Isao Takahata, salah satu sineas di balik Studio Ghibli tutup usia

Jumat, 6 April 2018 21:00 Sumber : Kapanlagi.com
Isao Takahata, salah satu sineas di balik Studio Ghibli tutup usia Isao Takahata. © AP/Shizuo Kambayashi

Merdeka.com - Dunia seni Jepang telah kehilangan salah satu seniman terbaiknya. Isao Takahata yang dikenal sebagai salah satu pendiri Studio Ghibli dilaporkan meninggal dunia pada hari Jumat (6/4). Sutradara, animator, dan produser itu tutup usia di angka 82 tahun.

Dilansir dari Yahoo Japan, pria yang memulai karirnya sejak tahun 1959 ini dilaporkan meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Tokyo, Jepang, Kamis (5/4). Selain itu, menurut sumber terpercaya, pendiri Studio Ghibli meninggal akibat penyakit liver kronis yang dideritanya sejak musim panas tahun lalu. Karena penyakit inilah Takahata sempat beberapa kali keluar masuk rumah sakit.

Salah seorang kerabat turut mengatakan bahwa Takahata terlihat lebih kurus dari biasanya ketika mereka bertemu pada bulan November tahun lalu. Hal ini terlihat jelas saat Takahata berjalan. "Ia tampak berbeda," katanya. Hingga saat ini belum ada kabar terbaru mengenai pemakaman salah satu legenda Studi Ghibli ini.

nama Takahata sendiri memang tidak terlalu familiar dibandingkan dengan nama sutradara Studio Ghibli lainnya, seperti Hayao Miyazaki. Namun kalian pasti pernah mendengar film GRAVE OF THE FIREFLIES. Bercerita tentang sepasang kakak beradik yang yatim piatu di tengah ganasnya Perang Dunia II, film ini adalah salah satu film besutan Takahata.

Grave of The Frieflies © Studio Ghibli


Selama perjalanan karirnya, Takahata telah menelurkan 20 film animasi. NAUSICCA OF THE VALLEY OF THE WIND, CASTLE IN THE SKY, dan THE TALE OF PRINCESS KAGUYA merupakan beberapa contoh film karya Takahata. Dimana GRAVE OF THE FIREFLIES dan THE TALE OF PRINCESS KAGUYA sering disebut sebagai 2 karya terbaiknya.

The Tale of Princess Kaguya © Studio Ghibli


Benar saja, THE TALE OF PRINCESS KAGUYA pun membawa Takahata meraih sebuah prestasi yang membanggakan. Ia memenangkan kategori Best Animated Feature melalui film besutannya ini. Tepatnya pada tahun 2014 yang lalu.

Selamat beristirahat dengan tenang, Isao Takahata. Karya-karyamu akan selalu dikenang para pecinta film animasi. Terutama mereka yang sudah pernah menyaksikan keindahan animasi karya Studio Ghibli.

Sumber: KapanLagi.com [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini