5 Cara Investasi Emas di Pegadaian yang Mudah dan Menguntungkan

Rabu, 10 Juni 2020 08:33 Reporter : Novi Fuji Astuti
5 Cara Investasi Emas di Pegadaian yang Mudah dan Menguntungkan Ilustrasi emas. ©2014 Merdeka.com/www.topgoldinvestment.com

Merdeka.com - Dalam dunia investasi, emas kerap kali dinilai sebagai salah satu investasi paling menguntungkan selain investasi seperti saham, reksa dana, deposito, rumah dan sebagainya.

Jika menyimpan emas di rumah merasa kurang aman, kamu bisa mencoba menyimpannya dengan banyak cara salah satunya dengan menyimpan emas di perusahaan negara seperti Pegadaian.

Tidak perlu khawatir akan kesulitan saat mulai berinvestasi emas di Pegadaian karena caranya sangat mudah dan tentu saja menguntungkan. Beberapa cara tersebut bisa kamu pelajari dalam uraian berikut ini yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Selasa, (09/06/2020).

2 dari 6 halaman

1. Menitip

Cara investasi emas salah satunya dengan menitip. Dalam hal ini Pegadaian membuka layanan jasa penitipan emas, sehingga kamu bisa menitipkan emas yang dimiliki, dengan aman dan terjamin serta biaya yang murah. Emas yang kamu simpan di Pegadaian diasuransikan, jadi kamu tidak perlu khawatir emasmu akan hilang.

Adapun biaya jasa penitipan emas di Pegadaian cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per 100 gram tiap bulan. Jadi, kalau kamu menitipkan emas seberat 1 kilogram (kg) maka biaya tiap bulannya senilai Rp 200.000.

3 dari 6 halaman

2. Tabungan Emas

Konsep tabungan emas maksudnya adalah kamu membeli emas dan dititipkan di Pegadaian dan bisa mencairkannya, sehingga bisa diartikan kamu mengambil tabungan. Tentu saja produk ini semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat lantaran hanya dengan minimal Rp 5.000 dan Rp 10.000, kamu sudah investasi emas seberat emas 0,01 gram.

Harga emas di tabungan emas akan disesuaikan dengan harga ketika transaksi dilakukan kali pertama dan kamu akan menabung mulai berat emas terendah. Jika kamu ingin mencairkan tabungan emas maka harganya akan disesuaikan dengan saat itu.

4 dari 6 halaman

3. Mencicil

Selain dengan menabung emas, investasi emas juga bisa dilakukan dengan cara mencicil. Dalam hal ini kamu bisa mencicil emas di Pegadaian. Dengan hanya tinggal datang ke kantor Pegadaian terdekat untuk memilih logam mulia yang diinginkan.

Namun sebelumnya kamu harus membayar uang muka (DP) yang besarannya antara 20-30 persen dari nilai emas. Selanjutnya, menentukan lamanya jangka waktu cicilan antara 1 bulan hingga 36 bulan dan jumlah cicilan. Tenor cicilan ini berkorelasi dengan besarnya jumlah cicilan.

Setelah menentukan semua itu dan cicilan dilunasi, kamu bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan. Oh ya, selain datang langsung ke kantor Pegadaian, kamu juga bisa melakukan cicilan emas ini secara online, dengan mengunjungi website Pegadaian.

5 dari 6 halaman

4. Arisan Emas

Cara lain untuk menyimpan atau investasi emas adalah melakukan arisan logam mulia di Pegadaian. Kamu dapat mengikuti program ini dengan mengajukan permohonan ke kantor Pegadaian terdekat atau dengan membentuk kelompok yang terdiri dari minimal enam orang atau lebih.

Dalam program ini, akan dilakukan pengundian setiap bulan untuk mendapat satu keping emas. Adapun pemesanan dalam satu kali undian minimal sebesar 1 gram dan maksimal tak terbatas. Tapi sebaiknya kamu mengomunikasikan kemampuan anggota untuk menentukan berat emas yang dipesan agar tidak membebani biaya bulanan.

Selain itu, tidak perlu khawatir mengenai fluktuatifnya harga karena Pegadaian menerapkan harga flat, sehingga naik atau turunnya harga emas tidak akan memengaruhi harga emas di program ini karena tidak akan berubah sejak awal perjanjian.

6 dari 6 halaman

5. Gadai Emas

Jika kamu membutuhkan uang tapi tidak ingin menjual emas yang kamu miliki, maka kamu bisa menitipkan dengan cara gadai ke Pegadaian. Adapun nilai peminjaman yang bisa kamu dapatkan dari gadai emas ini sebesar 85% dari harga emas. Jadi, jika emas kamu ditaksir senilai Rp 1 juta maka dana pinjaman yang kamu dapatkan Rp 850.000.

Penitipan emas di Pegadaian selama empat bulan, namun dapat diperpanjang dengan tambahan biaya sewa. Biaya gadai dihitung per 10 hari masa pinjaman di Pegadaian syariah, sedangkan Pegadaian konvensional per 15 hari. Selain biaya gadai, kamu juga bakal dikenakan biaya administrasi.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini