Awas, 4 gaya rambut ini bisa bikin pria cepat botak!

Senin, 25 April 2016 11:17 Reporter : Tantri Setyorini
man bun. ©Theguardian.com

Merdeka.com - Nggak cuma cewek yang bisa mengalami kerontokan rambut gara-gara pemakaian styling product. Masalah yang sama juga bisa menimpa kaum pria, karena kini pria pun ingin tampil eksis dengan gaya rambut paling trendy. Perhatikan saja berbagai tren gaya rambut pria yang selalu berganti setiap tahun. Begitu juga dengan tren aksesoris rambut dan kepala yang juga semakin variatif.

Tetapi tidak semua tren rambut pria perlu kamu ikuti, guys. Terutama kalau kalian sudah mulai menunjukkan gejala penipisan rambut. Menurut William D.Yates, MD., dokter ahli transplantasi rambut kepada Business Insider, beberapa gaya rambut ini bisa bikin cowok cepat botak.

1. Pakai topi yang terlalu ketat


Luhan mengenakan beanie © Onehallyu.com

Snapback, cap, atau beanie memang bisa bikin penampilanmu lebih gaya. Aksesoris ini juga efektif untuk menutupi gejala penipisan rambut yang kamu alami.

Namun terlalu sering menggunakan topi yang terlalu ketat bisa menyebabkan traction alopecia atau kerontokan rambut bertahap.

2. Man bun

man bun ©theodysseyonline.com

Man bun, gaya rambut yang hits dua tahun belakangan ini ternyata juga bisa mengakibatkan kebotakan rambut pada pria. Sebenarnya yang salah bukan gaya rambutnya. Hanya saja, kebanyakan pria membuat ikatan man bun yang terlalu kencang. Dan gaya rambut seperti ini mereka terapkan setiap hari.

Ikatan yang terlalu kencang ini bisa menimbulkan tekanan berlebihan pada batang rambut. Menurut Yates, sejumlah pria yang menerapkan gaya man bun mengalami kerontokan rambut yang cukup serius dalam jangka waktu dua tahun karena alasan ini.

3. Man braid

Gaya rambut man braid © Instagram

Setelah man bun, giliran man braid yang jadi tren di antara selebritis pria di tahun 2016. Mau French braid, cornrow, side plaits, atau mini braids, gaya kepang maskulin ini memang bisa bikin cowok tampil edgy sekaligus gaya. Tetapi gaya rambut ini juga bukannya tak berisiko bagi kesehatan kulit kepala dan rambut.

Sama seperti man bun, gaya ini juga bisa menimbulkan tekanan berlebihan pada batang rambut. Pada akhirnya batang rambut jadi rapuh dan mudah rontok.

4. Semua gaya rambut yang diperoleh dengan styling product

Gaya rambut pompadour ©menshairstyletrends.com

Dilansir News.com.au, semua gaya rambut yang diperoleh dengan bantuan styling product berlebih juga bisa merangsang kebotakan dini. Residu styling product yang menumpuk dalam bentuk kotoran akan mengganggu keseimbangan pH di kulit kepala. Kulit kepala jadi tak sehat dan tak bisa menahan akar rambut dengan baik. [tsr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.