8 Khasiat Kecantikan Daun Pandan, Sudah Tahu?

Rabu, 30 Oktober 2019 02:00 Reporter : Tantri Setyorini
8 Khasiat Kecantikan Daun Pandan, Sudah Tahu? Ilustrasi daun pandan. ©iStock

Merdeka.com - Pandan merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan di Indonesia. Selain memberi rasa dan aroma yang khas pada kue, pandan juga bisa menghilangkan bau amis pada bahan makanan.

Di balik aromanya yang manis pandan juga mengandung berbagai zat yang berguna untuk tubuh, antara lain tanin, glikosida, dan alkaloid. Daun wangi ini memiliki sejumlah khasiat kesehatan dan kecantikan.

Pandan diyakini sebagai penurun panas dan pendingin kulit yang cukup ampuh. Juga dipercaya mampu membersihkan tubuh dari racun.

Belakangan pandan mulai digadang-gadang sebagai the next superfood setelah kale dan avokad. Bahkan sudah mulai banyak produk kecantikan yang memasukkan ekstrak pandan ke dalam formulanya. Di antaranya body scrub, lotion, ice balm, masker, sampai serum wajah. Bahkan ada pula multi-purpose aromatherapy dengan ekstrak pandan.

Sebelum menjajal produk-produk tersebut tak ada salahnya kalau kita mengetahui khasiat kecantikan pandan terlebih dahulu.

1 dari 8 halaman

Detoksifikasi

Ilustrasi teh pandan. © Foodspotting/Clean Plate

Teh yang dibuat dari rebusan daun pandan atau daun pandan yang diseduh bisa digunakan untuk detoksifikasi. Daun pandan memiliki kemampuan untuk membersihkan liver dari racun. Hasilnya bisa dilihat dari kulit yang lebih sehat dan berseri.

Untuk membuat satu gelas besar teh pandan, gunakan satu lembar pandan berukuran besar yang sudah dicuci dan diikat simpul. Minumlah airnya dalam keadaan hangat. Jangan ditambah gula.

2 dari 8 halaman

Aromatherapy Face Steam

Ilustrasi steam wajah. ©2015 Merdeka.com/stylecraze.com

Untuk Anda yang bermasalah dengan kulit kering, berminyak, dan kusam, coba saja lakukan facial steam dengan air seduhan pandan. Minyak esensial yang terkandung di dalam pandan bisa membantu meredakan pusing dan menenangkan pikiran. Selain itu uapnya juga bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan menghaluskan kulit.

Sediakan sebaskom kecil air rebusan pandan yang masih panas. Kemudian ikatkan handuk di sekeliling kepala. Pastikan wajah sudah bersih dari makeup, kemudian tempatkan wajah di atas baskom. Kira-kira 10 cm di atas baskom selama 2 sampai 3 menit.

3 dari 8 halaman

Menghilangkan Komedo

Ilustrasi masker wajah. © POPSUGAR Photography/Wendy Gould

Singkirkan komedo yang membandel dengan masker yang dibuat dari 1/2 sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang, dan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Bisa juga ditambahkan 1/2 sendok makan air jeruk nipis.

Haluskan semua bahan dan campur hingga menjadi pasta kental. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dari makeup. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

4 dari 8 halaman

Mengangkat Kulit Mati

Ilustrasi daun pandan. ©iStock

Daun pandan yang sudah dihaluskan bisa difungsikan sebagai body scrub yang cukup efektif untuk mengangkat kulit mati. Cuci bersih pandan, kemudian haluskan dengan peralatan yang steril. Setelah itu campur dengan madu atau minyak zaitun. Gunakan untuk menggosok kulit tubuh yang perlu eksfoliasi. Gosok dengan gerakan melingkar, kemudian diamkan selama 3 menit. Setelah itu bilas tubuh dengan air dingin. Kulit akan terasa lebih lembut dan bercahaya dalam waktu singkat.

5 dari 8 halaman

Membantu Pengobatan Panu

Ilustrasi daun pandan. ©iStock

Tinea versicolor alias panu adalah infeksi jamur yang ditandai dengan bercak putih di permukaan kulit. Masalah kulit ini bisa mengakibatkan rasa gatal dan mengurangi nilai estetika penampilan. Daun pandan bisa membantu mengatasinya.

Tumbuk daun pandan sampai benar-benar halus. Gunakan peralatan yang steril. Kemudian peras sarinya dan bumbui sedikit garam. Minum airnya sehari sekali sampai tiga hari.

6 dari 8 halaman

Mengatasi Ketombe

ilustrasi ketombe. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Lars Zahner

Sari daun pandan cukup efektif untuk membantu mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal. Haluskan 10 lembar daun pandan segar yang sudah dicuci, kemudian campur dengan 100 ml air. Oleskan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

Lakukan perawatan rambut dengan sari daun pandan secara teratur. Ramuan ini juga bisa membantu menyuburkan rambut, lho.

7 dari 8 halaman

Menghitamkan Rambut

Ilustrasi rambut indah. ©Shutterstock

Jika Anda memiliki daun pandan di rumah Anda, Anda dapat menggunakannya sebagai bahan penghitam rambut. Potong sekitar 7 lembar daun pandan dan rebus dengan air. Biarkan airnya mengembun sepanjang malam.

Jika Anda memiliki buah noni, Anda dapat mencampurnya dengan air pandan di pagi hari dan pijat ke kulit kepala Anda. Lakukan secara teratur agar hasilnya terlihat.

8 dari 8 halaman

Mencegah Kerontokan

Ilustrasi Rambut Rontok. ©2014 Merdeka.com

Manfaat lain dari daun pandan untuk rambut kita adalah mencegah kerontokan. Anda hanya perlu menyiapkan 1 lembar daun pandan, 10 daun kembang sepatu, 10 bunga melati, dan 1 bunga mawar. Semua bahan dicuci dan kemudian dimasukkan ke dalam panci aluminium. Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak kemiri. Rebus campuran sampai mendidih dan kemudian saring.

Oleskan ramuan ke rambut dan kulit kepala secara merata dan bungkus dengan handuk hangat. Lakukan di malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya bilas dengan air dingin dan keramas dengan sampo seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur, minimal 2-3 kali seminggu.

Itulah aneka manfaat daun pandan untuk kecantikan wajah, kulit, dan rambut. Jika Anda ingin mempraktikkan salah satu tips di atas, gunakan alat-alat yang steril agar kulit tidak mengalami reaksi alergi.

Sumber: Dr Health Benefits, The-Benefits.com [tsr]

Baca juga:
Tampil mulus dan awet muda dengan daun kelor.
Menurut para pakar, 14 kebiasaan ini terbukti ampuh bikin awet muda
Atasi mata panda secara instan dengan es batu dari teh hijau

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini