4 Masker dari buah pisang untuk atasi berbagai masalah rambut

Senin, 8 September 2014 15:30 Reporter : Tantri Setyorini
4 Masker dari buah pisang untuk atasi berbagai masalah rambut Ilustrasi pisang. Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Anda mengalami masalah dengan rambut yang kering, rusak, kasar, atau bahkan rontok? Rawat saja dengan buah pisang. Buah yang satu ini mengandung banyak nutrisi termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu buah pisang juga dilengkapi dengan berbagai macam mineral seperti kalium, seng, besi dan mangan.

Karena itulah pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Baik untuk pencernaan, selain itu jika diterapkan pada rambut dan kulit akan membuat rambut serta kulit menjadi lebih terawat.

Nah, jika rambut Anda bermasalah, Anda bisa mencoba empat jenis masker rambut untuk berbagai problem rambut yang kami rangkum dari Style Craze berikut.

1. Masker untuk melembutkan rambut

Kandungan vitamin A dan C dalam buah pisang akan menjadikan rambut Anda lembut, mudah diatur, dan tidak kering. Untuk menjadikan buah pisang sebagai perawatan rambut alami, Anda tinggal menghaluskan satu buah pisang, lalu campurkan dengan minyak almond atau minyak kelapa.

Gunakan campuran tadi sebagai masker rambut. Diamkan selama 15 atau 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali atau seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal.

2. Masker untuk rambut rontok

Rambut yang rontok bisa disebabkan karena kulit kepala dan batang rambut yang kurang terawat. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba masker buah pisang dan yogurt berikut. Vitamin dan minyak esensial dalam buah pisang jika dipadu dengan protein yogurt akan menutrisi kulit kepala sekaligus melapisi batang rambut agar tidak mudah patah.

Buat campuran masker dari daging buah pisang matang dengan yogurt. Aduk hingga merata kemudian terapkan pada kulit kepala Anda. Lakukan pijatan lembut agar peredaran darah di kulit kepala lancar dan nutrisi dari masker dapat terserap sempurna. Diamkan selama 15 menit hingga 20 menit. Setelah itu bilas kulit kepala dan rambut dengan air dingin.

3. Masker untuk rambut kering

Rambut kering dan kusam? Coba saja atasi dengan masker pisang dan madu. Kedua bahan ini sangat ampuh untuk memperbaiki kondisi kulit yang kering dan kusam. Dan manfaat yang sama juga bisa didapatkan oleh rambut Anda.

Buat masker rambut dari campuran tiga sendok madu dengan pisang matang, kemudian terapkan pada rambut Anda saat masih basah setelah dikeramas. Biarkan masker rambut selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air dingin.

4. Masker untuk rambut kering dan rusak

Rambut Anda kering, kusam, bercabang, dan rapuh? Itu artinya rambut Anda mengalami kerusakan parah. Mungkin rambut Anda terlalu sering bersentuhan dengan bahan kimia atau terlalu banyak terpapar sinar matahari. Untuk mengembalikan kondisinya seperti semula, Anda bisa membuat masker rambut dari pisang dan minyak almond.

Masker sederhana ini efektif untuk memperbaiki rambut yang kering dan rusak. Campurkan daging buah pisang yang sudah dilumatkan dengan beberapa tetes minyak almond. Aplikasikan di seluruh bagian rambut, dari akar hingga ujung, kemudian biarkan selama 10 hingga 15 menit. Vitamin A dan C dalam dalam pisang bersama dengan Vitamin E dari minyak almond akan memberikan nutrisi ekstra untuk rambut rusak Anda dan mengembalikan kesehatannya jika dipakai secara rutin.

Itulah 4 jenis masker dari buah pisang untuk berbagai masalah rambut yang bisa Anda coba di rumah. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini