10 Cara Memakai Hijab Modis, Syar'i, dan Cadar untuk Muslimah Segala Umur

Kamis, 2 Mei 2019 14:00 Reporter : Tantri Setyorini
10 Cara Memakai Hijab Modis, Syar'i, dan Cadar untuk Muslimah Segala Umur Alyssa Soebandono. © Instagram/ichasoebandono

Merdeka.com - Sebelum membahas tentang cara memakai hijab, ada baiknya jika kita mengetahui perbedaan hijab dan jilbab terlebih dahulu. Dengan begitu kita tidak akan salah kaprah dalam mengartikan makna di antara keduanya.

Perlu diketahui, hijab dan jilbab memiliki arti yang berbeda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada.

Sementara hijab secara etimologi berarti penutup atau penghalang. Maknanya sangat luas, tidak terbatas pada kain penutup kepala. Hijab lebih mencakup semua aspek yang menutupi aurat wanita dari ujung rambut sampai kaki.

Masalahnya kebanyakan orang menafsirkan hijab sebagai kerudung penutup kepala dan leher. Sehingga turban yang tidak menutupi dada pun tetap disebut hijab.

Meskipun jilbab dan hijab pengertiannya berbeda, menggunakan keduanya harus selalu didukung dengan perawatan rambut dan kulit kepala terbaik. Untuk itu kamu perlu sampo dan kondisioner dengan formula tepat. Kamu bisa gunakan rangkaian Rejoice 3-in1 Perfect Cool Shampoo dan Rejoice 3-in-1 Perfect Conditioning Conditioner dengan formula terbaik untuk merawat rambut dan kulit kepala di balik hijabmu. Gunakan secara teratur agar rambut dan kulit kepala senantiasa sehat, segar, serta mendapatkan keharuman dan kesejukan dari subuh hingga isya.

Presented by Rejoice Indonesia

Setelah mengetahui perbedaan mendasar hijab dan jilbab, sekarang kita akan membahas cara memakai hijab dalam artian cara memakai kerudung.

Cara memakai hijab segi empat simple, mudah, dan modis

Jilbab segi empat termasuk salah satu jenis kain hijab yang populer di antara hijaber dan jilbaber modern. Kerudung seperti ini disukai karena mudah dikenakan dan bisa dimodifikasi dengan berbagai cara.

Bagaimana cara memakai hijab atau jilbab segi empat? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dicoba, tetapi berikut ini kami sajikan yang paling simpel.

Istimewa

Cara memakai hijab segi empat:

  1. Pasang kerudung segi empat di kepala. Sebelumnya pakailah ciput atau inner jilbab terlebih dahulu. Pastikan agar bagian kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Bagian kuri cukup sepanjang dada atas.
  2. Sematkan tepi kerudung yang dekat dengan kedua telinga dengan jarum.
  3. Sematkan ujung hijab segi empat yang pendek (kiri) dengan jarum di bagian dada atas.
  4. Ambil bagian kerudung yang panjang (kanan), kemudian tarik ujung dalamnya menyilang hingga ke telinga kiri.
  5. Tarik terus ujung kerudung hingga kembali ke sebelah kanan.
  6. Terakhir sematkan sisa kain yang menjuntai dengan jarum agar menempel pada inner. Letaknya di dekat mata kanan.

Cara memakai hijab segitiga yang praktis

Sebelum jilbab segi empat populer, kerudung model segitiga sudah lebih dulu diakrabi para pengguna jilbab.

Bagaimana cara memakai hijab segitiga yang praktis dan modis? Berikut ini kami tampilkan tutorial hijab segitiga ala Hamidah Rachmayanti, seorang selebgram asal Bogor.

© Istimewa

Cara memakai hijab segitiga:

  1. Lipat kerudung segi empat menjadi segitiga. Kemudian letakkan di kepala dengan kedua sisi yang sama panjang. Ambil bagian tengah kerudung, bukan tepiannya. Setelah itu sematkan dengan jarum atau peniti.
  2. Silangkan kedua ujung kerudung, kemudian sampirkan ke balik pundak. Satukan kedua ujung tersebut, kemudian ikat. Pastikan ikatan tertutup ujung segitiga kerudung yang berada di bagian belakang.
  3. Rapikan bagian depannya dengan tangan agar tidak terlihat ketat di bagian leher.

Cara memakai hijab pashmina

Apakah yang dimaksud dengan hijab pashmina? Pashmina berarti kain wol dalam bahasa Persia, merujuk pada kain kashmir. Kerudung yang bisa disebut pashmina seharusnya terbuat dari bahan kashmir asli atau kashmir yang dikombinasikan dengan sutera. Karena itulah harganya cukup mahal. Sementara kerudung dengan sebutan pashmina yang menggunakan sifon atau bahan tipis lainnya sebenarnya hanya kerudung biasa.

Seperti apa cara memakai hijab pashmina yang modis dan rapi? Di bawah ini tutorial mudah cara memakai hijab pashmina yang bisa dipraktikkan.

© Hijabgamismukena.wordpress.com

Cara memakai hijab pashmina:

  1. Setelah memakai inner, pasang pashmina di kepala dengan bagian kanan lebih panjang. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas. Sematkan tepi kain sebelah kiri ke bawah telinga kanan.
  2. Rapikan kerudung, kemudian tarik kain yang ada di sebelah kanan ke belakang pundak kiri.
  3. Tarik terus sampai kembali ke pundak kanan. Biarkan terjuntai dan rapikan dengan tangan.

Cara memakai hijab anak dan remaja

Sekarang sudah mulai banyak anak yang diajarkan untuk memakai jilbab sejak kecil. Tetapi hijab untuk anak-anak sebaiknya yang simpel dan tidak memakai banyak jarum. Dengan begitu mereka tetap leluasa bergerak.

Anak-anak bisa menggunakan jilbab instan yang paling praktis. Bisa juga dengan kerudung model segitiga sederhana yang cuma butuh satu peniti di bawah dagu.

Untuk remaja yang mulai kenal mode, berikut ini cara memakai hijab modis ala Jenahara.

© DestrYa

Cara memakai hijab remaja:

  1. Pasang kerudung pashmina (bentuk selendang) di kepala setelah memakai inner. Pastikan ujung kanan lebih pendek daripada kiri.
  2. Ambil tepian kerudung sebelah kiri yang bagian dalam, kemudian sematkan di dekat pelipis kanan. Pastikan bagian yang disematkan tadi berada di balik kerudung bagian kanan.
  3. Tarik kain yang sudah disematkan ke atas kepala, kemudian juntaikan ke bagian kiri. Sematkan tepian yang berada di puncak kepala dengan jarum.

Cara memakai hijab bercadar (niqab)

Bagi yang ingin menutup aurat dengan cadar, berikut ini kami tampilkan cara memakai hijab bercadar yang syar'i

© YouTube/Maya EMS Official

Cara memakai hijab bercadar:

  1. Setelah memakai inner, pasang kerudung segi empat di kepala. Ambil tepi kain sebelah kiri (bagian dalam) dan sematkan di dekat pelipis kanan.
  2. Rapatkan kain yang menggantung membentuk kantung hingga menutupi wajah, kemudian sematkan ke pelipis kiri.
  3. Ikat sisa kain yang menjuntai di balik cadar. Kemudian sematkan bagian dalamnya ke pundak kiri agar niqab terlihat rapi

Cara memakai hijab agar terlihat tirus

Beberapa perempuan enggan memakai jilbab dengan alasan kain penutup kepala itu akan membuat pipi tembam mereka semakin menonjol.

Cara untuk mengakali hal ini sebenarnya sederhana saja. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Pilih jilbab dengan kain tipis dan flowing.
  2. Majukan kerudung agar menutupi separuh bagian pipi.
  3. Pilih model ikatan jilbab yang tidak terlalu berat di bagian atas.

Cara memakai hijab panjang ala Ustadzah Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi memiliki gaya berhijab yang cukup unik. Modis dan cantik, namun tetap syar'i dengan kerudung panjang menutup hingga ke bagian pinggang.

Ingin meniru gaya berhijab sang ustadzah? Silakan simak cara memakai hijab ala Ustadzah Oki Setiana Dewi lewat video di bawah ini.

Cara memakai hijab Angel Lelga

Artis Angel Lelga juga memopulerkan gaya berhijab yang cukup unik. Istri Vicky Prasetyo itu memperkenalkan gaya berkerudung ala wanita Rusia dengan scarf mewah berbahan sutera atau satin.

© Detik/Wolipop

Bagaimana cara memakai hijab ala Angel Lelga? Berikut ini tutorial singkatnya.

  1. Lipat scarf menjadi segitiga, kemudian pasang di atas kepala yang sudah berciput dengan kedua sisi sama panjang.
  2. Sematkan scarf di bawah dagu. Silangkan kedua ujung scarf, kemudian bawa ke belakang leher.
  3. Ikat kedua ujungnya agar rapi. Pastikan ikatan tertutup segitiga di bagian belakang.

Cara memakai hijab ala Ria Ricis

Sebagai salah satu YouTuber tersukses, gaya Ria Ricis dalam berhijab juga menjadi inspirasi bagi banyak perempuan. Umumnya gaya hijab yang dia pilih adalah ikatan modern dengan pashmina atau kerudung paris yang lebih tipis.

Yuk, simak cara memakai hijab ala Ria Ricis melalui beberapa tutorial di video di atas.

Cara memakai hijab ala Zaskia Sungkar

Zaskia Sungkar pun memiliki gaya berhijab yang asyik. Tak mengherankan mengingat statusnya sebagai desainer hijab.

© YouTube

Bagaimana cara memakai hijab modis ala Zaskia Sungkar? Berikut ini tutorial yang bisa disimak.

  1. Lipat jilbab menjadi segitiga. Kemudian kerudungkan pada kepala yang sudah memakai inner.
  2. Sematkan jilbab di bawah dagu, kemudian silangkan kedua ujungnya.
  3. Ikat ujung jilbab di samping kepala hingga membentuk pita yang menjuntai.

Demikian cara memakai hijab dalam berbagai model dan gaya. Silakan pilih yang sesuai dengan kepribadian dan gaya berbusana masing-masing. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini