupan air dan serat dapat membantu mencegah sembelit.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini