12 Khasiat Neem untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Minggu, 10 November 2019 00:04 Reporter : Tantri Setyorini
12 Khasiat Neem untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Ilustrasi neem. ©Shutterstock

Merdeka.com - Azadirachta indica atau lebih dikenal sebagai neem merupakan herba yang kerap digunakan pengobatan tradisional Ayurveda dari India. Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama Indian's lilac dan mimba ini memiliki banyak khasiat, sehingga kerap dimasukkan ke dalam produk perawatan kecantikan.

Neem memiliki sifat antiinflamasi, antijamur, dan antibakteri. Apa saja khasiatnya untuk kecantikan? Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir StyleCraze.

1 dari 12 halaman

Mengobati Luka dan Ruam

Pengobatan Ayurveda menyarankan aplikasi topikal minyak neem untuk luka ringan seperti goresan. Neem mampu melancarkan peredaran darah, sehingga bisa membantu produksi lapisan kolagen yang membantu penyembuhan luka lebih cepat.

2 dari 12 halaman

Mencegah Komedo

Mengoleskan minyak neem yang sudah diencerkan dengan air secara teratur akan membantu meluruhkan komedo. Pasalnya neem memiliki sifat non-comedogenic. Bisa membersihkan pori dan menjadikannya lebih kencang.

3 dari 12 halaman

Mencegah Jerawat

Minyak yang diekstrak dari biji neem memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, sehingga cocok digunakan untuk melawan jerawat. Terutama jerawat yang disebabkan bakteri.

4 dari 12 halaman

Mengobati Infeksi Kulit

Neem memiliki khasiat antijamur yang bisa membantu mencegah dan mengobati infeksi jamur pada kulit, misalnya panu, kadas, dan kutu air.

Neem mengandung gedunin dan nimbidol yang yang efektif membunuh jamur penyebab infeksi. Penelitian menemukan bukti neem bisa membunuh 14 jenis jamur.

5 dari 12 halaman

Mengatasi Kulit Kering

Menurut hasil temuan Department of Biochemistry and Biotechnology di Kwame Nkrumah University of Science and Technology, minyak neem mengandung asam lemak esensial, trigliserida, dan vitamin E. Asam lemak dan vitamin E akan mengobati kulit yang mengelupas akibat kurangnya kelembapan.

6 dari 12 halaman

Merangsang Produksi Kolagen

Neem akan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit awet muda. Penggunaan minyak neem secara teratur tidak hanya mencegah munculnya kerutan, tetapi juga menjadikan kulit lembap serta sehat.

7 dari 12 halaman

Merawat Kulit Eczema dan Psoriasis

Minyak neem yang kaya vitamin E sangat bermanfaat untuk memenangkan kulit yang terasa gatal dan iritasi akibat psoriasis. Minyak neem juga bisa menenangkan kulit penderita eczema. Walaupun begitu, herba ini tidak bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

8 dari 12 halaman

Memudarkan Bekas Jerawat

Asam lemak esensial di dalam minyak neem tak hanya mampu menyembuhkan luka ringan, tetapi juga memudarkan bekas jerawat.

9 dari 12 halaman

Menjadikan Kulit Bercahaya

Vitamin E merupakan kunci dari kulit yang lembap dan sehat. Sementara neem memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Penggunaan topikal secara teratur akan menjadikan kulit bercahaya.

10 dari 12 halaman

Mengatasi Kantung Mata

Sifat antiinflamasi yang dimiliki neem akan membantu menenangkan kulit di area sekitar mata yang sembap dan berwarna gelap.

11 dari 12 halaman

Menyuburkan Rambut

Jika diaplikasikan pada kulit kepala, neem akan membantu melancarkan peredaran darah. Sementara peredaran darah yang lancar merupakan salah satu syarat rambut yang subur.

12 dari 12 halaman

Menyehatkan Kulit Kepala

Vitamin dan asam lemak yang terkandung di dalam neem akan menjadikan kulit kepala lebih sehat. Sifat antijamurnya juga akan menumpas ketombe yang disebabkan oleh jamur.

Demikian khasiat-khasiat kecantikan yang dimiliki neem atau mimba. [tsr]

Baca juga:
Mengenal Multani Mitti, Clay Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit
Atasi Berbagai Masalah Kulit dengan Sandalwood (Cendana)
Manfaatkan Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat dan Kulit Kering

Topik berita Terkait:
  1. Cantik Alami
  2. Wanita Merdeka
  3. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini