8 Manfaat Jahe dan Madu untuk Kesehatan, Jaga Imunitas Tubuh

Sabtu, 30 Mei 2020 15:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
8 Manfaat Jahe dan Madu untuk Kesehatan, Jaga Imunitas Tubuh Ilustrasi jahe dan madu. ©Cukzy

Merdeka.com - Siapa yang tidak mengenal jahe dan madu, keduanya merupakan bahan alami yang akrab dengan kehidupan manusia. Tak hanya dijadikan sebagai bumbu atau bahan tambahan pada berbagai macam kuliner khas nusantara, jahe dan madu juga sering kali dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menjaga imunitas tubuh.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa madu merupakan cairan yang dihasilkan dari lebih dengan khasiat yang luar biasa seperti antibiotik, antiviral, dan antiinflamasi. Sedangkan jahe merupakan salah satu bumbu dapur dengan segudang khasiatnya yang sudah teruji dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri. Senyawa tersebut juga diduga bisa bekerja baik di otak dan sistem saraf guna meredam rasa mual.

Dengan demikian bisa dibilang jahe dan madu merupakan perpaduan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Lebih lanjut mengenai manfaat jahe dan madu, berikut 8 manfaat jahe dan madu untuk kesehatan yang telah dirangkum merdeka.com dari berbagai sumber pada Sabtu, (30/5/2020).

1 dari 8 halaman

1. Meredahkan Gejala Batuk dan Tenggorokan Sakit

ilustrasi batuk

©medicalnewstoday.com

Manfaat jahe dan madu yang pertama dapat meredakan gejala batuk dan tenggorokan sakit. Secara umum, kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat antiperadangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan. Kamu bisa menambahkan madu ke dalam ramuan jahe yang hendak kamu buat agar rasanya lebih manis dan manfaatnya lebih terasa.

2 dari 8 halaman

2. Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat jahe dan madu berikutnya dapat menjaga imunitas tubuh. Jika kamu ingin sistem imun tetap prima, maka konsumsi jahe dengan tambahan madu secara rutin akan sangat membantu menjaga kebugaran tubuh. Hal ini lantaran jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun.

3 dari 8 halaman

3. Meredakan Nyeri Haid

ilustrasi sakit perut

©iStockphoto

Ketika sedang haid, mengonsumsi jahe dan madu merupakan pilihan yang tepat. Dilansir dari berbagai artikel kesehatan, sejumlah peneliti membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita.

Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat. Kamu bisa meminum perasan jahe dengan tambahan madu agar lebih segar dan manfaatnya lebih terasa, konsumsi secara rutin selama dua hari berturut-turut. Kamu akan merasakan, nyeri yang begitu menyiksa akan hilang.

4 dari 8 halaman

4. Menyembuhkan Sakit Kepala

kepala

©2015 Merdeka.com/shutterstock

Sifat analgesik yang terdapat pada madu dapat membuat sakit kepala yang kamu alami dapat teratasi. Selain itu, jahe yang dicampurkan dalam ramuan madu dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan. Selain itu, mengonsumsi madu dan jahe dapat membuat pikiran jauh lebih rileks, hal ini tentu saja dapat mengurangi risiko mengalami sakit kepala.

5 dari 8 halaman

5. Detoksifikasi Tubuh

Madu mengandung enzim alami dan antioksidan yang dapat membasmi racun yang menumpuk dalam darah. Senyawa tersebut pun mengoptimalkan fungsi organ ekskretoris dan mengurangi risiko kerusakan sel. Kamu bisa menambahkan madu ke dalam wedang jahe yang kamu buat agar lebih segar dan kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

6 dari 8 halaman

6. Meredakan Sakit Otot

Terkadang orang merasakan badan terasa sangat sakit usai melakukan beberapa aktivitas. Obat yang sangat ampuh mengatasi ini adalah dengan mengonsumsi jahe dengan campuran madu. Dilansir dari berbagai sumber, menurut studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, jahe memiliki efek antiperadangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot. Dalam penelitian tersebut, para ahli melakukan riset terhadap 74 orang untuk melakukan beberapa latihan fisik.

7 dari 8 halaman

7. Menghilangkan Jerawat

011 tantri setyorini

©Shutterstock

Selain bersifat anti-nyeri, jahe juga memiliki efek antiinflamasi yang biasanya terkandung pada kapsul atau pil-pil antijerawat. Kandungannya itu bisa mengatasi jerawat dengan cepat tanpa meninggalkan bekas. Cara menggunakannya, jadikan jahe sebagai masker dengan tambahan madu, atau cukup totolkan pada bagian wajah yang berjerawat.

8 dari 8 halaman

8. Menghilangkan Kantung Mata Hitam

mata

©The Pretty Pimple/AdobeStock

Kantung mata memang sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi kantung mata tersebut, kamu bisa menggunakan jahe dengan cara rutin mengompres mata dengan perasan jahe  yang dicampur dengan madu dan kemudian  dibekukan. Jika kamu menggunakannya secara rutin, maka masalah kantung mata akan teratasi. Bagian mata terasa lebih segar dan cerah kembali. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini