Sulit Tidur Malam? Pakai Cara Mudah Ini biar Langsung Terlelap Nyenyak

Jumat, 30 September 2022 08:59 Reporter : Gloria Ary
Sulit Tidur Malam? Pakai Cara Mudah Ini biar Langsung Terlelap Nyenyak Sulit Tidur Malam? Pakai Cara Mudah Ini biar Langsung Terlelap Nyenyak. ©Shutterstock

Merdeka.com - Tidur malam merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Selain untuk menggantikan energi yang hilang setelah beraktivitas seharian, beristirahat juga bisa membantu kerja hormon yang ada di dalam tubuh. Sehingga, kesehatan bisa tetap terjaga dan stamina bisa kembali stabil.

Untuk beberapa orang, beristirahat di malam hari dapat menjadi hal yang sulit dilakukan. Di antaranya ada yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur, ada pula yang memerlukan jeda yang lama hingga bisa terlelap. Lantas, apa yang harus dilakukan? Beberapa cara mudah ini bisa jadi jawaban untuk kesulitan tidur yang kamu alami.

1. Meditasi

sulit tidur malam pakai cara mudah ini biar langsung terlelap nyenyak
©Shutterstock

Masalah susah tidur biasanya disebabkan adanya stress atau kekhawatiran yang dimiliki oleh seseorang. Tetapi dengan meditasi, pikiran bisa menjadi tenang dan otot-otot pada tubuh akan jadi lebih rileks. Sehingga, gejala insomnia yang dimiliki bisa semakin berkurang dan rasa lelah di siang hari jadi lebih sedikit.

Melakukan meditasi bisa dilakukan dengan 3 cara. Pertama, pilih ruangan yang senyap dan ambilah posisi senyaman mungkin. Kedua, tutup kedua mata dan bernafaslah secara perlahan. Tarik nafas dan buang kembali supaya bisa dapatkan ketenangan jiwa. Ketiga, bila ada pikiran yang muncul, cobalah untuk melepaskan hal tersebut dan kembali fokus bernafas.

2. Rutin Membersihkan Tempat Tidur

sulit tidur malam pakai cara mudah ini biar langsung terlelap nyenyak
©Shutterstock

Selain meditasi, kamu juga bisa membersihkan tempat tidur untuk memberikan kenyamanan saat hendak beristirahat. Kasur yang bersih dan terbebas dari bau, bisa membuat tubuh jadi lebih santai. Selain itu, pastikan juga untuk selalu menjaga temperatur ruangan.

Jika suhu terlalu panas atau dingin, tubuh jadi merasa kurang nyaman dan akhirnya sulit fokus untuk beristirahat. Oleh karena itu, sesuaikan hawa di kamar kamu agar tidur juga bisa lebih optimal. Sehingga saat bangun nanti, tubuh bisa lebih bugar dan tidak kelelahan.

3. Hindari Mengkonsumsi Kafein

sulit tidur malam pakai cara mudah ini biar langsung terlelap nyenyak
©Shutterstock

Kafein merupakan salah satu zat stimulan yang bisa ditemukan dengan mudah di dalam minuman berenergi, kopi, dan teh. Dengan mengonsumsi berbagai minuman yang mengandung kafein, tubuh dapat kembali berenergi dan lebih terasa bugar. Namun, hal ini sangat tidak disarankan bagi yang ingin tidur cepat di malam hari.

Jika zat stimulan ini masuk ke dalam tubuh, maka efeknya akan berlangsung selama kurang lebih 4 jam. Sehingga, hal tersebut bisa membuat kedua mata jadi tetap terjaga dan mengurangi waktu tidur yang normal. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari minuman tersebut jika ingin terlelap cepat di malam hari.

4. Menerapkan teknik tidur cepat

sulit tidur malam pakai cara mudah ini biar langsung terlelap nyenyak
©Shutterstock

Ada beberapa teknik yang bisa diterapkan saat kesulitan tidur, salah satunya teknik 4-7-8. Metode ini sendiri berfokus untuk membuat pikiran lebih tenang dan rileks. Selain itu, pernapasan menjadi bagian utama agar cara ini bisa berhasil.

Untuk yang baru pertama kali mencoba, mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, hal tersebut bisa ditangani jika kamu mulai melatihnya secara terus -menerus. Sehingga jika sudah terbiasa, proses tidur di malam hari pun jadi bisa lebih muda.

itu lah beberapa cara yang bisa dilakukan bila kamu mengalami gangguan tidur di malam hari. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat agar bisa tertidur lebih awal dan mendukung kualitas tidur yang bagus. Semoga deretan informasi ini bermanfaat, ya.

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Initiative Content
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini