Bakat super langka, 13 musisi ini memiliki tala mutlak atau sinestesia

Jumat, 9 November 2018 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
Bakat super langka, 13 musisi ini memiliki tala mutlak atau sinestesia Musisi yang memiliki tala mutlak atau sinestesia. ©REX/Shutterstock

Merdeka.com - Tala mutlak atau tala sempurna adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan fenomena pendengaran langka di mana individu yang memilikinya bisa memainkan kembali not musik yang baru sekali dia dengar tanpa bantuan atau referensi apa pun. Para peneliti memperkirakan tala mutlak hanya dimiliki oleh satu dari sepuluh ribu orang. Walaupun pada dasarnya setiap orang memiliki potensi untuk mempelajari kemampuan ini.

Sementara itu, sinestesia adalah fenomena neurologis di mana otak menghasilkan persepsi berupa penglihatan, pendengaran, atau sensasi lainnya dari hal-hal yang biasanya tidak menimbulkan respon indra tersebut. Sebagai contoh, orang yang memiliki sinestesia mungkin melihat huruf A berwarna merah atau kata 'hitam' terasa pahit di lidah.

Dalam kasus para musisi berikut, kebanyakan dari mereka mempersepsikan nada atau musik menjadi warna. Misalnya sebuah lagu yang ceria akan berwarna kuning di dalam kepala mereka.

Siapa saja para musisi yang dikaruniai tala mutlak dan sinestesia? Berikut ini akan kita bahasa selengkapnya.

Sumber: Mentalfloss, The Top Tens, Hello Sehat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini