19 Mei 1955 : Kelahiran James Gosling, Pencipta Bahasa Pemrograman Java

Kamis, 19 Mei 2022 07:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
19 Mei 1955 : Kelahiran James Gosling, Pencipta Bahasa Pemrograman Java ilustrasi teknologi. i-scoop.eu

Merdeka.com - James Gosling terkenal sebagai seorang pengembang perangkat lunak yang populer sebagai pencipta bahasa pemrograman Java. Memiliki nama lengkap James Arthur Gosling, ia lahir pada 19 Mei 1955. Beliau memiliki gelar Bachelor of Science di bidang Ilmu Informasi dari BITM. Selain itu, James Gosling sapaan akrabnya juga mendapatkan gelar Btech Ilmu Informasi dari BITM juga.

Saat sedang dalam proses meraih gelar doktornya, James Gosling menulis sebuah versi Emacs yang disebut Gosling Emacs (GOSMACS). Sebelum bergabung dengan Sun Microsystems, James Gosling membangun sebuah multi-prosesor versi Unix di Carnegie Mellon University, serta beberapa compiler dan sistem email.

Namun salah satu karyanya yang paling fenomenal tentu saja bahasa pemrograman Java yang ia temukan pada tahun 1994. Berikut informasinya telah dirangkum merdeka.com melalui repository.unikom.ac.id pada Kamis, (19/05/2022).

2 dari 3 halaman

Sekilas tentang Bahasa Pemrograman Java

Java merupakan bahasa pemrograman multi platform dan multi device. Jika sekali kamu menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, maka dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya.

Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine.

Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.

3 dari 3 halaman

Proses Terciptanya Bahasa Pemrograman Java oleh James Gosling

Pada tahun 1991, James Gosling dan Patrick Naughton dan dibantu para insinyur lainnya yang tergabung dalam perusahaan Sun Microsystem mengerjakan suatu proyek yakni merancang suatu bahasa pemrograman dengan tujuan untuk membantu kegiatan manusia dan proyek ini diberi kode "Green Project".

Para programmer yang mengerjakan proyek ini sebagian besar adalah programmer bahasa C++, Jadi mereka memutuskan untuk membuat bahasa pemrograman yang mengadopsi bahasa C++ dan tentu saja konsepnya adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (object orientedprogramming/OOP).

18 bulan kemudian terciptalah sebuah bahasa pemrograman beorientasi objek, bersifat portable dan sebagian besar konsep dan sintaks yang digunakan adalah mengadopsi dari bahasa C++. James Gosling memberi nama bahasa pemrograman ini dengan nama “Oak". Sayangya nama tersebut sudah dipakai dan memutuskan untuk mengubahnya menjadi "Java" yang mengandung arti "Biji Kopi".

Pada mulanya bahasa pemrograman Java diperuntukan bagi mesin-mesin pabrik dan perangkat-perangkat rumah tangga. Namun seiring perkembangan internet mulai pesat, maka pada tahun 1995 para pemimpin Sun Microsystems sepakat memutuskan untuk beralih konstrasi sehingga bahasa pemrograman Java menjadi diperuntukan untuk komputer desktop.

Namun Bapak Java, James Gosling mengundurkan diri dari Sun Microsystems pada pertengahan tahun 2009 setelah perusahaan Sun diakuisisi oleh Oracle bersamaan dengan perkembangan sistem operasi Android. Dengan demikian, semua produk yang pernah dikeluarkan oleh Sun menjadi milik perusahaan Oracle. Mengenai alasan James Gosling mengundurkan diri tak diketahui pasti. [nof]

Baca juga:
Potret Lawas Pengungsi Yahudi Tiba di Palestina, Ironi Air Susu Dibalas Air Tuba
Peristiwa 16 Mei: Tentara PETA Dihukum Mati, Ini Sejarah Lengkapnya
Sejarah 15 Mei 1972: Pulau Okinawa Kembali pada Kekuasaan Jepang
Peristiwa 14 Mei: Peringatan Hari Burung Bermigrasi Sedunia, Begini Sejarahnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini