Daftar 10 Taman Nasional Indonesia dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang Pandemi

Sabtu, 30 Januari 2021 16:39 Reporter : Tantri Setyorini
Daftar 10 Taman Nasional Indonesia dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang Pandemi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. ©Creative Commons/Aprisonsan

Merdeka.com - Pandemi virus Covid-19 yang dimulai sejak awal 2020 membuat industri pariwisata di seluruh dunia terpukul. Tak terkecuali Indonesia yang mengandalkan wisata alamnya.

Sejumlah objek wisata ditutup untuk kunjungan wisatawan. Termasuk seluruh kawasan konservasi yang selama ini menjadi objek wisata alam populer.

"Penutupan dimulai pada bulan Maret yang kemudian secara bertahap dibuka kembali dengan pembatasan jumlah kunjungan dan menerapkan protokol kesehatan," tulis akun Instagram @ayoketamannasional_official, Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Ditjen KSDAE, Kementerian LHK, baru-baru ini.

Akibat pandemi, kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri ke kawasan konservasi mengalami penurunan. Penurunan kunjungan mencapai lebih dari 50 persen dibanding tahun 2019.

"Total kunjungan di seluruh kawasan konservasi yaitu sebanyak 3.338.082 pengunjung, terdiri dari 3.283.237 pengunjung dalam negeri dan 54.845 pengunjung dari luar negeri," lanjut akun tersebut.

Berdasarkan data tersebut, berikut ini deretan taman nasional yang paling banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2020.

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango - Bogor, Jawa Barat

ilustrasi taman nasional gede pangrango

©Pixabay/ibadahmimpi

Kawasan Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Taman nasional diresmikan pada tahun 1980 untuk melindungi ekosistem dan flora pegunungan di Jawa Barat. Wilayahnya mencakup Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan hutan pegunungan di sekelilingnya.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan lokasi pendakian populer. Walaupun begitu, taman nasional inimasih ditutup untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang bisa membahayakan para pendaki dan untuk pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Baca Selanjutnya: 2 Taman Nasional Gunung Ciremai...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Taman Nasional Alas Purwo
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini