4 Blogger Keren Indonesia yang Wajib Diketahui, Terbaik dan Inspiratif

Rabu, 30 September 2020 06:14 Reporter : Novi Fuji Astuti
4 Blogger Keren Indonesia yang Wajib Diketahui, Terbaik dan Inspiratif Blogger. © Trxpert.com

Merdeka.com - Berada di tengah perkembangan teknologi yang semakin modern membuat banyak orang berpikir keras bagaimana memanfaatkan perkembangan tersebut untuk menghasilkan uang. Salah satu cara menghasilkan uang dengan memanfaatkan perkembangan teknologi adalah dengan menjadi blogger.

Untuk membuat blog yang menghasilkan uang memang bukan sesuatu hal yang mudah. Perlu usaha yang ulet mulai dari rajin mencari informasi dan menulis hingga desain blogger yang tidak monoton.

Salah satu cara yang paling mudah jika kamu ingin berkarier sebagai blogger adalah dengan mencari tahu sebanyak mungkin atau menimba ilmu dari blogger yang sudah terkenal akan kontennya yang menarik dan dibaca banyak orang.

Dari mereka kamu bisa belajar bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan pundi-pundi rupiah baik dengan mengikuti blog dan membaca kontennya secara rutin maupun menghadiri kelas atau seminar yang diisi para blogger tersebut.

Jika kamu belum memiliki gambaran mengenai siapa saja blogger yang harus kamu ikuti agar skill ngeblog yang kamu miliki jadi semakin berkembang, maka simaklah informasi mengenai 4 blogger keren Indonesia berikut ini yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan lifepal.co.id.

2 dari 5 halaman

1. Gita Savitri Devi

gitasav
instagram.com/@gitasav

Blogger keren Indonesia yang pertama adalah Gita Savitri Devi. Beberapa tahun ini nama Gita Savitri Devi santer diberitakan di Tanah Air sebagai mahasiswi asal Indonesia yang kuliah di Jerman.

Gita, sapaan akrabnya, telah menjadi inspirasi banyak kaum muda Indonesia. Meskipun lebih terkenal sebagai Youtuber, namun ternyata Gita juga memiliki blog yang kontennya tak kalah menarik dari konten-kontennya di Youtube.

Sebagai orang yang aktif mengampanyekan isu seputar perempuan, ada banyak tulisan di blognya A CUP OF TEA yang layak untuk dibaca. Bahkan tak hanya isu soal perempuan, Gita juga kerap menulis tentang kesehatan mental, pemerintahan, dan beragam hal lain yang meresahkan pikirannya. Meskipun konten dalam blognya terlihat serius, namun kalimat-kalimat yang dipilih oleh Gita sangat mudah dipahami siapa pun yang membacanya.

Bagi kamu yang ingin menuangkan pikiran-pikiran kritis kamu ke dalam blog, tak ada salahnya menjadikan blog miliki Gita sebagai salah satu acuannya.

3 dari 5 halaman

2. Bobby Ertanto

bobby ertantoinstagram.com/@virustraveling

Blogger keren Indonesia berikutnya adalah Bobby Ertanto yang terkenal memiliki beberapa blog yang dia kelola bersama teman blogger lainnya. Namun, beberapa blog miliknya yang paling dikenal adalah www.virustraveling.com yang dikelola sejak tahun 2008 dan www.liburmulu.com.

Sesuai dengan namanya, Bobby adalah travel blogger. Passionnya memang jalan-jalan. Namun, Bobby juga rupanya punya cara unik sebagai full-time blogger. Sebab, dia tak hanya mengandalkan konten sponsor sebagai penghasilan utama.

Selepas lulus dari S2, Bobby Ertanto mundur dari pekerjaan di salah satu perusahaan manufaktur ternama Indonesia. Dia mengelola blognya sembari mendirikan bisnis travel agent. Padahal dari blog saja, dia bisa dapat penghasilan sebesar Rp 6 juta sampai Rp 10 juta setiap bulannya.

Bobby ternyata punya tips buat kamu yang ingin mengembangkan blog agar makin ramai. Bobby tidak sekadar menampilkan konten yang ciamik tetapi juga mengandalkan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Teknik tersebut memungkinkan laman blog kamu bakal naik ke halaman satu mesin pencari seperti Google. Dengan demikian, orang-orang yang sebelumnya awam dengan dunia blogger sekali pun tetap bisa menikmati informasi yang kamu berikan.

4 dari 5 halaman

3. Raditya Dika

ramai artis tv masuk youtube ini tanggapan raditya dikaYoutube/Raditya Dika ©2020 Merdeka.com

Siapa yang tidak kenal Raditya Dika? Ayah satu orang anak ini merupakan seorang penulis, pelawak, aktor, pemeran, model dan sutradara terkenal. Di Indonesia, Raditya Dika dikenal sebagai penulis buku-buku jenaka. Tulisan-tulisan itu berasal dari blog pribadinya yang kemudian dibukukan.

Konten yang disajikan dalam blognya tak jauh berbeda dari apa yang ia sajikan dalam akun Youtubenya, yakni konten yang bersifat personal dan jenaka. Tak heran banyak pembaca yang mengikutinya di radityadika.com

5 dari 5 halaman

4. Indah Julianti Sibarani

indah juliinstagram.com/@indahjuli

Nama Indah Julianti Sibarani sudah tak asing lagi di dunia per-blogging-an. Pasalnya, wanita yang akrab disapa IndJul ini merupakan salah satu pentolan komunitas blogger Emak2Blogger. Sebenarnya Indah Julia bisa dibilang dedengkot blogosphere (sebutan buat dunia per-blogging-an).

Indah pertama kali menulis blog di Geocities tahun 2003. Namun, pada saat itu ia masih bekerja sebagai Creative Content di salah satu televisi ternama di Indonesia. Saat itu, dia pun belum terpikir buat memonetasi blognya.

Yang unik kemudian adalah, Indah Julianti ternyata resign bukan karena ingin jadi full-time blogger. Justru awalnya dia memang hanya ingin break dari kerja kantoran dan fokus menulis buku. Namun, selama itu dia masih aktif menulis blog. Bahkan, di tahun 2010, dia sudah dapat beberapa job untuk dipublikasikan di blognya.

Akhirnya, Indah Julia memutuskan fokus pada niche parenting di blog www.indahjulianti.com. Indah menuturkan, para blogger buat menentukan niche blog mereka agar tak campur-aduk.

Bahkan, Indah rela menolak tawaran konten sponsor bila tidak sesuai dengan tema blognya. Indah Julia bisa memperoleh bayaran lebih dari Rp 3 juta dari satu tulisan aja pada tahun 2016, dan kini dipastikan terus bertambah setiap tahunnya.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Blogger
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini