7 Pohon Terbesar di Dunia Berdasar Volume Batang

Jumat, 24 September 2021 09:05 Reporter : Tantri Setyorini
7 Pohon Terbesar di Dunia Berdasar Volume Batang Pohon terbesar di dunia. © ShareTheExperience.org

Merdeka.com - Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang General Sherman Tree, tumbuhan giant sequoia yang tercatat sebagai pohon terbesar di dunia. Ada banyak ukuran untuk menentukan pohon terbesar di dunia. General Sherman diukur dari volume batangnya. Ada juga yang diukur berdasarkan luas tanah yang ditempati akarnya atau luas cakupan batang sekundernya.

Berikut ini adalah deretan pohon terbesar di dunia yang diukur berdasarkan volume batangnya.

7. Queets Spruce

Pohon yang diberi nama Queets Spruce adalah spesies tanaman Sitka spruce (Picea sitchensis) yang tumbuh subur di Olympic National Park, Amerika Serikat. Dilansir Outdoor Project, tanaman ini memiliki volume batang mencapai 337 meter kubik.

Queets Spruce tumbuh di lereng Pegunungan Olympic bagian barat yang disebut sebagai daerah paling basah di Amerika Serikat. Lokasi tumbuh di dekat bantaran Sungai Queets dan pertemuan Sungai Sams menjadikannya senantiasa subur. Karena itulah, pohon ini juga merajai spesiesnya dengan tinggi mencapai 75,59 meter.

6. Red Creek Fir

pohon terbesar di dunia
© Creative Commons/Jorijnsmit

Selanjutnya ada pohon coast douglas-fir (Pseudotsuga menziesii) yang diberi nama Red Creek Fir. Letaknya di San Juan Valley, Vancouver Island, British Columbia, Kanada. Tanaman itu memiliki volume batang 349 meter kubik, menjadikannya pohon douglas fir terbesar di dunia.

Sampai saat ini, Red Creek Fir belum mendapatkan perlindungan resmi dari pemerintah. Sejumlah proposal untuk menyematkan status 'dilindungi' pada pohon itu telah dilakukan, namun belum ada yang dikabulkan.

5. Two Towers

Dilansir Monumental Trees, Two Towers adalah pohon mountain ash (Eucalyptus regnans) dengan volume batang 358 meter kubik yang dimiliki Tasmania, Australia. Lokasi tepatnya adalah Styx, Styx Valley.

Dilaporkan National Register of Big Trees, tingginya sekitar 77 meter. Pohon ini ditanam sekitar tahun 1721—1821. Jadi, usianya sekitar 300—400 tahun.

Baca Selanjutnya: 4 Cheewhat Giant...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini