Fakta Unik Gigi Kucing, Fungsinya Bukan Hanya untuk Makan

Sabtu, 20 Maret 2021 13:30 Reporter : Jeffreydien Winanda
Fakta Unik Gigi Kucing, Fungsinya Bukan Hanya untuk Makan Fakta Unik Gigi Kucing, Fungsinya Bukan Hanya untuk Makan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sulit membayangkan makhluk yang begitu lembut bisa memiliki jajaran gigi yang tajam. Namun, banyak pemilik anabul yang masih menganggap bagian dalam mulut hewan peliharaannya sebagai misteri. Tidak lagi, berikut beberapa fakta menarik tentang gigi kucing.

Jumlah Gigi Menentukan Usianya

fakta unik gigi kucing fungsinya bukan hanya untuk makan
©2021 Shutterstock

Saat masih kecil, anak kucing memiliki 26 gigi susu. Lebih sedikit dari anjing yang punya 42 gigi atau manusia dewasa yang punya 32 gigi.

Saat berusia 11-24 minggu, kucing akan mendapatkan gigi dewasa lewat beberapa tahap. Misalnya gigi serinya tumbuh pada usia 11-16 minggu, gigi taring pada usia 12-20 minggu, gigi premolar pada usia 16-20 minggu, dan gigi geraham biasa pada usia 20-24 minggu.

Jarang Mengalami Gigi Berlubang

fakta unik gigi kucing fungsinya bukan hanya untuk makan
©2021 Shutterstock

Tidak seperti manusia, kucing jarang mengalami gigi berlubang karena pola makan yang rendah gula, bentuk gigi yang berbeda, dan tidak memiliki bakteri di mulut. Meskipun gigi anabul berlubang dan menimbulkan rasa nyeri, biasanya hewan peliharaanmu tidak akan menunjukkan kalau sedang kesakitan. Secara naluri, kucing tidak ingin terlihat lemah agar terhindar dari incaran predator di alam liar.

Dirancang untuk Berburu

fakta unik gigi kucing fungsinya bukan hanya untuk makan
©2021 Shutterstock

Meskipun kucing rumahan kebanyakan memakan dry food yang sudah disediakan oleh pemiliknya, giginya dirancang khusus untuk menangkap mangsanya dan merobek dagingnya. Selain itu, lekukan di mulutnya mengalirkan darah mangsanya di sekitar gigi dan tidak akan membuat kucing tersedak saat sedang memakan daging.

Bukan hanya untuk berburu, kucing juga punya gigi khusus untuk merawat dirinya. Deretan gigi seri yang berada di antara gigi taring digunakan untuk menangkap kutu yang merayap di bulunya, menghilangkan bulu yang kusut, atau menghilangkan kotoran yang menempel pada bulunya.

Merawat Gigi Kucing

fakta unik gigi kucing fungsinya bukan hanya untuk makan
©2021 Shutterstock

Penting untuk selalu memerhatikan gigi dan gusi kucing, misalnya dengan menyikat gigi sekali sehari dan membawanya ke dokter hewan untuk memeriksakan giginya sekali setahun. Jika perlu, dokter hewan akan membersihkan gigi anabul secara menyeluruh untuk mengatasi radang gusi dan karang gigi, sebelum memicu penyakit yang lebih fatal seperti gangguan jantung.

Selain itu, pastikan untuk memberi makanan yang berkualitas tinggi untuk menjaga kesehatan giginya, seperti Muezza. Brand makanan kucing kering ini diolah dari bahan alami dengan teknologi modern dan bebas dari bahan tambahan sintetik untuk menjaganya tetap sehat dan aktif.

bebas bulu rontok dengan cermat berikan makanan kucing himalaya
©Muezza

Selain itu, Muezza juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand yang menjadikan pemilik kucing bebas cemas saat terkena liur anabul, membersihkan wadah makan di tempat cuci piring, hingga memegang langsung cat food. Memiliki 4 varian rasa seperti Tuna Flavor, Salmon Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor, cat food berkualitas ini bisa didapatkan secara online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini