6 Mantra ampuh untuk berpikiran positif menurut pakar pengembangan diri

Sabtu, 3 Maret 2018 13:31 Reporter : Tantri Setyorini
6 Mantra ampuh untuk berpikiran positif menurut pakar pengembangan diri ilustrasi bahagia. thepollyannaplan.com

Merdeka.com - Pikiran positif merupakan energi yang luar biasa untuk melakukan segala hal, bahkan yang tak masuk akal sekali pun. Seringnya kekuatan yang menghalangi kita untuk mendapatkan hal-hal besar berasal dari pikiran kita sendiri.

Sayangnya menumbuhkan pikiran seperti ini merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang. Pasalnya menuruti kecenderungan untuk berpikir negatif memang jauh lebih mudah. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa berpikir positif?

Salah satu caranya adalah lewat sugesti diri. Gary John Bishop, seorang pakar pengembangan diri menerbitkan buku Unf**k Yourself: Get Out of Your Head and Into Your Life. Buku ini mengajarkan cara-cara sederhana untuk mengendalikan pikiran dari arus negativitas di sekitar kita.

Di dalamnya, Bishop juga menyertakan sejumlah 'mantra' ampuh yang bisa kita gunakan untuk mensugesti diri setiap kali pikiran negatif mulai menguasai. Berikut ini beberapa di antaranya yang dirangkum situs gaya hidup Bustle.

"Saya bersedia."

Pada dasarnya, hidup adalah satu hal yang kita tanggung secara sukarela. Bahkan ketika kita menghadapi kesulitan, kita bisa memilih untuk membiarkannya mengalahkan kita atau justru membuat kita menjadi lebih kuat.

Orang sering mengeluh tentang aspek kehidupan yang seolah-olah tidak sanggup mereka atasi, padahal semua itu masih berada di bawah kendali mereka. Saat mereka mengeluh dan merasa tidak ada jalan keluar, sebenarnya mereka memang memilih untuk tetap berada di dalam situasi tersebut.

Bishop menekankan jika kamu tidak menyukai sesuatu, maka kamu harus mengubahnya, karena kamu memiliki kapasitas dan kemampuan untuk mengubahnya. Dan jika kamu memang tidak ingin mengubahnya, setidaknya akuilah dengan jujur apa yang sudah kamu pilih itu.

"Saya ditakdirkan untuk berhasil."

Alih-alih melihat satu aspek kehidupan kita yang tidak kita sukai sebagai kegagalan, Bishop menganjurkan kita untuk berpikir ulang dan melihatnya dari sudut pandang lain.

Hal-hal yang kita anggap sebagai kegagalan sebenarnya merupakan keberhasilan. Karena secara tidak sadar kita telah menciptakan kehidupan yang kita inginkan berdasarkan setiap keputusan yang kita ambil setiap harinya. Kita telah berhasil mandapatkan 'buah' yang sesuai dengan keputusan-keputusan kita.

Mengakui bahwa kita berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan akan menambah rasa percaya diri untuk meraih keberhasilan dalam hal-hal lain pula. Setiap orang adalah pemenang.

"Saya bisa mengatasi ini."

Selalu ada momen di mana kita merasa segala hal berjalan tidak sesuai harapan dan semakin lama semakin tak terkendali.

Ingatlah semua masalah pasti memiliki jalan keluar. Di saat seperti ini, meyakinkan diri sendiri kalau kita bisa mengatasinya akan sangat membantu. Pada dasarnya semua masalah yang kita hadapi juga pernah dihadapi orang lain. Kalau mereka bisa bertahan dan melewatinya, kita juga bisa. Apalagi kalau kita sudah pernah menghadapi situasi serupa sebelumnya. [tsr] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini