10 Rahasia Kecantikan dari Wanita Australia

Jumat, 8 November 2019 18:04 Reporter : Tantri Setyorini
10 Rahasia Kecantikan dari Wanita Australia Ilustrasi kakadu plum. ©Whey Direct

Merdeka.com - Beda negara beda kebudayaan. Cara merawat kecantikannya pun jelas beda. Kalau kita mengenal lulur dan minyak cem-ceman sebagai warisan kecantikan nenek moyang, Korea punya ginseng yang dipercaya bermanfaat untuk ujung rambut hingga ujung kaki.

Lalu bagaimana dengan Australia? Negara tetangga kita ini memiliki resep kecantikan yang cukup beragam. Beberapa di antaranya mungkin masih terdengar asing di telinga kita dan perlu dicoba.

Berikut ini kami tampilkan deretan resep kecantikan dari negeri kanguru, Australia.

1 dari 10 halaman

Kaolin Clay

Ilustrasi kaolin clay. ©Shutterstock

Endapan mineral yang juga disebut dengan nama lempung cina ini biasanya memiliki warna putih, putih kecoklatan, hingga putih keabu-abuan. Di dunia kecantikan, kaolin clay biasanya diolah menjadi bubuk. Bisa dicampur dengan minyak esensial atau bahan lainnya untuk masker wajah.

Manfaat utama kaolin clay adalah menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Cocok untuk mereka yang memiliki kulit cenderung berminyak dan berjerawat.

2 dari 10 halaman

Tea Tree Oil

Ilustrasi tea tree oil. ©Shutterstock

Karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri, tea tree oil alias minyak pohon teh efektif sebagai obat jerawat. Tea tree oil baik untuk mereka yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat. Selain itu efektif pula untuk membasmi ketombe.

3 dari 10 halaman

Minyak Emu

Ilustrasi minyak emu. ©Pixabay

Minyak yang satu ini diolah dari lemak burung emu, satwa khas Australia. Minyak emu dipercaya dapat meredakan pembengkakan dan infeksi ringan.

Minyak emu juga efektif mengatasi ruam dan kemerahan yang disebabkan sengatan serangga atau paparan sinar matahari. Walaupun begitu aromanya cukup tajam.

4 dari 10 halaman

Kopi Bubuk

Ilustrasi kopi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Symbiot

Biji kopi yang ditumbuk halus cocok sebagai bahan scrub. Campur dengan minyak kelapa atau zaitun, kemudian gunakan untuk menggosok kulit tubuh atau wajah. Kulit akan terasa lebih bersih dan lembut dalam waktu singkat.

Kopi juga dipercaya mampu memecah lemak di bawah kulit, sehingga sering digunakan sebagai bahan produk antiselulit.

5 dari 10 halaman

Rosehip Oil

Ilustrasi rosehip oil. © iStock

Menurut Sarah Brown, pendiri Pai Skincare kepada InStyle, rosehip oil efektif menyembuhkan bekas luka dan jerawat karena kaya akan nutrisi esensial untuk kulit. Bisa melakukan proses penyembuhan dalam waktu yang relatif singkat tanpa menyebabkan iritasi.

"Mengandung konsentrasi tinggi Omega 3, 6, 7 dan 9, ditambah antioksidan karotenoid yang membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan dan kerusakan yang terlihat dari luar," katanya.

Rosehip oil bisa digunakan seperti serum. Usapkan pada beberapa titik di wajah setelah proses pembersihan (cleansing), kemudian ratakan dengan pijatan lembut.

6 dari 10 halaman

Kakadu Plum

Ilustrasi kakadu plum. ©Shutterstock

Kakadu plum adalah buah asli Arnhem Land di bagian utara Australia. Buah ini mengandung konsentrasi vitamin C tertinggi jika dibandingkan dengan buah lain di muka bumi.

Buah ini penuh dengan mineral dan antioksidan seperti vitamin E, seng, zat besi, folat, lutein dan, tentu saja, vitamin C, yang semuanya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kakadu plum dapat membantu menangkal penuaan dini dengan melawan radikal bebas yang merusak, dan dengan memberi nutrisi pada kulit akan mengurangi terjadinya garis-garis halus dan keriput. Vitamin C di dalam buah kakadu plum juga sangat baik untuk mencerahkan kulit.

7 dari 10 halaman

Pepaya

Ilustrasi pepaya. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Papaya mengandung enzim papain yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati secara alami. Buah bergizi ini juga kaya akan vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit.

Buah pepaya yang dihaluskan bisa menjadi campuran masker yang berkhasiat mencerahkan, melembutkan, dan menjadikan awet muda. Sementara kulitnya bisa digunakan untuk menghaluskan kulit tubuh yang kasar.

8 dari 10 halaman

Lanolin

Ilustrasi lanolin. ©Shutterstock

Lanolin adalah lapisan lilin yang secara alami ditemukan pada bulu domba. Gunanya adalah melapisi dan melindungi rambut hewan dari air.

Sari lanolin biasa dimanfaatkan layaknya petroleum jelly alias Vaseline. Bisa untuk mengatasi kulit kering, bibir pecah-pecah sampai membersihkan makeup.

9 dari 10 halaman

Finger Lime

Ilustrasi finger lime. ©Shutterstock

Pendiri brand kecantikan Sand & Sky, Sarah Hamilton dan Stephanie Michel menyebut finger lime sebagai salah satu bahan alam yang jadi andalan wanita Australia sejak zaman dulu.

"Ekstrak finger lime Australia yang ditemukan di hutan hujan New South Wales utara kaya AHA."

Jenis jeruk berbentuk lonjong ini dipercaya bisa membersihkan pori-pori, memperbarui sel, dan mencerahkan kulit.

10 dari 10 halaman

Yarrow

Ilustrasi yarrow. ©Shutterstock

Makeup artist Australia, Napoleon Perdis merekomendasikan yarrow sebagai bahan perawatan kecantikan. Akar tanaman yarrow digunakan oleh para wanita ABorigin untuk mencegah stretchmark dan pelembap. Yarrow juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa membantu menyejukkan kulit.

Sumber: ELLE, Woman's Day, Glamour UK

Baca juga:
8 Tips cantik Yoon Eun-hye, bintang cantik dan awet muda dari Love Alert
5 Tips cantik Kendall Jenner, supermodel termahal di dunia
5 Perawatan rambut jadul yang terbukti ampuh, perlu dicoba generasi muda
5 Resep ice facial untuk mengencangkan dan menyegarkan kulit di cuaca panas
5 Cara memanfaatkan calendula untuk perawatan kecantikan

[tsr]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini