15 Buku yang Diangkat Jadi Film Ikonis Pemenang Oscar

Sabtu, 12 September 2020 00:04 Reporter : Tantri Setyorini
15 Buku yang Diangkat Jadi Film Ikonis Pemenang Oscar Ilustrasi buku yang diadaptasi menjadi film pemenang Oscar. ©Amazon

Merdeka.com - Beberapa film ikonis yang berhasil memenangkan piala Oscar ternyata diadaptasi dari buku pemenang penghargaan pula. Salah satu yang paling terkenal mungkin The Godfather dan The Lord of The Rings. Tapi tahukah Anda, Forrest Gump, 12 Years a Slave, Slumdog Millionaire, dan Schindler's List juga diangkat dari buku?

Buat referensi bacaan Anda, berikut ini sederet judul buku yang diangkat menjadi film-film ikonis pemenang Academy Award.

1. Forrest Gump - Winston Groom

forrest gump

©Amazon

Film ikonis yang dibintangi Tom Hanks, Forrest Gump merupakan adaptasi layar lebar dari novel berjudul sama karya Winston Groom. Filmnya berhasil menggondol enam piala Oscar.

2. The Silence of The Lambs - Thomas Harris

the silence of the lambs

©Amazon

Film The Silence of The Lambs yang melambungkan nama Jodie Foster dan Anthony Hopkins meraih penghargaan aktor dan aktris utama terbaik di Academy Award. Film tersebut diangkat dari buku kedua seri Hannibal Lecter karya Thomas Harris.

Interaksi antara agen FBI Clarice Starling (Foster) dan psikopat intelek Dr. Hannibal Lecter (Hopkins) menyuguhkan ketegangan bagi pembaca dan penonton filmnya. Sampai sekarang, buku ini masih menjadi salah satu karya Harris yang paling banyak dibicarakan.

3. Lord of the Rings: The Return of the King - J.R.R. Tolkien

the lord of the rings the return of the king

©Amazon

Megah dan detailnya adaptasi trilogi The Lord of The Rings besutan Peter Jackson sudah menjadi buah bibir di antara para pecinta bukunya sejak film pertama. Namun film terakhir dari trilogi tersebut yang dianggap paling sukses.

Film bergenre epic fantasy itu memenangkan 11 piala Oscar, termasuk Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Art Direction, dan Best Costume Design.

4. Gone With The Wind - Margaret Mitchell

gone with the wind

©Amazon

Novel yang menyuguhkan kisah dramatik Scarlett O'Hara ini memadukan roman, petualangan, dan kegigihan seorang wanita. Dibalut dalam kemelut Perang Sipil dan masa transisi sesudahnya.

Filmnya rilis pada tahun 1939 dan meraih sukses besar. Gone With The Wind memenangkan delapan penghargaan kompetitif dan dua penghargaan kehormatan di Academy Award. Beberapa di antaranya adalah Best Picture, Best Director (Victor Fleming), Best Adapted Screenplay (Sidney Howard), Best Actress (Vivien Leigh), dan Best Supporting Actress (Hattie McDaniel)

5. Schindler's Ark (Schindler's List) - Thomas Keneally

schindlers list

©Amazon

Film tentang warga Yahudi yang menjadi korban keganasan Nazi ini diadaptasi dari novel pemenang Man Booker Prize karya Thomas Keneally. Keneally menuliskan kisah rekaan Oskar Schindler, seorang tokoh nyata yang berperan besar dalam menyelamatkan 1200 warga Yahudi dari pembantaian Nazi.

Adaptasi layar lebarnya rilis di tahun 1993 dan berhasil menggondol tujuh piala Oscar. Sejak itu, Schindler's List masuk berbagai daftar film terbaik sepanjang masa. Opsir Amon Goeth yang diperankan Ralph Fiennes juga dianggap sebagai salah satu karakter film terbaik sepanjang masa.

Baca Selanjutnya: 6 12 Years a Slave...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini