Psikolog Sarankan 8 Cara Ini untuk Latihan Membuang Pikiran Negatif

Sabtu, 5 Desember 2020 06:04 Reporter : Tantri Setyorini
Psikolog Sarankan 8 Cara Ini untuk Latihan Membuang Pikiran Negatif Ilustrasi marah. © Pixabay

Merdeka.com - Menurut Dr. Barbara Fredrickson, psikolog dari University of North Carolina, mengubah pikiran negatif merupakan hal yang mungkin dilakukan. Caranya adalah dengan membiasakan diri untuk mengembangkan positivitas. Meskipun tak mudah, hal ini bisa dilakukan dengan melatih diri.

Untuk mengubah pikiran negatif menjadi positif, kita membutuhkan 'bahan bakar'. Bahan bakar yang dimaksud di sini adalah momen-momen kebahagiaan kecil yang kita rasakan setiap hari. Dr. Fredrickson menyebutnya 'momen mikro positivitas'.

Untuk mereka yang ingin melatih diri agar bisa menghilangkan pikiran negatif, berikut ini beberapa cara yang direkomendasikan Dr. Fredrickson.

1. Melakukan Hal-Hal Baik untuk Orang Lain

Selain membuat orang lain bahagia, melakukan perbuatan baik untuk orang lain akan meningkatkan perasaan positif di dalam diri kita.

Perbuatan baik untuk orang lain bisa berbentuk sesuatu yang sederhana seperti membantu membawakan barang bawaan berat, menunjukkan arah kepada orang yang tersesat, atau sekadar tersenyum.

2. Menghargai Dunia di Sekitar Kita

Ada banyak anugerah kecil yang bisa kita syukuri setiap hari. Entah itu kesehatan yang baik, udara segar di pagi hari, atau sarapan yang membuat kita merasa berenergi. Meskipun terlihat sepele, mensyukuri hal-hal kecil ini akan membuat kita terbiasa untuk melihat sisi positif dalam situasi terburuk sekalipun.

Baca Selanjutnya: 3 Mengembangkan hubungan sosial...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini