Tips Pemberian MPASI Pada Anak: Jangan Dipaksa atau Dibujuk dengan Gadget!

Senin, 22 Februari 2021 20:06 Reporter : Tantri Setyorini
Tips Pemberian MPASI Pada Anak: Jangan Dipaksa atau Dibujuk dengan Gadget! Ilustrasi menyuapi anak. ©Healthline

Merdeka.com - Setiap anak idealnya mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) yang cukup agar pertumbuhannya bagus. Setelah enam bulan full ASI, orangtua bisa mulai memperkenalkan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Perkenalan makanan padat dalam bentuk MPASI ini tidak segampanng yang dibayangkan. Umumnya anak masih terbiasa dengan ASI saja, jadi mereka cenderung pilih-pilih. Apalagi rutinitas makan juga bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi mereka. Lalu bagaimana cara menyikapinya?

Melalui acara Popok Baby Happy Mengedukasi Masyarakat untuk Bangkit Menjawab Beragam Tantangan Keluarga di Era Normal Baru, dr. Kanya Ayu Paramastri, Sp.A. berbagi tips mengenai cara mengenalkan MPASI kepada anak.

Tips ini bisa diterapkan setiap kali makan agar nantinya anak memiliki pola makan yang sehat dan normal.

1. Ajarkan Anak untuk Duduk di Kursi Menghadap Meja

Ajarkan anak untuk makan dengan fokus sejak dini. Buat dia duduk di kursi menghadap meja makan dan suapi. Jangan ada distraksi beruba gadget, mainan, jalan-jalan, atau bermain dengan kucing selagi makan.

Kebiasaan ini bakal membentuk pola makan yang baik. Orang dewasa yang makan tanpa distraksi televisi atau gadget biasanya lebih rendah risiko kegemukan, karena tubuh mereka bisa memberikan sinyal untuk berhenti makan (kenyang) di waktu yang tepat. Jadi tak ada yang namanya makan berlebihan.

Baca Selanjutnya: 2 Batasi Waktu Makan Hingga...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini