4 Manfaat Jus Tomat untuk Diet, Berikut Cara Membuatnya

Jumat, 20 Agustus 2021 15:51 Reporter : Novi Fuji Astuti
4 Manfaat Jus Tomat untuk Diet, Berikut Cara Membuatnya Ilustrasi tomat. huffingtonpost

Merdeka.com - Tomat merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika. Tanaman tomat merupakan golongan herba semusim, tingginya dapat mencapai 2,5 meter, ditanam sebagai tanaman buah di ladang, pekarangan, atau ditemukan liar pada ketinggian 1-600 mdpl.

Buah tomat terkenal mengandung vitamin A dan C, serta senyawa anti penyakit yang baik untuk kesehatan terutama likopen. Likopen merupakan zat warna merah yang paling banyak terdapat pada buah tomat.

Selain itu, buah tomat juga mengandung saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid, protein, vitamin B1, vitamin B2 dan masih banyak lainnya. Tomat dapat konsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi jus.

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, mengonsumsi jus tomat bisa jadi salah satu cara ampuh untuk memaksimalkan proses diet kamu. Berikut ini informasi lengkap mengenai 4 manfaat jus tomat untuk diet, lengkap dengan cara membuatnya telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Tomat untuk Diet

1. Mengecilkan Ukuran Pinggang
Manfaat jus tomat untuk diet yang pertama adalah mengecilkan ukuran pinggang. Hal ini sejalan dengan hasil sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal nutrition yang mengamati sekitar 25 wanita sehat berusia rata-rata 20 sampai 30 tahun. Mereka diminta minum segelas jus tomat setiap hari dan peneliti mengamati penurunan lingkar pinggang.

Ukuran lingkar pinggang wanita tersebut diketahui menurun hingga satu inci, kebanyakan wanita juga mengalami pengurangan lemak setelah dua bulan rutin mengonsumsi jus tomat. Selain mengecilkan lingkar pinggang, banyak penelitian yang juga mengungkap bahwa minum jus tomat bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan depresi.

2. Mengurangi Kadar Lemak
Manfaat jus tomat untuk diet berikutnya adalah mengurangi kadar lemak. Buah tomat terkenal mengandung banyak vitamin serta zat lainnya yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat menyeimbangkan kadar lemak dalam tubuh serta menjadikan tubuh kamu tidak gendut. Jus tomat mengandung banyak vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, C, K, folat, potasium, serat, dan air.

Ini membuat jus tomat menjadi salah satu minuman alami yang kaya nutrisi bagi semua orang. Sodium, lemak jenuh, dan kolesterol dalam jus tomat juga rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh siapa saja. Tak hanya itu, jus tomat juga memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Tomat untuk Diet yang Sehat

ukur berat badanilustrasi turun berat badan ©2012 Merdeka.com

3. Menurunkan Berat Badan
Manfaat jus tomat untuk diet selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Bagi kamu yang tengah berusaha menurunkan berat badan dengan diet, jus tomat bisa jadi solusi yang tepat. Meminum jus tomat secara teratur adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan.

Jus tomat memiliki tingkat kalori yang rendah dan tak akan menggemukkan. Selain itu, jus tomat juga membuat kamu kenyang dan kandungan nutrisi di dalamnya membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Mengonsumsi jus tomat tak hanya membuat kamu sehat, tetapi juga tetap langsing.

4. Terhindar dari Kolesterol Jahat
Manfaat jus tomat untuk diet juga dapat terhindar dari kolesterol jahat. Saat ini semakin banyak orang yang khawatir dengan kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Jus tomat bisa membantu kamu untuk mengatasinya. Jus tomat yang kaya akan niacin akan mengontrol jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Serat yang terkandung di dalamnya juga membantu menghilangkan kolesterol jahat.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Jus Tomat Peluntur Lemak

ilustrasi jus tomat©Shutterstock.com/Vaclav Mach


Bahan-bahan:
150 g tomat merah
200 g wortel
20 g buah bit
2 buah cabai merah
1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat:

  1. Untuk mempercepat proses, ambil sari tomat, wortel, bit, dan cabai menggunakan mesin juice extractor.
  2. Jika memakai blender, haluskan bahan-bahan tersebut dengan tambahan sedikit air. Saring jus, buang ampasnya dan ambil sari (airnya) saja.
  3. Campur dengan air jeruk lemon, aduk-aduk sampai tercampur rata.
  4. Jus tomat peluntur lemak siap disajikan.

Catatan :
Jus tomat untuk diet ini sebaiknya diminum malam hari menjelang tidur agar proses pelunturan lemak bisa berjalan saat anda tertidur.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini