Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Daftar 10 Taman Nasional Indonesia dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang Pandemi

Daftar 10 Taman Nasional Indonesia dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang Pandemi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. ©Creative Commons/Aprisonsan

Merdeka.com - Pandemi virus Covid-19 yang dimulai sejak awal 2020 membuat industri pariwisata di seluruh dunia terpukul. Tak terkecuali Indonesia yang mengandalkan wisata alamnya.

Sejumlah objek wisata ditutup untuk kunjungan wisatawan. Termasuk seluruh kawasan konservasi yang selama ini menjadi objek wisata alam populer.

"Penutupan dimulai pada bulan Maret yang kemudian secara bertahap dibuka kembali dengan pembatasan jumlah kunjungan dan menerapkan protokol kesehatan," tulis akun Instagram @ayoketamannasional_official, Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Ditjen KSDAE, Kementerian LHK, baru-baru ini.

Akibat pandemi, kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri ke kawasan konservasi mengalami penurunan. Penurunan kunjungan mencapai lebih dari 50 persen dibanding tahun 2019.

"Total kunjungan di seluruh kawasan konservasi yaitu sebanyak 3.338.082 pengunjung, terdiri dari 3.283.237 pengunjung dalam negeri dan 54.845 pengunjung dari luar negeri," lanjut akun tersebut.

Berdasarkan data tersebut, berikut ini deretan taman nasional yang paling banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2020.

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango - Bogor, Jawa Barat

ilustrasi taman nasional gede pangrango©Pixabay/ibadahmimpi

Kawasan Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Taman nasional diresmikan pada tahun 1980 untuk melindungi ekosistem dan flora pegunungan di Jawa Barat. Wilayahnya mencakup Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan hutan pegunungan di sekelilingnya.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan lokasi pendakian populer. Walaupun begitu, taman nasional inimasih ditutup untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang bisa membahayakan para pendaki dan untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

2. Taman Nasional Gunung Ciremai - Majalengka, Jawa Barat

taman nasional gunung ciremai

©Creative Commons/Kang maull

Taman Nasional Gunung Ciremai terletak di Majalengka, Jawa Barat. Kawasannya meliputi Gunung Ciremai dan hutan di sekelilingnya. Hamparan bunga edelweiss merupakan pemandangan indah yang jadi ciri khas taman nasional ini.

3. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung - Maros, Suawesi Selatan

taman nasional bantimurung bulusaraung

©Creative Commons/Chafidwahyu

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung atau disingkat TN Babul meliputi wilayah seluas 43.750 Ha di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan.

Taman nasional ini memiliki berbagai daya tarik alam; antara lain karst dan gua stalakmit yang indah. Bantimurung juga disebut sebagai The Kingdom of Butterfly oleh para peneliti, karena banyaknya aneka jenis kupu-kupu di sana. Beberapa spesies kupu-kupu langka yang hanya ada di Sulawesi Selatan juga bisa ditemukan di sini.

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru - Lumajang, Jawa Timur

taman nasional bromo tengger semeru

©Creative Commons/Aprisonsan

Posisi keempat diduduki oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Kawasan ini meliputi 16 gunung, termasuk Semeru, Bromo, Kursi, Ringgit, Widangan, Batok, dan Pundak Lembu.

5. Taman Nasional Alas Purwo - Banyuwangi, Jawa Timur

taman nasional alas purwo

©Creative Commons/rochmad setyadi

Posisi kelimat ditempati oleh Taman Nasional Alas Purwo yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Taman nasional ini dihuni lebih dari 200 spesies burung dan fauna lainnya.

6. Taman Nasional Gunung Halimun Salak - Bogor, Jawa Barat

taman nasional gunung halimun salak

©Creative Commons/Toni Wöhrl & Sang Cai

Taman Nasional Gunung Halimun–Salak merupakan kawasan konservasi hutan hujan dataran rendah yang terluas di Jawa Barat. Lingkup wilayahnya meliputi Gunung Halimun dan Gunung Salak. Lebih dari 700 jenis tumbuhan berbunga hidup di hutan alam di sana. Beberapa fauna langka seperti elang jawa, macan tutul jawa, owa jawa, dan surili juga bisa ditemukan. Sementara desa adat seperti Kasepuhan Banten Kidul dan pemukiman suku Baduy juga menjadi salah satu daya tariknya.

7. Taman Nasional Baluran - Banyuwangi, Jawa Timur

taman nasional baluran

©Creative Commons/Lutfi adn

Taman Nasional Baluran terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman nasioan ini mendapat julukan Africa Van Java atau Little Africa karena kondisi alamnya yang mirup dengan sabana di Afrika. Selain vegetasi sabana, Baluran juga memiliki hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, dan hutan pegunungan bawah.

8. Taman Nasional Gunung Merbabu - Jawa Tengah

merapi dari merbabu

©2019 Merdeka.com/Arie basuki

Taman Nasional Gunung Merbabu merupakan taman nasional yang wilayahnya mencakup hutan-hutan di Gunung Merbabu. Secara administratif, taman nasional ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Semarang yang ada di Jawa Tengah.

9. Taman Nasional Komodo - Manggarai, Nusa Tenggara Timur

pink beach pulau komodo

©Creative Commons/Bahnfrend

Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar di Nusa Tenggara Timur; yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya juga termasuk kawasan taman nasional.

Keistimewaan taman nasional ini adalah 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan fauna Asia dan Australia, 253 spesies karang pembentuk terumbu, dan lebih dari 1000 spesies ikan. Pada tahun 1991 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjasi salah satu keajaiban dunia baru pada tahun 2012.

10. Taman Nasional Bali Barat - Bali

 taman nasional bali barat

©Creative Commons/Annisa F

Terakhir ada Taman Nasional Bali Barat yang terletak di bagian barat dari pulau Bali di Indonesia. Luas wilayahnya meliputi 10 persen dari luas daratan pulau Bali. Taman Nasional Bali Barat terdiri dari ekosistem hutan, sabana, dan sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistosen.

Reporter: KomarudinSumber: Liputan6.com

(mdk/tsr)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
15 Negara yang Paling Jarang Dikunjungi Turis di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?
15 Negara yang Paling Jarang Dikunjungi Turis di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Ternyata ada beberapa negara yang jarang sekali dikunjungi oleh turis karena alasan tertentu. Yuk, simak daftar negara yang paling jarang dikunjungi wisatawan!

Baca Selengkapnya
12 Wisata Kuningan yang Populer dan Menarik Dikunjungi, Sajikan Pemandangan Memesona
12 Wisata Kuningan yang Populer dan Menarik Dikunjungi, Sajikan Pemandangan Memesona

Berwisata ke Kuningan akan menjadi perjalanan yang dipenuhi keindahan alam, kekayaan budaya, dan petualangan menarik penuh kenangan.

Baca Selengkapnya
Wisata Pangandaran Populer, Cocok untuk Liburan Singkat
Wisata Pangandaran Populer, Cocok untuk Liburan Singkat

Pangandaran memiliki beberapa pilihan wisata yang menarik dikunjungi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
10 Wisata Nganjuk Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya
10 Wisata Nganjuk Terpopuler yang Wajib Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata Nganjuk bisa jadi rekomendasi destinasi wisata saat berlibur.

Baca Selengkapnya
16 Tempat Wisata di Sentul yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Beri Pengalaman Berkesan
16 Tempat Wisata di Sentul yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Beri Pengalaman Berkesan

Sentul adalah kawasan wisata yang menawarkan berbagai macam destinasi yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Baca Selengkapnya
4 Fakta Taman Nasional Baluran Tutup Sebulan Penuh, Buka Kembali 16 Februari 2024
4 Fakta Taman Nasional Baluran Tutup Sebulan Penuh, Buka Kembali 16 Februari 2024

pihak pengelola Balai Taman Nasional Baluran mengambil kebijakan untuk menutup sementara destinasi wisata ini selama sebulan.

Baca Selengkapnya
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan

Keindahan alam wisata Temanggung menawarkan pesona yang memukau bagi para pengunjung.

Baca Selengkapnya
Menurun Tajam, Jumlah Turis Asing Kunjungi Indonesia Hanya 917.000 di November 2023
Menurun Tajam, Jumlah Turis Asing Kunjungi Indonesia Hanya 917.000 di November 2023

Amalia menyebut, turis asing yang berkunjung ke Indonesia pada November 2023 didominasi asal Malaysia sebesar 15,45 persen.

Baca Selengkapnya
9 Wisata di Depok Paling Populer dan Menarik Dikunjungi
9 Wisata di Depok Paling Populer dan Menarik Dikunjungi

Dari keindahan alam hingga keunikan yang khas, Depok menawarkan pengalaman seru bagi setiap wisatawan.

Baca Selengkapnya